Ini Dia, 7 Taman di Jakarta Untuk Alternatif Liburan Murah Meriah!

Ingin berlibur di alam terbuka tanpa harus keluar kota dan murah meriah? Bagaimana kalau piknik ke taman di Jakarta saja?

Hingga saat ini, pandemi Covid-19 belum berakhir. Hal ini membuat banyak dari kita yang masih menunda untuk traveling ke luar kota dan masih banyak untuk memilih dirumahaja.

Buat Anda yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari dan kemacetan Jakarta, namun masih ragu untuk mengunjungi tempat umum yang tertutup, wisata alam menjadi pilihan terbaik di saat pandemi. 

Nah, bagaimana kalau mengunjungi taman kota untuk mengisi kegiatan di akhir pekan? Taman atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta kini semakin keren dan menjadi alternatif tempat wisata favorit untuk menghilangkan rasa jenuh.

Selain tumbuhan hijau yang asri dan teduh, beberapa taman di Jakarta juga dilengkapi dengan fasilitas yang membuat para pengunjung betah berlama-lama. Mulai dari jogging track, danau buatan, skatepark, jalur refleksi, hingga ruang serbaguna.

Berikut beberapa taman di Jakarta yang bisa jadi pilihan untuk tujuan akhir pekan Anda berikutnya.

1. Taman Menteng

taman di jakarta
Rumah kaca unik di Taman Menteng (foto: garudamagazine.com)

Salah satu taman di Jakarta ini bisa jadi pilihan untuk refreshing singkat. Berada di tengah kota, dulunya taman Menteng adalah Stadion Menteng yang kemudian disulap menjadi landmark kota. Dengan suasana taman yang sejuk, ada banyak fasilitas untuk menunjang berbagai aktivitas pengunjung.

Diantaranya jogging track, lapangan basket, lapangan futsal, juga tempat bermain anak-anak. Kerennya lagi, ada koneksi Wi-FI gratis, lho! Kalau hanya ingin bersantai dan foto-foto, ada air mancur dan juga rumah kaca yang Instagramable di sini.

Datanglah di malam hari, Anda akan menikmati rumah kaca unik dengan cahaya lampu yang terlihat cantik. Di sekitar Taman Menteng juga ada beberapa penjual makanan dan minuman, nih. Jadi, tidak perlu khawatir kalau lapar saat menghabiskan waktu di sini.

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat

Harga tiket: 2,000 IDR per orang

Jam buka: Setiap hari, 05.00 – 23.00

2. Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK tepat di tengah kota (foto: bersapedahan.wordpress.com)

Ada ruang terbuka hijau yang paling baru di Jakarta, nih! Anda bisa datang ke Hutan Kota GBK, yang dulunya adalah lahan bekas lapangan golf Driving Range di Gelora Bung Karno. Ruang terbuka hijau seluas 4 hektar ini dialihfungsikan untuk lahan konservasi sekaligus paru-paru kota.

Baca juga:  Hutan Kota Srengseng, Pelepas Penat Penggugah Semangat

Ada beberapa fasilitas yang tersedia, seperti taman amfiteater, kolam trembesi, dan plaza utama. Tidak ketinggalan fasilitas penunjang seperti coffee house, pos keamanan, toilet, ruang ganti, dan kios komersil. Akses untuk masuk ke area ini bisa melalui Pintu 5 GBK, tepat di seberang fX Sudirman.

Sebaiknya berkunjung ke Hutan Kota GBK sebelum pukul 10.00 pagi atau setelah pukul 15.00 agar terhindar dari sinar terik matahari. Karena tempat ini masih terbilang baru, jadi belum banyak terdapat pohon besar di tempat ini. Anda bisa piknik bersama teman atau keluarga, menikmati me-time sambil menonton film atau membaca buku. Kalau piknik di sini, ingat yah, jangan buang sampah sembarangan!

3. Taman Langsat alias Taman Barito

Salah satu spot di Taman Langsat (foto: kakipasir.com)

Siapa bilang Jakarta hanya ada kemacetan dan gedung-gedung tinggi? Anda juga bisa lho menemukan keasrian yang meneduhkan di Taman Langsat atau Taman Barito. Tempatnya yang asri dan nyaman bisa membuat betah untuk menjauh dari kebisingan.

Ada juga area dengan rerumputan luas di taman seluas 3,6 hektar ini, cocok untuk aktivitas seperti piknik dan olahraga bareng. Selain itu, ada jogging track, lapangan, dan area bermain anak-anak. Oh iya, taman yang berada di belakang Pasar Burung Barito ini juga bisa disewa untuk acara seperti pernikahan, lho!  

Alamat: Jl. Barito, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Harga tiket: Gratis

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

4. Lapangan Banteng

taman di jakarta
Aerial view Lapangan Banteng di malam hari (foto: Instagram/@p_khrisno_a)

Ini dia taman legendaris di Jakarta lainnya, Lapangan Banteng. Mungkin Anda  ingat tempat ini dulunya menjadi tempat pameran flora dan fauna yang diadakan setiap tahun. Setelah revitalisasi yang dimulai sejak Maret 2017 lalu, taman ini berubah menjadi modern. Dan tentunya, menjadi tempat yang Instagramable.

