Ngadem Berkualitas di Hutan Pinus Darmacaang Ciamis

Destinasi wisata alam adalah salah satu pilihan terbaik untuk berlibur, atau sekedar menenangkan diri dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan sekaligus merefresh pikiran. Banyak destinasi wisata alam yang indah dan eksotis yang berada di berbagai wilayah Indonesia. Misalnya adalah kota manis Ciamis yang ada di wilayah Jawa Barat.

Ciamis memiliki destinasi wisata alam yang indah dengan daya tariknya tersendiri, salah satunya yaitu Wisata Alam Pinus Batu Cakra atau dikenal dengan Hutan Pinus Darmacaang. Keindahan hutan pinus yang rindang dan hijau dengan pepohonan, ditambah udara yang sejuk adalah suguhan alam untuk para pengunjung. Pastinya banyak hal yang bisa dilakukan traveler saat berkunjung ke hutan pinus ini. Simak yuk!

Sensasi Sejuknya Udara Pegunungan

Sumber: instagram/meidinameidi

Lokasi hutan pinus yang berada di kaki Gunung Sawal ini benar-benar menghadirkan suasana pegunungan. Udaranya sejuk dan padat dengan pohon pinus yang menjulang tinggi. Tak heran menjadikan destinasi wisata ini begitu diminati, karena pengunjung akan merasakan sensasi berlibur di pegunungan. Keindahan alam yang asri dengan udara yang sejuk adalah kekuatan destinasinya. 

Bergelantungan dengan Hammock

Sumber: Instagram/opiktaufikh

Jarak yang cukup padat antara pepohonan bisa dimanfaatkan untuk memasang hammock. Hammock sendiri adalah tempat tidur dari bahan kain yang menyerupai ayunan dan memiliki dua ujung, kemudian setiap ujungnya diikatkan ke tiang atau pohon. Hammock ini biasanya dibawa oleh para pendaki gunung.

Bergelantungan di atas hammock ini adalah salah satu pilihan untuk menikmati keindahan alam Darmacaang sambil bersantai ria. Selfie di atas hammock dengan background pohon pinus adalah hal seru yang tak boleh terlewatkan saat berkunjung ke sini. Pengunjung yang ingin merasakan bergelantungan di hammock ini bisa menyewa di lokasi.

Baca juga:  Pagoda Taman Alam Lumbini, Nuansa Thailand dan Myanmar di Tanah Karo

Cocok untuk Camping

Sumber: phinemo.com

Camping adalah hal seru lain yang bisa dilakukan di Hutan Pinus Darmacaang. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh anak-anak muda Ciamis, Tasikmalaya dan kota lainnya yang sengaja ingin refreshing dengan merasakan sensasi pegunungan. Atau bahkan kegiatan camping dari sekolah pun bisa dilakukan di sini. Lokasi yang cukup mudah diakses ini selalu menjadi pilihan wisata alam, terlebih lokasi ini akan semakin padat ketika akhir pekan.

Seru-seruan dengan Outbound

Ilustrasi outbound, sumber:joglowisata.com

Kawasan hutan pinus ini cukup luas, sehingga cukup banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Misalnya outbound yang biasa dilakukan oleh para karyawan perkantoran. Lokasi yang luas dengan pemandangan hijau memang selalu menjadi pilihan untuk sekedar berkumpul melepas penat dari rutinitas keseharian.

Menikmati Landscape Kota Ciamis dan Tasik Sekaligus

Ilustrasi pemandangan kota, sumber: pinteres.com

Salah satu panorama yang indah saat berada di sini adalah memandang wilayah perkotaan dari ketinggian. Dan pemandangan ini akan menjadi sangat indah ketika malam hari dimana lampu-lampu di wilayah perkotaan mulai menyala. Satu lagi, kita bisa menikmatinya sembari duduk atau bahkan tiduran dan bergelantungan di atas hammock. Cara menikmati pemandangan yang asyik kan?

Botram atau Makan Nasi Liwet Khas Sunda

Sumber: jabarnews.com

Hal lain yang bisa dilakukan di sini adalah makan bersama, atau dalam istilah Sunda botram. Yaitu para pengunjung bawa bekal makanan dari rumah dan dimakan bersama-sama di kawasan hutan pinus. Tapi, buat pengunjung yang ingin menikmati nasi liwet khas sunda bisa juga memesannya di kawasan hutan pinus.

Objek wisata Hutan Pinus Darmacaang ini berada di Dusun Sorok, Desa Darmacaang, Kec. Cikoneng, Ciamis. Bisa diakses dengan jarak sekitar 15 km dari wilayah Kota Ciamis.

Reply