Lawan Corona Daya Tahan Tubuh Mesti Kuat, Ini Beberapa Makanan yang Disarankan Dikonsumsi

Imbauan agar semua orang terapkan social distancing dan phisycal distancing terus disuarakan. Bahkan kini aparat tidak segan membubarkan orang-orang yang masih berkerumun di ruang publik semisal kafe atau warung kopi. Semua demi agar tak banyak yang tertular virus Corona atau Covid-19 yang penularannya begitu cepat.

Ada beberapa cara agar tiap orang tidak tertular virus yang awalnya muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok tersebut. Pertama, terapkan physical distancing atau jaga jarak, baik di ruang publik, rumah atau dimana pun. Rutin mencuci tangan dengan sabun menggunakan air yang mengalir. Terapkan pola hidup sehat. Tiap orang harus memperkuat sistem kekebalan tubuh. 

Caranya, makan makanan yang bergizi. Makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E dan zat positif lainnya yang baik untuk kesehatan. Dan, jangan lupa untuk berolahraga, walau itu dalam rumah atau di halaman rumah. 

Nah, berikut ini, beberapa makanan yang baik bagi tubuh. Makanan yang bisa membantu kita dalam memperkuat daya tahan tubuh. 

Bawang putih

Bawang putih. Foto: Pixabay.com

Dibalik aromanya yang menyengat, bawang putih, banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Bahkan bawang putih bisa membantu kita untuk memperkuat daya tahan tubuh. 

Bawang putih  mengandung vitamin C, B1 B6, mineral (fosfat serta zat besi dan sulfoksida.  Bahan- bahan ini berguna sebagai anti jamur, antiseptik, dan antibakteri.  Bawang putih juga kerap dikonsumsi untuk mencegah pilek, batuk dan infeksi pada dada.

Ikan 

Ilustrasi filet ikan Tuna dan Salmon. Foto: Pixabay.com

Kalau ini Bu Susi Pudjiastuti, saat masih menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan sering menganjurkan untuk banyak makan ikan. Karena banyak manfaat kalau kita sering makan ikan. Nah, beberapa ikan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah ikan salmon,  ikan makarel dan ikan tuna. Ikan- ikan ini banyak mengandung lemak Omega-3. Tahu kegunaan Omega-3? Lemak Omega-3 ini berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh, karena bisa meningkatkan aktivitas sel darah putih. Sel darah putih sendiri sangat berguna untuk menghancurkan bakteri berbahaya yang ada dalam tubuh kita.

Baca juga:  Inilah 7 Rekor di Dunia Kuliner yang Dipecahkan di Indonesia

Buah buahan

Ilustrasi jambu biji. Foto: Pixabay.com

Banyak makan buah-buahan juga sangat dianjurkan para ahli kesehatan dan gizi. Ada beberapa buah-buahan yang dianjurkan sering dikonsumsi untuk membantu memperkuat daya tahan tubuh. Buah-buahan itu  antara lain jambu biji, mangga, duwet, jambu monyet. Buah-buahan  ini mengandung vitamin C, vitamin yang sangat diperlukan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Buahan-buahan ini juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih dan menurunkan risiko terserang penyakit kardiovaskular. 

Gandum

Ilustrasi roti gandum. Foto: Pixabay.com

Gandum, adalah bahan makanan yang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Karena gandum mengandung serat yang jumlahnya tinggi. Juga mengandung protein dan juga antioksidan.  Gandum pun dianjurkan untuk dikonsumsi biar daya tahan tubuh lebih kuat. Makanan berbahan gandum yang gampang  kita jumpai adalah roti gandum. Roti gandum lebih disarankan untuk dikonsumsi ketimbang roti putih.  Karena roti gandum kaya serat. Roti yang baik untuk tubuh. 

Jadi selama stay at home atau masa karantina jangan lupa jaga selalu daya tahan tubuh. Rutin berolahraga meski itu dilakukan di halaman rumah atau di dalam rumah. Dan, jangan lupa, makan makanan sehat. Jangan makanan sembarangan. Apalagi makan makanan yang justru jadi ‘racun’ bagi tubuh. Konsumsilah, makanan yang membantu kita memperkuat daya tahan tubuh. Semoga bermanfaat ya…

Reply