Ingin Berwisata Religi di Palembang? Ini 3 Tempat yang Tak Boleh Dilewatkan

Bicara pempek, ingatan pasti nyantol ke Kota Palembang, ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Ya, pempek adalah kuliner khas Palembang atau Sumatera Selatan. Bahkan jadi ikon kuliner dari provinsi berjuluk Bumi Sriwijaya tersebut.

Tapi daya tarik Palembang atau Sumatera Selatan tak hanya kulinernya. Bumi Sriwijaya juga punya seabrek destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut 3 destinasi menarik di Bumi Sriwijaya yang bisa dijadikan pilihan untuk tempat melancong atau liburan.

Museum Al Qur’an Al Akbar

Museum Al Qur’an Al Akbar di kota Palembang. Foto: Alarham.wordpress.com

Suka dengan wisata religi? Palembang punya banyak tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Museum Al Qur’an Raksasa atau Museum Al Qur’an Al Akbar. Museum ini ada di Jalan M Amin Fauzi, Soak Bujang, Kelurahan Gendus, Kecamatan Gendus.

Di Museum Al Qur’an Al Akbar ini pengunjung bisa menikmati indahnya tulisan kaligrafi Al Qur’an raksasa. Kaligrafi raksasa Al Qur’an ini terbuat dari kayu, dibentuk seperti lembaran kitab Al Qur’an yang dipasang di dinding museum. Tercatat ada 316 lembar kaligrafi Al Qur’an yang terpasang di museum tersebut.

Ukiran kaligrafi Al Qur’an yang indah itu terdiri dari 30 juz. Diukir dengan bahan kayu tembesu yang masing-masing berukuran 1,77 x 1,4 meter. Setiap lembar kaligrafi Al Qur’an dihiasi ornamen bunga khas Palembang.

Yang membanggakan, kaligrafi raksasa Al Qur’an ini dibuat oleh seniman anak bangsa sendiri yang bernama Sofwatillah Mohzaib. Al Qur’an raksasa itu menghabiskan 45 kubik kayu tembesu.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin Kota Palembang. Foto: Orator.id

Tempat wisata religi lainnya yang ada di Kota Palembang adalah Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin. Masjid ini letaknya ada di salah satu ujung Jembatan Ampera. Jadi, jika sedang melancong ke Jembatan Ampera, tidak ada salahnya lanjut ke Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin.

Baca juga:  Ini Dia, 7 Taman di Jakarta Untuk Alternatif Liburan Murah Meriah!

Pengunjung bisa menyaksikan megahnya arsitektur masjid perpaduan dari arsitektur Indonesia, Eropa dan Tiongkok. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin juga dikenal sebagai masjid terbesar di Kota Palembang. Bisa menampung sekitar 15 ribu jemaah. Nah, jika sudah puas menikmati keindahan arsitektur masjid dan perut sudah keroncongan, tak usah khawatir. Di dekat masjid ada Pasar 16 Ilir. Di pasar ini, banyak yang berjualan makanan dan minuman khas Palembang.

Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho Kota Palembang. Foto: Pesona.travel

Destinasi wisata religi lainnya di Kota Palembang yang tidak kalah menarik adalah Masjid Cheng Ho. Lokasi Masjid ada di Komplek Perumahan Amin Mulia, Jakabaring.

Masjid Cheng Ho ini gampang dikenali karena coraknya yang didominasi oleh warna merah dan hijau. Arsitekturnya juga tak kalah menarik. Menara masjid misalnya bercorak arsitektur khas Tiongkok. Pun di dalam masjid, banyak ornamen khas negeri tirai bambu. Pintu mesjid juga khas Tiongkok.

Masjid Cheng Ho sendiri dibangun atas prakarsa Persatuan Islam Tionghoa Indonesia untuk menjaga hubungan baik antara masyarakat keturunan Tionghoa dengan warga asli Palembang. Masjid dengan luas 4.900 meter persegi ini diapit dua menara yang unik. Dua menara ini diberi nama Habluminallah dan Habluminannas.

Reply