Menu

Why Did You Come to Japan? Wawancara di Airport

Why Did You Come To Japan - Indonesia

Hallo, excuse me… Japanese TV Program, Interview OK? 
Where are you from? Why did you come to Japan?

Itulah pertanyaan-pertanyaan pertama yang selalu dilemparkan reporter acara TV Tokyo ini pada setiap orang asing yang dihampirinya di airport.

YOUは何しに日本へ? (Yū wa Nani Shi ni Nippon e?)   adalah sebuah program reguler mingguan TV Tokyo yang dipandu oleh duo komedian Bananaman. Konsep acara ini sangat menarik (paling tidak buat yang menonton dan belum pernah ke Jepang) karena menyebar bebarapa kru di airport untuk mewawancarai orang asing yang berkunjung ke Jepang.

Setiap kru biasanya terdiri dari seorang kameraman, pewawancara dan seorang penerjemah. Jika alasan berkunjung orang asing tersebut dipandang cukup menarik, selanjutnya mereka akan meminta persetujuan untuk mengikuti dan memfilmkan kegiatan orang asing tersebut.

Dari acara ini kita bisa melihat beragam karakater orang asing dari berbagai negara berkunjung ke Jepang dengan berbagai macam alasan dan keperluannya. Mulai dari turis biasa, mengunjungi teman atau keluarga, belajar, backpacking, ikut suatu perlombaan atau perkumpulan sampai tujuan aneh-aneh seperti nantangin orang Jepang maen Shiritori, berburu burger Sasebo atau ikut rapat akbar Freemason(!).

Yubisashi
Berbagai cara unik orang jalan-jalan bisa kita amati dari acara ini, ada yang dengan full jalan kaki, naik sepeda atau hitchiking alias nebeng. Misalnya ada satu episode dimana seorang Jerman jalan-jalan dengan sepeda tanpa rencana sebelumnya, sepedanya dibeli begitu saja di sebuah toko sepeda tua di pinggir jalan. Episode tersebut mendapat response bagus dan sepeda tua berlampu depan ganda itu jadi terkenal.

Ada juga sebuah episode dimana dua anak muda Swedia baru pertama kali datang Jepang, hanya mengandalkan Lonely Planet, tanpa rencana yang jelas. Cara mereka menentukan tujuan sangat unik, yaitu sambil menutup mata kemudian menunjuk salah satu lokasi di halaman buku panduan yang dibuka secara acak. Karena lucu, metode ini menjadi satu segmen tersendiri di acara ini yaitu dengan mengirim reporter ke tempat random di buku panduan itu untuk mencari tahu kenapa tempat itu masuk di sana.

Baca juga:  Liburan Murah ke Kuta ala Backpacker

Segmen lain dari acara ini adalah mencari orang asing yang tinggal di daerah-daerah pedesaan atau pulau terpencil. Biasanya sih ketemu dengan orang yang memang menetap dan menikah dengan orang Jepang.

Tentu ada juga orang Indonesia yang pernah masuk acara ini. Salah satunya adalah para anak muda yang datang ke Jepang untuk belajar menangkap ikan Bonito. Di situ digambarkan suasana tempat pelatihannya, asramanya juga kegiatan sehari-hari mereka sampai tiba saatnya latihan menangkap ikan bonito di laut. Pastinya mereka di sana belajar bahasa Jepang juga.

Jadi, kalau ada rencana jalan-jalan ke Jepang, apalagi sekarang kan bebas visa, siap-siap didatangi kru YOUは何しに日本へ? di Narita!

 

Mulai mencintai dan menikmati jalan-jalan setelah sembuh total dari penyakit akut mabuk kendaraan. Walaupun lebih sering jalan sendirian, tapi dia mengakui kalau jalan bareng teman lebih menyenangkan.

Komentar kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Featured, Pernik
Kokoro dan Tomo kembali Jalan Bareng di Jepang

Mulai 1 Februari 2015, Kokoro no Tomo Pop, sebuah drama seri TV yang menceritakan persahabatan Tomo, seorang pemuda Indonesia dengan...

Close