9 Tips Dan Etika Menginap Di Hotel

Saat traveling ke luar kota atau negara dalam beberapa waktu biasanya traveler lebih memilih menginap di hotel. Hotel dipilih karena biaya untuk menginap di hotel lebih bervariasi, mulai dari yang murah seperti hotel kelas melati sampai dengan harga yang mahal. Selain itu hotel dirasa lebih nyaman dan terjaganya privasi ketimbang penginapan jenis lain. Agar kenyamanan semua tamu hotel tetap terjaga, para tamu diharapkan untuk memperhatikan etika saat menginap di hotel.

Meskipun sudah membayar, menginap di hotel juga harus beretika agar kenyamanan bersama tetap terjaga. Saat menginap di hotel, Anda juga harus memperhatikan beberapa tips dan etika menginap di hotel berikut.

1. Perhatikan promo Hotel

source: iha.com

Sebelum membooking hotel untuk menginap, sebaiknya Anda memperhatikan promo hotel. Promo hotel ini sangat membantu agar traveling Anda tidak memakan banyak biaya. Promo hotel dapat di cek melalui aplikasi booking hotel. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pada artikel Manfaatkan Semua Promo Untuk Travelling Low Budget.

2. Jangan Menaruh Barang Berharga Sembarangan

source: piqsels.com

Meskipun menginap di hotel dirasa lebih aman, tapi Anda harus tetap hati-hati saat meletakan barang berharga. Untuk berjaga-jaga agar barang Anda tidak hilang, jangan pernah menaruh barang berharga Anda secara sembarangan. Jika tersedia brangkas untuk menyimpan barang, sangat dianjurkan agar Anda memanfaatkan brangkas tersebut.

3. Tidak Memasang Tanda “Don’t Disturb”

source: flickr.com

Setiap kamar hotel biasanya tersedia tanda “Don’t Disturb” atau “jangan ganggu” yang dapan dipasang pada gagang pintu masuk kamar. Jika tanda ini dipasang, maka petugas kebersihan tidak akan masuk ke kamar Anda. Pemasangan tanda ini juga memungkinkan supaya kenyamanan Anda tidak diganggu oleh pelayan hotel melalui ketukan pintu.

Baca juga:  Trik Dapat Tempat Duduk Saat Menaiki Bus Trans Di Ibu Kota

4. Ketahui Barang yang Tidak dan Boleh Dibawa Pulang

source: piqsels.com

Saat menginap di hotel, ada beberapa barang yang disediakan untuk tamu hotel. Ada barang yang boleh dibawa pulang dan ada pula barang yang tidak boleh dibawa pulang. Ketahuilah barang yang tidak dan boleh dibawa pulang. Jika Anda kedapatan membawa pulang barang yang tidak boleh bisa jadi Anda akan dikenai denda atau dituduh mencuri oleh pihak hotel.

5. Jagalah Kebersihan Hotel

source: freepik.com

Meskipun Anda sudah membayar, Anda tetap tidak boleh membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempat sampah yang telah disediakan pihak hotel. Membuang sampah sembarangan juga akan mengganggu kenyamanan Anda saat menginap di hotel. Dengan membuang sampah pada tempat sampah, akan mempermudah pekerjaan para pembersih kamar. Membuang sampah pada tempatnya merupakan perilaku dari traveler yang bijak.

6. Jagalah Ketenangan

source: flickr.com

Selain kebersihan kamar, Anda juga harus menjaga ketenangan saat menginap di hotel. Jangan berisik atau malahan menghidupkan musik dengan suara yang keras. Bisa jadi Anda dilaporkan ke petugas hotel karena mengganggu kenyamanan tamu lain. Menjaga kenyamanan dan ketenangan adalah kewajiban semua tamu hotel.

7. Memberitahu Nomor Kamar

source: torange.biz

Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, jangan memberitahu mengenai informasi nomor kamar hotel Anda kepada orang yang tidak dikenal. Bisa saja ada orang yang berniat buruk kepada Anda. Untuk meminimalisir kejahatan Anda juga tidak boleh memberitahu nama hotel tempat Anda menginap.

8. Jangan Membuka Pintu Kamar Kepada Sembarang Orang

source: pxfuel.com

Jangan langsung membuka pintu ketika ada yang mengetuk pintu kamar hotel. Sebelum membuka pintu pastikan dulu siapa yang mengetuk pintu. Anda dapat melihat melalui jendela atau lubang yang disediakan di pintu kamar hotel.

Baca juga:  D’Praya, Hotel Nan Tenang di Tengah Sawah

9. Jika ingin Komplain, Lakukan Dengan Profesional

source: elitereaders.com

Jika ada hal yang dirasa tidak nyaman sehingga mengharuskan Anda untuk komplain, lakukanlah dengan profesional dan sopan. Lakukan komplain langsung kepada pihak hotel. Dengan komplain yang sopan, pihak hotel akan menanggapi komplain Anda dengan baik pula. Jangan melakukan komplain melalui media sosial karena Anda bisa saja dituduh mencemari nama baik hotel.

Meskipun ada ungkapan tamu adalah raja, bukan berarti Anda dapat berbuat seenaknya. Dengan 9 tips dan etika menginap di hotel tersebut semoga pengalaman traveling dan menginap di hotel Anda akan lebih nyaman, aman dan tentram.

Featured image: dzeeusa.com

Reply