Manfaat Bersepeda, Olahraga Yang Trend Saat Ini

Menjadi populer dan semakin trend belakangan ini, apakah Anda tahu apa saja manfaat bersepeda?

Sejak Covid-19 dinyatakan sebagai pandemi, banyak dari kita mulai meningkatkan aktivitas berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat mulai diberlakukan PSBB beberapa waktu lalu, banyak masyarakat yang memilih bersepeda untuk berolahraga. Selain jogging dan jalan pagi, bersepeda dianggap cukup aman karena menerapkan physical distancing.

Bersepeda tidak saja sebagai alat rekreasi, namun juga olahraga yang membuat tubuh bergerak. Olahraga ini juga bisa dinikmati oleh segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Waktu untuk bersepeda juga bisa dilakukan kapan saja, pagi, sore, atau malam hari. Bahkan, di berbagai negara, bersepeda menjadi salah satu transportasi yang banyak dipilih oleh masyarakat setempat.

Sebelum mulai menjadi trend belakangan ini, sudah banyak komunitas yang menyuarakan bersepeda sebagai alternatif transportasi diantaranya ‘Bike to Work’. Dan sekarang di Jakarta dan beberapa kota lainya semakin banyak jalur khusus sepeda, yang membuat bersepeda semakin populer. Tahukah Anda, bersepeda juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jika dilakukan secara rutin. Apa saja manfaat bersepeda untuk kesehatan kita?

manfaat bersepeda
photo: www.roadbikerider.com

Menguatkan Otot

Manfaat bersepeda yang pertama adalah menguatkan otot. Bersepeda dapat melatih otot Anda, diantaranya otot punggung, perut, dan kaki. Untuk menjaga tubuh tetap tegak dan sepeda tetap seimbang saat Anda gowes, diperlukan tenaga yang akan mengencangkan otot-otot tubuh Anda.

Meningkatkan Keseimbangan, Postur, dan Kordinasi Tubuh

Keseimbangan cenderung menurun saat usia makin bertambah dan saat tubuh tidak aktif bergerak.  Karenanya, saat Anda menjaga agar tubuh bisa tetap stabil dan sepeda tidak jatuh, usaha ini akan meningkatkan keseimbangan, postur, dan kordinasi tubuh Anda.

Baca juga:  Tips Dan Persiapan Sebelum Traveling Ke Luar Negeri

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung dan Paru

Selain membuat tubuh Anda lebih bugar, bersepeda juga meningkatkan kinerja kardiovaskular. Saat Anda gowes, gerakan ini akan memompa darah ke seluruh tubuh dan meningkatkan detak jantung. Sehingga sirkulasi darah dalam tubuh Anda akan semakin lancar yang akan mengurangi resiko penyakit jantung dan paru.

Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat bersepeda tidak saja untuk fisik, namun juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Bersepeda dapat mengurangi stress, depresi, atau cemas. Saat gowes

, Anda diharapkan untuk fokus. Ini akan meningkatkan daya konsentrasi dan kesadaran diri akan waktu sekarang. Sehingga dapat membantu mengalihkan pikiran-pikiran yang ada di kepala Anda.

Ramah Lingkungan

Manfaat bersepeda juga dirasakan oleh bumi. Dengan bersepeda, emisi karbon akan berkurang. Anda juga berkontribusi mengurangi polusi udara. Bersepeda bisa menjadi pilihan jika ingin pergi ke suatu tempat yang sedikit jauh namun terlalu dekat jika membawa kendaraan. Dan Anda juga tidak harus repot mencari tempat parkir untuk kendaraan.

Menjaga Berat Badan

Dengan rutin bersepeda, aktivitas ini meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak dalam tubuh Anda. Dengan kombinasi pola makan yang bergizi, bersepeda juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Menjaga Kekuatan Tulang dan Sendi

Manfaat bersepeda lainnya yaitu menjaga kekuatan tulang dan sendi tubuh Anda. Saat Anda bersepeda, sendi sikut, lutut, pergelangan kaki dan tangan akan terus bergerak. Gerakan ini akan membuat sendi-sendi Anda lebih fleksibel. Bersepeda juga dapat membantu penderita osteopororis karena hanya memberikan sedikit tekanan kepada sendi.

Tips Bersepeda Dengan Aman

photo: croatia.hr
  • Selalu gunakan jalur yang diperuntukkan untuk bersepeda, baik di daerah perkotaan atau di lingkungan yang lebih sepi
  • Selalu patuhi peraturan lalu lintas di jalan
  • Berhati-hatilah saat melewati persimpangan dan area sibuk, bahkan di jalur khusus sepeda sekalipun
  • Kenakan pelindung untuk kepala, siku, dan lutut Anda
  • Pakailah pakaian yang nyaman dan ringkas saat bersepeda agar tidak tersangkut di roda atau rantai sepeda Anda
  • Untuk menghindari dehidrasi, Anda bisa membawa botol air minum
  • Hindari bersepeda jika polusi udara sangat tinggi dan pilihlah area dengan udara yang lebih bersih
  • Jika bersepeda di malam hari, kenakan sesuatu seperti baju glow in the dark dan lampu di sepeda agar pengendara lain melihat Anda
  • Cek kondisi sepeda Anda sebelum dan selama bersepeda
Baca juga:  Taman Slamet, Spot Tersembunyi Di Malang

Dengan banyaknya manfaat bersepeda, Apakah Anda siap untuk gowes?

Merupakan salah satu olahraga yang mudah dan juga menyenangkan, bersepeda menjadi alternatif yang sangat tepat di masa pandemi ini. Tidak hanya untuk berolahraga, bersepeda juga telah menjadi gaya hidup masyarakat, terutama di kota-kota besar.

Dapat dinikmati oleh semua usia, bersepeda memberikan banyak manfaat jika dilakukan secara rutin. Baik manfaat secara fisik, seperti menjaga kekuatan tulang dan sendi, menurunkan berat badan, dan menjaga kekuatan jantung dan paru. Selain itu, bersepeda juga bisa meningkatkan konsentrasi dan mengurangi stres.

Selain bermanfaat, bersepeda juga bisa berbahaya, salah satunya adalah potensi mengalami kecelakaan. Oleh karenanya, pastikan untuk selalu menjaga sikap dan bersepeda dengan aman. Juga kenakan pelindung diri seperti helm dan lampu di sepeda. Jadi, sudah siap untuk gowes saat akhir pekan nanti?

Reply