Inilah Kuliner yang Banyak Dijual Waktu Sarapan Pagi Tiba

Jika pagi hari tiba, apalagi saat libur, kegiatan yang menyenangkan tentunya berolahraga. Menikmati hawa segar pagi. Mencari keringat. Biasanya, saya dan istri sering berolahraga ke komplek perumahan Telaga Golf, Sawangan. Area parkiran dan taman di perumahan itu, jika hari Minggu rutin digunakan untuk berolahraga oleh siapa pun.

Di area parkiran, rutin pula digelar senam aerobik bersama. Di dekat area senam, ada deretan stand penjual makanan dan minuman. Juga penjual pakaian dan pernak pernik lainnya. Ya, semacam bazaar dadakan. Jadi selesai berolahraga, jika lapar mau cari sarapan, tinggal melangkahkan kaki saja ke bazaar dadakan itu. Ada banyak makanan dan minuman yang disediakan para penjual, dari yang kekinian sampai yang tradisional. Makanan berat pun tersedia. Pun, lauk untuk teman nasi bagi yang sedang malas masak.

Tapi saya tak hendak mengulas soal bazaar dadakan di perumahan Telaga Golf. Namun yang hendak saya ulas adalah beragam kuliner yang kerap dijual saat waktu sarapan tiba. Atau makanan yang biasa banyak dijual saat pagi hari.

Ketoprak

Penjual ketoprak banyak berjualan saat pagi tiba tepat ketika waktu sarapan datang. Foto : Jabar.tribunnews.com

Ketika pagi tiba, di sekitaran tempat saya tinggal, banyak penjual makanan. Di tempat lainnya pun, terutama yang terbilang ramai, atau di dekat yang banyak komplek perumahan, biasanya saat pagi tiba, banyak penjual makanan yang buka lapaknya. Salah satu penjual makanan yang kerap berjualan saat jam sarapan pagi adalah penjual ketoprak.

Ya, ketoprak, adalah salah satu kuliner yang kerap dijual saat waktu sarapan pagi. Banyak yang menyebut ketoprak adalah kuliner khas Betawi. Tapi ada pula yang menyatakan, ketoprak itu makanan khas Cirebon. Ada juga yang mengklaim ketoprak asalnya dari Jawa Tengah.

Baca juga:  Warung Lalapan Nabil : Lalapan Murah Cocok Untuk Mahasiswa

Ketoprak sendiri adalah kuliner yang bahannya perpaduan dari ketupat atau lontong, toge, tahu, bihun dan bumbu atau saus berbahan kacang tanah. Sausnya mirip dengan saus atau bumbu pecel. Untuk tambahannya, bisa dimakan pakai kerupuk, atau juga telur rebus dan dadar.

Ketoprak tak hanya di jual saat pagi. Saat malam pun, banyak penjual ketoprak yang membuka lapaknya. Biasanya, mereka berjualan pakai gerobak. Nah, ketoprak adalah salah satu kuliner yang kerap disantap saat sarapan. Saya salah satu penyuka ketoprak.

Bubur Ayam

Bubur ayam salah satu kuliner favorit untuk sarapan. Foto: Posronda.net

Kuliner lainnya yang kerap ada dijual saat waktu sarapan atau pagi hari adalah bubur ayam. Di mana-mana saat pagi tiba, banyak yang jualan bubur ayam. Bubur ayam sendiri adalah kuliner dengan bahan utama adalah nasi atau beras. Beras ini dimasak sehingga jadi bubur yang bertekstur lembut. Lalu disiram oleh kuah, kecap asin dan manis, suwiran daging ayam, kacang kedelai goreng, irisan seledri dan sambal bagi yang suka pedas. Dan tak lupa kerupuk goreng. Dimakan hangat-hangat, bubur ayam jadi salah satu kuliner favorit banyak orang saat sarapan. Di dekat tempat saya tinggal, banyak yang jual bubur ayam. Ada bubur ayam asal Cirebon, Madura dan Cianjur.

Lontong Sayur

Saat pagi tiba banyak yang jualan lontong sayur. Kuliner berkuah ini jadi salah satu pilihan untuk menu sarapan. Foto: Cookpad.com

Kuliner lainnya yang kerap disantap saat sarapan adalah lontong sayur. Ketika pagi tiba, banyak yang berjualan lontong sayur. Satu porsi lontong sayur sendiri terdiri dari potongan lontong atau ketupat, lalu kuah dari santan yang kaya bumbu rempah, irisan pepaya muda, dan bahan tambahan lainnya tahu bacem atau telor rebus. Plus tambahan kerupuk dan sambal.

Yang saya sebutkan tadi adalah porsi lontong sayur ala Betawi. Tapi di dekat tempat saya tinggal, ada juga lontong sayur yang bukan khas Betawi. Lontong sayur Padang namanya. Isinya hampir mirip dengan lontong sayur khas Betawi, yakni terdiri dari potongan lontong atau ketupat, lalu kuah berbahan santan dan rempah. Plus nangka muda, bukan irisan pepaya muda. Tapi untuk kuahnya, mirip kuah gulai khas Minang. Disantap bersama kerupuk dan juga bisa pakai telur rebus.

Baca juga:  Bakso Son Haji Sony, Paling Nendang se-Lampung

Nasi Uduk Khas Betawi

Di Jakarta, ketika pagi tiba penjual nasi uduk ada di mana-mana. Foto: Detik.com

Kuliner lainnya yang biasa disantap saat sarapan adalah nasi uduk khas Betawi. Kala pagi tiba, pasti banyak yang jualan nasi uduk ini. Di tempat saya tinggal, dalam satu ruas jalan, sampai ada beberapa penjual nasi uduk. Bahan utama dari kuliner ini adalah beras yang dikukus dengan santan sehingga punya aroma wangi yang menggoda. Biasanya, pelengkap dari nasi uduk khas Betawi ini adalah bihun goreng, orek tempe, sambal dan kerupuk. Tapi ada juga menu yang lebih lengkap lagi, dengan telur balado, telur dadar, dan semur jengkol.

Soto Madura

Soto Madura juga salah satu pilihan untuk menu sarapan. Kuahnya begitu menyegarkan. Foto: Goodindonesianfood.com

Di dekat tempat saya tinggal, saat pagi ada juga yang jual soto ayam. Soto Madura dan Surabaya. Soto adalah kuliner berkuah. Banyak daerah yang punya soto dengan citra rasa serta tampilan khas berbeda dengan soto di daerah lainnya. Soto Madura adalah salah satu soto yang cukup terkenal di Jakarta dan sekitarnya. Penjualnya banyak di mana-mana. Kuahnya menyegarkan. Dilengkapi dengan irisan daging ayam, juga ceker dan kepala ayam, membuat soto Madura jadi makanan favorit saat sarapan.

Begitulah ulasan daftar kuliner yang kerap dijual saat pagi hari atau saat waktu sarapan tiba. Setidaknya yang ada di dekat tempat saya tinggal di Sawangan Depok, Jawa Barat. Mungkin pembaca juga punya cerita lainnya tentang kuliner yang kerap dijual saat pagi tiba?

Reply