Inilah Destinasi Ciamik di Sumatera Selatan yang Wajib Disinggahi Pelancong

Indonesia kayak akan destinasi wisata menarik dan ciamik. Destinasi yang wajib disinggahi para pelancong. Semua provinsi di Indonesia, punya sederet destinasi ciamik. Salah satunya adalah Provinsi Sumatera Selatan, provinsi yang dijuluki bumi Sriwijaya ini.

Soal pariwisata, Sumatera Selatan, memang kalah tenar dengan Pulau Dewata, Bali. Tapi bukan berarti di Sumatera Selatan ada sedikit sekali destinasi wisata yang menarik. Sumatera Selatan juga punya sederet destinasi menarik.

Nah, bagi kamu yang punya rencana untuk melancong atau mau traveling, Sumatera Selatan bisa jadi salah satu pilihan untuk jadi tempat berlibur. Tidak usah khawatir, liburan tak akan garing. Sebab, ada banyak destinasi wisata menarik dan ciamik di Sumatera Selatan yang akan membuat acara travelingmu menjadi berkesan.

Jembatan Ampera

Indahnya jembatan Ampera saat malam hari. Sumber foto: Instagram @dhahnial

Destinasi yang paling legendaris di Sumatera Selatan pastinya adalah jembatan Ampera. Jembatan Ampera adalah jembatan yang jadi ikon kota Palembang, ibu kota Provinsi Sumatera Selatan. Jembatan Ampera, jembatan sejarah. Dibangun pada tahun 1962 yang menghubungkan Seberang Ilir dan Seberang Ulu. Membentang membelah Sungai Musi.

Menurut catatan sejarah, jembatan ini diresmikan oleh Bung Karno, Presiden RI pertama pada tahun 1965. Panjang jembatan membentang sepanjang 1.117 meter dengan lebar 22 meter. Yang menarik, jembatan Ampera pernah tercatat sebagai kenangan terpanjang di Asia Tenggara. Dulu, jembatan ikonik ini dinamakan jembatan Bung Karno.

Nah, bagi kamu yang mau melancong ke Palembang, jangan lupa singgah ke jembatan ini. Bahkan tak lengkap rasanya jika ke Palembang tapi belum ke jembatan ini. Tapi biar berkesan, datanglah ke jembatan ini pada malam hari atau jelang senja. Pemandangannya sungguh memikat mata. Cocok untuk selfie-selfie. Setelah itu tinggal melangkahkan kaki ke pusat kuliner yang ada di sekitar jembatan.

Baca juga:  Mengenal Rumah Adat Masyarakat Bathin Jambi

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak salah satu bangunan bersejarah di Palembang. Sumber foto: Pesona.travel

Destinasi lainnya di Sumatera Selatan yang menarik untuk disinggahi adalah Benteng Kuto Besak. Benteng bersejarah ini, ada di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang. Letaknya tak jauh dari jembatan Ampera.

Benteng ini punya nilai sejarah, karena mulai dibangun di era pemerintahan Sultan Muhammad Badarudin, Sultan Kesultanan Palembang yang memerintah pada tahun 1724-1758. Pembangunan Benteng Kuto Besak sendiri selesai di masa Sultan Mahmud Bahauddin II yang memerintah pada 1776-1803. Jadi usianya cukup tua.

Kawasan Benteng Kuto Besak sendiri telah dipercantik oleh pemerintah Kota Palembang. Dijadikan alun-alun kota. Jadi, tak akan rugi, singgah ke kawasan benteng ini.

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro, pulau unik di tengah sungai Musi. Sumber foto: Instagram @palembanginfo

Destinasi menarik lainnya yang menarik untuk dikunjungi saat melancong ke Palembang adalah Pulau Kemaro. Pulau Kemaro adalah sebuah pulau kecil yang ada di tengah-tengah Sungai Musi. Salah satu daya tariknya adalah di tengah pulau ada bangunan kelenteng yang indah lengkap dengan menaranya yang tinggi.

Pulau ini, biasanya ramai dikunjungi saat perayaan Imlek atau Cap Go Meh. Letaknya juga tidak jauh dari Benteng Kuto Besak. Ingin berkunjung ke sana, tinggal turun ke bawah jembatan Ampera. Di sana, banyak perahu yang bisa disewa untuk mengantarkan ke pulau menarik itu.

Punya rencana berlibur? Mungkin datang melancong ke Palembang jadi salah satu pilihan menarik. Banyak destinasi menarik untuk disinggahi selain tentu kulinernya yang nikmat-nikmat menggoda lidah.

Reply