4 Destinasi Menarik yang Wajib Dikunjungi Saat Melancong Ke Makassar

Makassar, adalah kota terbesar di Pulau Sulawesi. Makassar, tidak lain adalah ibukota dari Provinsi Sulawesi Selatan. Provinsi paling maju di Pulau Sulawesi.

Makassar, juga salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Ada banyak destinasi wisata yang bisa dijelajahi di kota ini. Mau wisata sejarah? Makassar, punya banyak bangunan dan tempat yang punya nilai sejarah. Suka keindahan alam? Di Makassar dan sekitarnya, ada banyak tempat eksotis yang bisa dijelajahi dan dinikmati.

Ingin memanjakan lidah? Jangan khawatir. Sejak dulu Makassar dikenal sebagai kota kuliner. Gudangnya makanan enak. Yang terkenal tentunya adalah coto Makassar, konro, Pallubasa dan sop saudara. Tapi, kuliner Makassar pun tak hanya coto, konro, Pallubasa dan sop saudara. Makassar juga dikenal sebagai surganya pencinta kuliner berbahan ikan laut. Ya, Makassar terkena juga dengan kuliner sea food-nya. Kamu yang suka seafood, jangan lupa untuk mencicipi Pallumara.

Pallumara adalah seafood khas Makassar. Sup kepala kakap merah, atau bandeng dan tongkol dengan kuah kuningnya dari kunyit. Rasanya, mirip dengan ikan asam manis. Nah, jika kamu berniat berlibur ke Makassar, ini 4 tempat yang sepertinya tak boleh dilewatkan untuk disinggahi.

Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam

Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam. Foto: Makassar.terkini.id

Terletak di Jalan.. Fort Rotterdam menjadi salah satu tempat favorit para turis yang hobi dengan wisata sejarah. Benteng Fort Rotterdam ini menurut jejak sejarahnya, dibangun oleh Raja Gowa ke 9 pada tahun 1545. Jadi usianya sudah cukup tua. Di benteng ini, pengunjung bisa melihat berbagai peninggalan Kerajaan Gowa- Tallo.

Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere. Foto: Pesona.travel

Jika berlibur ke Makassar, jangan lupa berkunjung ke Pelabuhan Paotere atau Paotere Harbour. Di Pelabuhan Paotere, kamu akan melihat perahu kayu nelayan atau dikenal dengan perahu pinisi dengan cat warna-warni. Seperti diketahui, suku Bugis, salah satu suku di Sulawesi, yang juga banyak di Makassar, adalah suku pelaut. Terkenal akan keberaniannya menjelajahi laut.

Baca juga:  Kebun Mbah Gonjong, Spot Bersantai dan Memancing yang Tidak Biasa

Di pelabuhan ini, kamu bisa mengambil spot foto dengan latar dermaga tempat bersandar kapal-kapal tradisional milik nelayan setempat. Di dekat pelabuhan Paotere juga ada pasar ikan. Di sana juga ada banyak warung makan yang menjajakan menu seafood.

Samalona Island atau Pulau Samalona

Pulau Samalona. Foto : Azwisata.com

Salah satu destinasi favorit para turis baik mancanegara dan domestik di dekat kota Makassar adalah Pulau Samalona atau Samalona Island. Pulau ini, surganya pencinta snorkeling. Terletak tak jauh dari Pantai Losari, pantai ikonik kebanggaan warga Makassar. Jaraknya hanya 2 kilometer dari Pantai Losari. Di Pulau Samalona ini, kamu bisa menikmati pantai berpasir putih bersih. Debur ombak. Dan tempat snorkeling yang ciamik tentunya. Untuk datang ke Pulau Samalona juga cukup gampang. Tinggal naik perahu dari dermaga dekat benteng Rotterdam.

Ramang Ramang

Ramang Ramang. Foto: Sorotmakassar.com

Ingin menikmati lanskap alam yang menakjubkan? Ramang Ramang adalah tempat yang tepat untuk disinggahi. Ramang Ramang merupakan satu dari tiga pegunungan karst terbesar di dunia. Lokasinya, tidak jauh dari kota Makassar. Hanya 1,5 jam perjalanan dari Kota Makassar untuk sampai ke destinasi yang akan membuat kamu takjub.

Pokoknya, datang ke Ramang Ramang akan membuat liburanmu penuh kesan. Ramang Ramang adalah tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam yang menakjubkan sekaligus, tempat petualangan.

Reply