Masjid Modern Khas Minangkabau, Destinasi Wisata Religi Penggemar Arsitektur

Bagi kamu yang tertarik ingin menjelajahi keindahan alam yang mempesona berpadu dengan destinasi religi yang menarik maka daerah Sumatera Barat adalah salah satu solusinya.  Sumatera Barat memang sangat kental dengan image keagamaan. Bahkan provinsi ini memiliki andil yang besar terhadap penyiaran agama Islam di wilayah pulau Sumatera. Maka tidak heran jika provinsi Sumatera Barat memiliki segudang spot menarik untuk wisata religi. Salah satu yang tengah populer saat ini adalah Masjid Raya Sumatera Barat atau dengan nama lain Masjid Mahligai Minang.

Keunikan dan keagungan masjid ini tidak perlu diragukan lagi. Bila kamu berkunjung kesini dijamin akan terkagum kagum melihat keistimewaannya. Penasaran seperti apa? Berikut ulasannya:

Bentuk Kubah khas Minangkabau

Masjid mahligai minang sumatera barat

Sekilas bila berkunjung pertama kali dan melihat bangunan ini dari luar, tidak akan pernah menyangka bahwa bangunan megah tersebut adalah sebuah masjid. Jika sebagian besar masjid di Indonesia identik dengan kubah di bagian atas atau terdapat sebuah menara. Tapi berbeda halnya dengan masjid yang satu ini. Masjid Raya Sumatera Barat berani tampil unik dengan kekhasannya sendiri namun tetap menayajikan nilai seni yang luar biasa. Masjid ini tetap pada ciri dimana dia berdiri, yaitu dengan gaya arsitektur Minangkabau lengkap dengan bangunan yang berbentuk gonjong.

Tiang tiang penyangga di lantai atas

Pada bagian atap terdapat empat sudut lancip yang mirip dengan desain atap Rumah Gadang. Sementara itu pada dinding bagian luar masjid terdapat ukiran seni kaligrafi. Yang jika dipadukan  membuatnya terkesan semakin mewah.

Ukiran kaligrafi di bagian masjid

Menariknya lagi, Keunikan masjid ini ternyata terinspirasi dari tiga simbol yaitu, sumber mata air, bulan sabit, dan rumah gadang. Semuanya di desain dengan menggabungkan sejarah islam dan tradisi padang.

Baca juga:  Negara di Asia Yang Aman Dikunjungi Setelah Pandemi

Mampu Menampung Puluhan Ribu Jama’ah

Halaman depan masjid

Berdiri di lahan seluas 41 hektar dengan ukuran masjid berkisar 18.000 meter persegi, menjadikan masjid ini sebagai masjid terluas dan terbesar di provinsi Sumatera Barat. Terdapat 3 lantai yang bisa digunakan pengunjung untuk beribadah. Pada lantai dasar diperkirakan mampu menampung sampai 15.000 jama’ah sementara bagian lantai 2 dan 3 dapat menampung sekitar 5000 jama’ah.

Sehingga secara umum total dari keseluruhan, daya tampung masjid ini bisa mencapai 20.000 orang jama’ah. Meski begitu pada realisasinya jumlah itu bisa lebih, mengingat angka tersebut hanyalah jumlah perkiraan untuk ruang dalam saja, belum lagi jamaah yang berada di teras atau halaman depan.

Bahian dalam masjid

Selain daya tampungnya yang mencapai 20.000 lebih, ternyata Masjid Raya Sumatera Barat juga dibangun dengan konstruksi yang kuat dan tahan terhadap gempa hinga 10 skala richter. Dengan konstruksi demikian,  masjid ini bukan hanya digunakan sebagai tempat ibadah, tapi juga dijadikan sebagai tempat alternatif evakuasi jika terjadi tsunami. Yap, sebagaimana yang kamu ketahui bahwa Sumatera Barat berada di perpotongan lempeng bumi yang mengakibatkannya rawan terhadap gangguan gempa dan tsunami.

Menghabiskan Hingga Ratusan Miliar

Beberapa bahian yang terus mengalami penyempurnaan

Melihat bangunannya saja, pasti kamu akan bertanya-tanya atau berusaha menebak nebak berapa kiranya jumlah dana yang digelontorkan untuk masjid semegah itu?. Semenjak peletakan batu pertama pada 21 Desember  2007 hingga sekarang, masjid ini telah memakan dana berkisar 507,82 miliar. Angka itu belum berakhir karena Sampai saat ini pembangunan masjid masih terus berlangsung.

Dana pembangunan masjid yang besar ini di peroleh dari banyak sumber. Selain dari sumbangan sukarela jamaah masjid, juga bantuan dari pemerintah Sumatera Barat sendiri

Keterlibatan Orang Orang Hebat

Kemegahan masjid ini tidak bisa lepas dari orang orang hebat yang ada dibelakangnya. Mulai dari arsitektur hingga pengurus masjid, semuanya adalah orang orang kompeten dan terpercaya.

Baca juga:  Menjelajah Perpaduan Budaya Pada Arsitektur Masjid Cheng Ho

Arsitek bangunannya adalah orang yang berhasil mengalahkan 322 arsitek terbaik dalam sayembara untuk desain bangunan masjid ini pada tahun 2007. Begitupun dengan pengurus masjidnya yang rata rata disi oleh orang orang hebat berupa master, doktor, profesor, hingga hafiz al quran. Tidak heran jika tempat ini selalu ramai oleh jama’ah.

Nah, itulah gambaran singkat mengenai kemegahan Masjid Raya Sumatera Barat. Jika kamu penasaran untuk melihat langsung, alamatnya berada di jalan khatib sulaiman dan jalan ahmad Dahlan, Kota Padang

Reply