Liburan Akhir Tahun? Simak Tips dan Trik Traveling berikut ini

Berhenti dan keluar sejenak dari semua rutinitas harian yang membosankan adalah keputusan yang tepat. Dengan Traveling dapat me-refresh dan mengurangi stress otak Anda. Mau Jalan Bareng ataupun solo traveling tak menjadi masalah.

Bagi Anda yang telah memutuskan untuk traveling, ada baiknya mengikuti beberapa tips and trik berikut ini biar traveling Anda aman dan nyaman.

1. Tentukan Lokasi Tujuan

Credit: pixabay.com

Bagi Anda yang telah memutuskan untuk traveling tips pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan lokasi tujuan traveling. Jangan sampai waktu cuti kerja sudah diambil Anda malah sibuk menentukan mau pergi kemana. Dengan menentukan lokasi traveling Anda bisa menargetkan berapa lama cuti yang harus diambil. Selain itu juga dapat menentukan berapa budget yang Anda perlukan untuk traveling hingga pulang dengan selamat.

Jika tujuan ke luar negeri jangan lupa persiapkan passport dan visa.

2. Cek Semua Promo

credit: pixabay.com

Setelah Anda menentukan lokasi tujuan saatnya Anda untuk cek semua promo. Dengan demikian Anda dapat menghemat pengeluaran selama traveling. Baik itu promo tiket perjalanan, promo hotel dan promo untuk konsumsi saat traveling. Anda dapat mengikuti tips pada artikel cara memanfaatkan semua promo agar traveling lowbudget.

3. Persiapkan Semua Barang Yang Diperlukan

credit: onebag.travel

Ingat Anda itu mau traveling bukan mau pindah rumah. Bawalah barang-barang yang memang Anda butuhkan selama traveling saja. Jangan membawa pakaian berlebihan. Membawa barang yang kurang diperlukan hanya akan menambah beban.

Saat packing barang usahakan sekecil dan seringan mungkin. Letakan barang yang sering Anda ambil pada bagian atas agar mudah saat mengambilnya kembali.

4. Bawalah Sling Bag

credit: bagsology.com

Gunakan sling bag untuk memudahkan membawa barang-barang kecil seperti Handphone, charger dan dompet. Sling bag dirasa lebih aman dari serangan copet daripada meletakan barang tersebut di dalam saku. Tidak mungkin Anda selalu membawa koper atau carrier selama traveling.

Baca juga:  Bukan Sekadar Menghabiskan Uang, Ini 5 Bisnis Yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Traveller

5. Jangan Meletakan uang Pada Satu Tempat

credit: pixabay.com

Letakan uang cash, kartu kredit dan e-money pada setiap saku termasuk dalam sling bag. Dengan meletakan di tempat berbeda apabila terjadi kehilangan atau pencopetan Anda tidak akan kehilangan semuanya.

6. Catat Nomor Penting

credit: crimeonline.com

Jangan lupa catat nomor panggilan darurat sesuai destinasi yang ingin Anda kunjungi. Hal ini bertujuan agar apabila terjadi bahaya Anda dengan cepat mendapatkan bantuan. Selain nomor darurat, Anda juga perlu mencatat nomor keluarga.

7. Scan Dokumen Pribadi

credit: pixabay.com

Untuk berjaga-jaga apabila terjadi kehilangan, Scan semua dokumen pribadi seperti KTP dan passport dan simpan pada email pribadi. Dengan menyimpannya pada email, memungkinkan bagi Anda untuk mengambilnya kapan saja. Selain bentuk scan atau softcopy Anda juga perlu menyimpan dalam bentuk hardcopy. Letakan dokumen hardcopy ditempat terpisah dengan dokumen asli.

8. Pelajari Kalimat Penting Dalam Bahasa Lokal

credit: freedisignfile.com

Meskipun Anda traveling hanya di dalam negeri tapi masih ada beberapa orang yang tidak mengerti bahasa Indonesia. Bagi yang traveling ke luar negeri, tidak semua orang memahami bahasa Inggris. Jadi ada baiknya Anda mempelajari beberapa kalimat penting dalam bahasa lokal. Contoh kalimat penting yang harus Anda pelajari seperti “tunjukan arah ke…”, “saya ingin mencari makanan”, “terimakasih”.

9. Bawalah Obat-obatan

ceedit: pixabay.com

Jangan lupa untuk selalu membawa obat-obatan seperti P3K. Bagi Anda yang mempunyai penyakit bawalah selalu obat pribadi Anda. Karena kita tidak akan tahu kaoan penyakit akan datang.

Itulah tips and trik agar travelling Anda menjadi aman dan nyaman. Semoga Traveling Anda menyenangkan.

Reply