Menu

Eksplorasi Indahnya Kota Makassar, Toraja dan Pulau Samalona

Here Indonesia Expert Community

Here Indonesia Expert Community

Makassar! Salah satu kota yang masuk dalam daftar destinasi wisata saya di tahun ini. Selama dua tahun terakhir ini saya bergabung di HERE Indonesia Expert Community, yaitu sebuah komunitas pemetaan yang juga merupakan wadah bagi para traveler seperti saya ini. Komunitas ini memiliki banyak program dan salah satu programnya adalah Travel Mapping dimana para member bisa melakukan eksplorasi di berbagai daerah di Indonesia sambil melakukan survey dan mengumpulkan data lapangan untuk dimasukkan kedalam peta HERE. Nah, bagi para traveler yang tertarik dengan komunitas ini bisa melihat informasinya di sini.

Anyway… Segala keperluan dan kebutuhan saat perjalanan ke Makassar sudah saya persiapkan dengan matang. Mulai dari penginapan, kendaraan, hingga estimasi budget yang akan dikeluarkan di Makassar.

Untuk pergi ke Makassar ada 2 pilihan moda transportasi, yaitu pesawat dan kereta api. Menggunakan kereta api memang jauh lebih murah dibandingkan pesawat, jadi buat kamu yang ingin melakukan backpacking, pilih moda transportasi ini karena harga tiket ekonomi dari Surabaya–Makassar hanya Rp65,000. Namun, karena mempertimbangkan waktu dan tenaga akhirnya saya memilih pesawat seharga Rp600,000 dari Semarang-Makassar.

Nah, untuk menghemat biaya perjalanan, saya menggunakan Couchsurfing untuk mencari host atau home stay selama di Makassar. Ini merupakan salah satu alternative untuk mencari penginapan dengan harga yang terjangkau.
Sesampainya di Makassar, saya mengunjungi 11 mall yang ada di Makassar untuk melakukan Travel Mapping atau survey dan mengumpulkan data lapangan. Shopping Mall yang ada di Makassar gak jauh beda dengan yang ada di kota-kota lainnya dan rata-rata mall yang ada di Makassar masih sepi.

Soto Sop Saudara

Soto Sop Saudara

Setelah mengeksplor beberapa mall di Makassar, saya bersinggah di rumah makan Sop Saudara Jalan Irian. Rumah makan ini menyediakan sop dan soto sebagai menu utamanya dan harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan rasanya yang nikmat, yaitu sekitar Rp20,000.

Baca juga:  Cerita tiga hari di Semarang

Bagi yang suka dengan sejarah, harus berkunjung ke salah satu benteng yang cukup fenomenal di Makassar, yaitu Fort Rotterdam. Lokasinya gak jauh dari pusat kota Karebosi, bisa dijangkau dengan berjalan kaki kearah barat dari MTC Karebosi. Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi benteng ini, hanya ada uang sumbangan sukarela. Benteng ini mirip dengan dengan benteng Vredeburg yang ada di Yogyakarta, namun benteng ini lebih luas, bersih dan tertata rapi.

Fort Rotterdam Makassar

Fort Rotterdam Makassar

Komentar kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Catper, Destinasi, Featured, Indonesia, Kuliner
Tulip Keukenhof
Lihat Keukenhof Penuh dengan Bunga

Setiap awal musim semi ada satu tempat wisata di Belanda yang selalu ramai dan hanya buka sekitar dua bulan saja,...

Close