Taman ini cocok bagi yang ingin hunting foto, berolahraga, dan bersantai. Ada beberapa area seperti jogging track untuk yang hobi berlari dan juga ada lapangan basket. Selain itu, area di sekitar Monumen Pembebasan Irian Barat bisa digunakan untuk bersepeda. Mau feed

keren untuk Instagram? Tentu saja bisa! Ada banyak spot foto menarik di sekitar Lapangan Banteng, mulai dari rumah hobbit, jembatan cinta, hingga amphi-teathre.

Baca juga:  Tour to Bali: Day 2

Oh ya, tidak ketinggalan area permainan anak-anak yang dilengkapi dengan ayunan, perosotan, mobil-mobilan, dan jungkat-jungkit. Satu yang tidak boleh dilewatkan, nih! Setiap akhir pekan pukul 18.30, Anda wajib menyaksikan pertunjukan Air Mancur Menari yang berwarna-warni diiringi lagu-lagu tradisional. Gimana, penasaran untuk datang ke sini di akhir pekan?

Lokasi: Jl. Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat

Harga tiket: Gratis

Jam buka: pukul 05.00 – 22.00

5. Taman Suropati

Suasana asri dan teduh di Taman Suropati (foto: sofyanhotel.com)

Satu lagi nih taman di Jakarta yang menawarkan keasrian dan keteduhan untuk akhir pekan yang tenang. Seluruh area Taman Suropati dikelilingi pepohonan hijau yang rimbun. Di sini Anda akan menemukan banyak rumah burung merpati yang menjadi ciri khas unik taman ini. Tentunya, Anda bisa ikut memberi makan burung-burung merpati di sini.

Di sini juga ada enam monumen yang dibuat oleh para seniman dari negara-negara ASEAN. Tidak ketinggalan sentra kuliner dengan beragam jenis makanan. Selain menikmati keteduhan dan keasrian taman, Anda juga bisa bersantai sambil mendengarkan orchestra.

Identik dengan tempat berkumpulnya seniman di Ibu Kota, ada komunitas Taman Suropati Chamber. Yaitu orchestra yang beranggotakan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.  Taman Suropati Chamber bahkan pernah memecahkan rekor MURI karena berhasil memainkan lagu Indonesia Raya yang diikuti 326 pemusik.

Alamat: Jl. Taman Suropati No.5, Menteng, Jakarta Pusat

Harga tiket: Gratis

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

6. Taman Kalijodo

Taman Kalijodo (foto: phinemo.com)

Jenuh dengan aktivitas harian dan kemacetan Jakarta? Nah, cobalah berakhir pekan dengan mengunjungi Taman Kalijodo untuk melepas penat. Salah satu taman di Jakarta ini menawarkan alternatif wisata alam terbuka, dimana Anda bisa bersantai di taman yang asri dan menikmati hembusan semilir angin.

Taman seluas 1,4 hektar ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Tersedia segudang fasilitas di Taman Kalijodo untuk para pengunjung. Ada tempat bermain anak, pusat jajanan, dan mural atau lukisan dinding yang keren untuk latar foto.

Baca juga:  Pagi Hari di Sebuah Taman Kecil

Tidak ketinggalan, area BMW park dan skatepark, yang ternyata merupakan salah satu area skate terbesar di Asia Tenggara. Pengunjung juga bisa menikmati mini theater, bersepeda di lintasan khusus yang disediakan, dan lapangan futsal. Ada juga fasilitas umum seperti toilet dan beberapa kios jualan.

Lokasi: Kelurahan Tambora, Kecamatan Angke, Jakarta Barat

Harga tiket: Gratis

Jam buka: Setiap hari, 24 jam

7. Taman Ria Rio

Taman Ria Rio yang asri (foto: KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN)

Ingin sejenak menyendiri dan menjauh dari rutinitas sehari-hari? Nah, cobalah berkunjung ke Taman Ria Rio di daerah Kayu Putih. Meskipun tidak ada fasilitas istimewa di taman ini kecuali bangku taman, tapi Anda bisa mendapatkan suasana damai dengan semilir angin dan lampu-lampu temaram yang menghiasi taman di malam hari.

Pengunjung bisa bersantai dengan duduk-duduk di bangku atau di hamparan rumput luas yang menghadap langsung ke waduk. Ada juga nih, hal yang tidak bisa ditemukan di area taman manapun, yaitu pohon baobab, pohon khas Afrika.

Taman dengan luas 2,6 hektar ini berfungsi sebagai daerah tangkapan air dan sebagai paru-paru kota. Selain itu, masyarakat banyak yang memanfaatkan taman sebagai tempat rekreasi, kegiatan sosial, dan pendidikan.

Alamat: Jl. Pulo Mas Utara Blok E No.1, Pulo Gadung, Jakarta Timur

Harga tiket: Gratis

Jam buka: Setiap hari, 06.00 – 19.00

Itu tadi 7 taman di Jakarta yang bisa jadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan. Tidak melulu harus ke mall, pantai, atau keluar kota, menghabiskan waktu di taman kota juga cocok untuk sejenak melarikan diri dari hiruk pikuk kota Jakarta dan aktivitas sehari-hari. Jika memutuskan untuk datang ke salah satu tempat di atas, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak, yah. Jadi, sudah tentukan mau menjelajah taman kota Jakarta yang mana akhir pekan ini? (ds3)

Reply