Cara Menjaga Pakaian Tetap Rapi Saat Traveling

Ada beberapa cara khusus untuk menjaga pakaian tetap rapi tidak berantakan. Pakaian kusut dan lecek memang sering menimbulkan permasalahan sendiri bagi para pecinta kegiatan traveling. Apalagi jika hotel tempat menginap tidak memiliki fasilitas setrika. Meski bisa minta tolong, biasanya akan mendapat tagihan biaya yang lumayan tinggi.

Memilih pakaian yang tidak mudah kusut 

Untuk langkah pertama, bawa pakaian yang kainnya tidak mudah kusut. Misalnya polyster, satin, lycra atau nilon. Sedangkan spandeks, katun dan rayon adalah kain yang mudah berantakan. Jangan bawa pakaian dari bahan ini jika kalian tidak mau penampilan jadi terganggu.

Meski demikian kalian juga perlu menyesuaikan diri dengan iklim destinasi yang ingin dikunjungi. Misalnya saat berada di tempat dengan suhu udara cenderung panas, tentu akan lebih nyaman jika memakai pakaian dari spandek atau katun. Baju dari polyster dan nilon lebih cocok untuk daerah bersuhu dingin.

Menggunakan Semprotan Air Saat Menyetrika

Saat menyetrika baju, jangan lupa mengasih semprotan air. Terutama bagian kerah, lengan dan pergelangan tangan. Setelah itu kencangkan kancing-kancingnya. Selain itu jangan hanya menyetrika bagian luar saja, namun juga bagian dalam. Cara ini akan membuat baju tetap rapi setelah masuk dalam packingan.

Teknik Melipat Baju 

Teknik melipat baju. Foto : thespruce.com

Langkah berikutnya untuk menjaga pakaian tetap rapi tidak mudah kusut adalah dengan cara memperhatikan teknik pelipatan baju. Usai mengencangkan kancing dan zipper, balik bagian depan lalu lipat lengan dan taruh ke bagian belakang.

Kemudian lipat bagian bawah, sehingga menghasilkan bentuk persegi dan kerah dapat berada pada bagian atas. Setelah itu langsung lipat sisi kanan dan kiri baju ke dalam sesuai panjang lengan.

Baca juga:  Apa sih yang Menarik di Ennichisai Blok-M?

Sedangkan baju yang terbuat dari bahan katun, spandeks dan jersey, kalian tidak perlu melipat dan menggantinya dengan menggulung. Teknik ini tak hanya meminimalkan risiko kusut saja, namun juga bisa membuat penggunaan tempat jadi hemat dan beban terasa lebih ringan. Gulung baju tersebut dari bawah ke atas setelah penyetrikaan.

Menggunakan Koper

Cara berikutnya menjaga pakaian tetap rapi saat traveling adalah memakai koper dari bahan keras misalnya fiber. Meski terasa kurang praktis, namun peralatan ini mampu mengurangi risiko baju kusut secara maksimal saat terkena goncangan keras. Apalagi jika koper tersebut memiliki kelengkapan strap elastis.

Apabila tidak mempunyai koper, tetap boleh memakai tas ransel atau rucksack. Tapi ketika memasukan pakaian, urutkan dari yang paling mudah kusut lebih dulu, seperti kaos dan baju. Setelah itu baru celana, rok dan yang terakhir handuk atau selimut.

Menggunakan Travel Bag Organizer atau Kertas Tisu

travel bag organizer. Foto : pixabay.com

Manfaat utama dari travel bag organizer atau packing holder adalah untuk membuat baju bisa tersimpan dengan rapi dalam tas meski tertumpuk dengan bawaan lain. Pilih yang bentuknya kaku atau keras, sehingga bisa lebih menjamin kerapian baju.  

Apabila tidak tersedia peralatan ini, maka alternatifnya adalah membungkus setiap pakaian dengan kertas tisu. Saat ini sudah banyak toko baju dan market place yang menyediakan kebutuhan tersebut. Bentuknya tebal dan memiliki ukuran lebih besar daripada tisu untuk mengelap atau membersihkan wajah.

Menyiapkan Kotak Fesyen dan Steamer Portable

Steamer portable. Foto : youtube.com/Sunbeam Australia and New Zealand

Setiap kemungkinan dapat terjadi saat melakukan perjalanan dan traveling. Misalnya kancing baju yang terlepas, baju swater yang rusak rajutannya dan sebagainya. Untuk siapkan kotak fesyen yang biasanya berisi jarum, benang, peniti dan lainnya. Ini untuk berjaga-jaga agar kusutnya pakaian karena masalah tersebut bisa teratasi dengan baik.

Baca juga:  Liburan Akhir Tahun? Simak Barang Yang Harus Dibawa Saat Traveling

Selanjutnya tidak ada salahnya pula membawa steamer portable. Daripada setrika, peralatan yang sangat berguna untuk merapikan baju ini jauh lebih ringan dan praktis dalam pemakaian. Bahkan ada yang sistem kerjanya menggunakan baterai charge, sehingga tidak menimbulkan kebingungan jika tidak menemukan colokan listrik.

Mengurangi Bawaan

Jangan membawa barang yang terlalu banyak ketika bepergian atau traveling. Tidak hanya merepotkan dan membuat beban jadi bertambah berat saja, barang tersebut juga akan menjadikan baju mudah kusut. Pilih yang sekiranya bermanfaat dan tinggalkan yang nilai manfaatnya kurang tinggi. Terlebih untuk barang yang mudah ditemukan di daerah lain dan harganya murah.

Itulah beberapa cara terbaik untuk menjaga baju tetap rapi dan tidak mudah kusut atau lecek saat mengadakan acara liburan dan traveling. Sehingga kalian tetap bisa tampil percaya diri ketika berjumpa dengan wisatawan lain.

Reply