Taman Cantik Di Pusat Kota Purwakarta

Jika Jakarta punya Taman Suropati, Purwakarta juga punya taman yang tak kalah cantik dan rindangnya. Namanya, Taman Maya Datar. Taman ini, terletak di pusat kota Purwakarta. Tepatnya, ada di depan kantor Bupati Purwakarta. Tak jauh dari Gedung Negara, kantor dinas Bupati.

Senin, 9 Mei 2016, saya pernah berkunjung ke Taman Maya Datar. Saya tak menyangka, Purwakarta punya taman cantik. Pengetahuan saya tentang Purwakarta, hanya Taman Air Mancur Sri Baduga, yang disebut-sebut taman air terbesar se-Asia Tenggara.

Ternyata Purwakarta juga punya taman cantik. Saat itu, saya datang ke Purwakarta dalam rangka liputan. Meliput acara Rembuk Nasional Asosiasi DPRD se-Indonesia yang memang digelar di depan taman tersebut.

Salah satu sudut Taman Maya Datar, Purwakarta

Salah satu sudut Taman Maya Datar, Purwakarta

Ketika turun dari mobil, dan masuk ke dalam taman, saya langsung tercengang. Dari mulai pintu gerbang, saya langsung disambut dengan asrinya pepohonan. Taman ini, berada tepat di depan pendopo kabupaten, hanya terpisahkan selasar jalan.

Taman yang rindang, Taman Maya Datar, Purwakarta

Taman yang rindang, Taman Maya Datar, Purwakarta

Nama Taman Maya Datar, terbaca tepat di bawah patung harimau. Di belakangnya, terdapat bangunan semacam pendopo. Dari pendopo, kita bisa langsung menuju taman. Pendopo tersebut, dibangun di atas kolam kecil. Di atas kolam, kembali ada patung harimau.

Di tengah taman, terdapat air mancur besar. Ada tiga air mancur besar. Saat saya ke sana, air mancur tengah menari. Cipratan airnya terasa sejuk, menciprat ke pohon-pohon yang tumbuh di depannya.

Di sekitar taman, tak jauh dari air mancur, ada gubuk-gubuk dari bambu. Terdapat jembatan yang memisahkan area mancur dengan area taman lainnya. Tak jauh dari jembatan, ada kandang ayam pelung. Pepohonan rindang menaunginya. Rumput yang menghijau, sepanjang sisi taman, menyejukan pemandangan.

Patung harimau putih di Taman Maya Datar, Purwakarta

Patung harimau putih di Taman Maya Datar, Purwakarta

Saya pikir, memang seharusnya seperti itu pusat sebuah pemerintahan. Rindang, dan asri. Nyaman, juga teduh. Sehingga, membuat betah yang bekerja di sana. Jadi, jika tiba waktu istirahat, bisa leyeh-leyeh sebentar di taman. Ya, itung-itung obat penghilang stress. Jamu untuk penyegar pikiran.

Baca juga:  Ini 2 Geopark di Indonesia, Pilihan Tepat untuk Traveler yang Suka Petualangan

Di sela-sela acara Rembuk Nasional Adeksi, saya juga sempat ngobrol sejenak dengan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi. Menurut Pak Bupati, ia sengaja, membuat taman yang asri di lingkungan pusat pemerintahan, agar pegawainya bisa betah bekerja. Sehingga, mereka merasa ada di rumah sendiri. Dengan lingkungan yang asri, setidaknya tekanan pekerjaan bisa dikurangi, karena dihibur oleh asrinya taman.

Masih kata Pak Bupati. Gedung-gedung pemerintahan di sekitar Taman Maya Datar pun, ia bangun se-efisien mungkin. Jendelanya ia buat lebar-lebar. Tujuannya untuk lebih banyak menjaring sinar matahari. Sehingga, jika siang, tak perlu penerangan listrik, atau perlu pendingin udara.

” Jadi, bisa hemat energi,” kata Pak Bupati.

Wah, saya pikir itu cara yang cerdas. Gedung yang hemat energi, juga taman yang asri. Sungguh perpaduan ideal bagi sebuah lingkungan kerja. Gedung yang hemat energi, juga halaman yang teduh rindang. Jadi, kalau berkunjung ke Purwakarta, sempatkan bertandang ke taman Maya Datar yang rindang. Taman ini, menurut Pak Bupati, juga terbuka untuk umum.

Reply