Pagoda Taman Alam Lumbini, Nuansa Thailand dan Myanmar di Tanah Karo

Bicara soal destinasi favorit para turis mancanegara di Asia Tenggara, kita harus akui Thailand masih terdepan. Indonesia punya Bali. Sekarang ada Banyuwangi yang sedang menggeliat. Tapi Thailand, punya sederet destinasi eksotis yang membuatnya jadi tujuan para pelancong.

Semoga, tekad pemerintah, melahirkan “Bali-bali” yang lain di luar Pulau Dewata, bisa terwujud. Sehingga untuk urusan menggaet turis, Indonesia bisa menyalip Thailand. Nah, bicara soal Thailand, yang tak bisa lepas dari Negara Gajah Putih ini adalah daya tarik agama yang dianut mayoritas warganya. Budha, adalah agama mayoritas orang Thailand.

Maka, tidak heran jika kemudian banyak pagoda di Thailand. Negeri Gajah Putih ini pun kemudian dapat julukan negeri seribu satu pagoda. Karena dimana-mana ada Pagoda. Pagoda inilah yang kemudian jadi ‘jualan’ Thailand menggaet para pelancong. Jadi, tak hanya sebagai tempat suci. Tempat ibadah. Namin jadi andalan untuk citra pariwisata mereka.

Salah satu pagoda paling terkenal di Thailand adalah Buddhist Pagoda. Pagoda ini ada di Pulau Samui, Thailand. Buddhist Pagoda adalah salah satu pagoda terindah di dunia. Terletak di komplek kuil Wat Plai Laem, Buddhist Pagoda dikelilingi oleh danau kecil. Ini yang menjadikan pagoda ini begitu eksotis. Tidak heran jika kemudian jadi tujuan favorit para pelancong, baik dari dalam negeri maupun dari mancanegara.

Negara lain yang punya pagoda indah adalah Myanmar. Di sana ada Pagoda Thambuddhei Paya. Bangunan pagoda ini ada kota Monywa, Myanmar. Disebut sebagai salah satu yang terbesar di Myanmar, Thambuddhei Paya merupakan Pagoda yang berusia tua. Di bangun pada tahun 1303 M. Tahun 1923 M, pagoda ini dibangun ulang.

Pagoda Thambuddhei Paya adalah salah satu pagoda terindah di dunia. Pagoda Thambuddhei terdiri dari stupa-stupa kecil yang mengelilingi satu stupa yang paling besar. Pagoda lainnya di Myanmar yang terkenal di kalangan pelancong adalah Pagoda Shwedagon.

Baca juga:  Tertarik Menikmati Pesona Alam dengan Sentuhan Edukasi di Bangka Belitung?, Berikut Tempatnya!

Pagoda ini dijuluki Pagoda Emas, karena warnanya yang berwarna kuning emas. Pagoda setinggi 98 meter memang berlapis emas. Terletak di bukit Singuttara dekat kota Yangon, Myanmar.

Pagoda Taman Lumbini, replika Pagoda Emas Myanmar. Sumber foto: superadventure.co.id

Tapi tidak usah berkecil hati. Di Indonesia pun, ada pagoda yang tak kalah indah seperti yang ada di Thailand dan Myanmar. Jika kamu tertarik ingin merasakan atmosfir pagoda seperti di Thailand dan Myanmar, cukup datang ke tanah Karo. Tepatnya di Kabupaten Karo.

Ya, di Kabupaten Karo, tepatnya Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Raya, Sumatera Utara, ada nuansa pagoda seperti di Thailand dan Myanmar. Di desa itu, ada objek wisata Taman Alam Lumbini.

Di taman wisata inilah, ada pagoda indah yang mirip seperti Pagoda Emas di Myanmar. Bahkan disebut pagoda emas tertinggi di Indonesia. Tingginya 42 meter. Tercatat sebagai pemegang rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Di dalam pagoda, tersimpan 2.958 rupang Buddha, 30 rupang Arahat dan 108 relik suci. Semuanya di bawa langsung dari Myanmar.

Objek wisata Taman Alam Lumbini sendiri memang sudah terkenal sebagai destinasi favorit di Sumatera Utara. Di taman ini, tidak hanya ada pagoda yang arsitekturnya bikin takjub. Tapi juga ada taman alam yang berhawa sejuk.

Selain itu, fasilitas di kawasan pagoda dan taman juga cukup lengkap. Selain ada taman alam yang asri. Juga dilengkapi tempat bermain anak. Pokoknya cocok buat liburan keluarga. Fasilitas toiletnya pun cukup bersih. Tinggal kita jadi turis yang baik saja. Buang sampah pada tempatnya. Dan jangan jadi turis vandalis.

Datang ke Taman Alam Lumbini, kamu akan merasakan suasana tak seperti sedang di Indonesia. Tapi serasa ada di Thailand atau Myanmar. Coba saja, berfoto dengan latar belakang Pagoda. Lihat hasilnya. Kamu pasti akan terpengarah. Akan kaget. Kamu akan merasa sedang ada di komplek Pagoda Shwedagon, Myanmar. Bukan di Indonesia.

Baca juga:  Mau Tahu Budaya dan Sejarah Orang Minang, Datang Saja ke Museum Adityawarman

Tinggal kemudian kamu pamerkan di Instagram. Dijamin pengikutmu akan ikut kaget. So, mau merasakan atmosfer Pagoda Emas Myanmar datang saja ke tanah Karo. Lalu, singgah ke Pagoda Taman Lumbini. Selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Brastagi, kota sejuk yang ada tanah Karo. Selamat melancong ya…

Reply