Hobi Populer yang Jadi Tren Saat Pandemi

Saat pandemi, beberapa hobi populer sangat diminati masyarakat, bahkan menjadi tren.

Sejak Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi dan PSBB diterapkan di beberapa wilayah Indonesia, banyak mall, café, dan tempat wisata yang berhenti beroperasi. Pembatasan aktivitas ini membuat masyarakat harus lebih banyak berdiam di rumah. Masyarakat melakukan berbagai macam aktivitas untuk menghabiskan waktu selama di rumah. Kegiatan menonton film dan bermain games menjadi pilihan yang banyak dilakukan untuk mengusir rasa bosan.

Sebagian lagi masyarakat menghabiskan waktu dengan menjalankan hobinya. Bahkan, selama pandemi ini, sebagian orang mulai memiliki hobi baru. Beberapa hobi yang dilakukan masyarakat menjadi sangat populer dan bahkan jadi tren saat pandemi. Tidak hanya populer di Indonesia, namun juga di beberapa negara lain. Nah, apa sajakah hobi populer yang jadi tren saat pandemi?

Bersepeda

(c) www.switchbacktravel.com

Apakah bersepeda menjadi hobi Anda? Ternyata, bersepeda menjadi salah satu hobi populer yang jadi tren saat pandemi. Selain menyehatkan, bersepeda juga bisa menjadi hiburan bagi semua kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Aktivitas bersepeda menjadi meningkat selama pandemi. Saat gowes, Anda tetap bisa menjaga jarak dengan orang lain. Selain itu, bersepeda juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Bahkan, sebagian orang memilih bersepeda sebagai alternatif transportasi selama pandemi.

Berkebun

(c) https://fabelio.com/

Dengan pembatasan aktivitas umum saat PSBB, masyarakat memilih untuk berdiam di dalam rumah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain. Karenanya, beberapa akses, seperti bahan makananpun menjadi terbatas.

Untuk mengisi waktu sekaligus menyiasati keterbatasan tersebut, banyak orang mencoba berkebun di rumah. Dengan lahan yang terbatas, umumnya mereka berkebun dan menaman tanaman jenis hidroponik. Berbagai macam tanaman bisa diterapkan dengan hidroponik, mulai dari sayuran, buah-buahan, dan tanaman bumbu. Tanaman hias juga menjadi salah satu jenis yang disukai.

Baca juga:  Apa saja sih Isi Tanzaku, Kertas Harapan di Gelar Jepang UI

Memasak

(c) www.hellosehat.com

Selama berada di rumah, banyak orang yang mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan makan di luar rumah. Sebagian besar masyarakat akhirnya menyiapkan dan memasak makanan sendiri. Bagi beberapa orang, memasak bahkan menjadi hobi baru yang disukai.

Memanggang kue menjadi salah satu kegiatan memasak yang populer saat pandemi. Anda bisa mencoba berbagai macam resep yang bisa didapatkan melalui online. Mungkin Anda sudah melihat banyak feed Instagram yang menampilkan hasil masakan, mulai dari roti, kue, dan aneka jenis makanan lainnya.

Menjahit

(c) https://bp-guide.id/

Saat awal pandemi, sempat terjadi kelangkaan masker di pasaran. Beberapa orang mulai menekuni kembali hobi menjahit untuk membuat masker sendiri. Hobi ini bahkan bisa menghasilkan uang, dengan menjual masker yang dihasilkan. Bahkan ada yang berdonasi membagikan masker yang dijahit sendiri.

Arts & Crafts dan ‘DIY’

(c) www.saynal.com

Siapa bilang membuat kerajinan tangan hanya untuk anak-anak? Aktivitas ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan menjadi salah satu hobi populer saat pandemi. Ada sebagian orang yang hobi menggambar, melukis, atau sekedar mewarnai.

Beberapa orang ada yang mengatur ulang perabotan di rumah. Selain itu, Anda juga bisa mengajak keluarga bersama-sama mengecat ulang ruang tamu. Jika ingin mencoba kegiatan lainnya, tersedia banyak pilihan yang bisa Anda cari melalui Youtube.

Membaca

(c) https://public.oed.com/

Selama #di rumahaja, mungkin banyak yang memiliki waktu luang setelah bekerja dan sekolah. Untuk mengisi waktu luang tersebut, sebagian orang menghabiskan waktu dengan menjalankan hobinya, membaca. Untuk mengobati keinginan traveling, traveler bisa membaca buku traveling.

Saat pandemi ini juga tersedia banyak e-book gratis yang bisa Anda pilih. Jika Anda penggemar buku fisik, beberapa toko buku dan penerbit memberikan layanan pembelian secara online, bahkan diskon.

Baca juga:  Fakta Menarik Tentang Rumah Makan Padang

Hobi populer saat pandemi, yang mana hobi Anda?

Nah, itu tadi beberap hobi populer yang jadi tren saat pandemi. Untuk mengisi waktu selama pandemi, Anda dan keluarga bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Menjalankan hobi yang disukai tentu sangat menyenangkan. Selain bisa mengisi waktu, hobi juga membuat kita lebih kreatif dan mengurangi stress. Apakah hobi Anda termasuk dalam daftar di atas?

Reply