Traveling Di Masa Pandemi? Ini 6 Aplikasi di Smartphone Yang Traveler Wajib Punya!

Selama pandemi, banyak masyarakat yang terpaksa menunda traveling untuk mencegah penularan Covid-19. Namun, bagaimana jika kamu harus traveling di masa pandemi?

Tahukah traveler, ada beberapa aplikasi di smartphone yang membuat traveling kamu jadi lebih aman? Selama ini tentu kamu sudah merasakan manfaat perkembangan teknologi yang sangat memudahkan saat traveling.

Jika harus traveling di tengah pandemi, apa saja yah aplikasi canggih yang traveler wajib punya? Berikut beberapa aplikasinya.

1. eHAC Indonesia

Aplikasi eHAC (foto: Kemenkes)

Salah satu aplikasi yang wajib kamu punya saat bepergian menggunakan pesawat atau kapal laut di masa pandemi adalah eHAC Indonesia. eHAC (Electronic Health Alert Card) atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan merupakan aplikasi yang diresmikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. eHAC memudahkan pendataan dan penelurusan (tracing) jika terjadi kasus positif COVID-19.

Kamu bisa mengunduh aplikasi eHAC di Playstore atau AppStore. Aplikasi ini pun mudah digunakan. Kamu hanya perlu melengkapi data diri dan mengisi riwayat kesehatan. Data kamu akan disimpan dalam bentuk QR code yang nantinya akan dipindai petugas bandara atau pelabuhan saat kamu tiba di kota tujuan.

2. PeduliLindungi

PeduliLindungi bisa diunduh melalui Playstore atau AppStore

Aplikasi lain yang bisa membuat traveling saat pandemi kamu lebih aman yaitu PeduliLindungi. Merupakan inisiasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), PeduliLindungi membantu Kemenkes dan Gugus Tugas dalam hal tracing penyebaran Covid-19. Aplikasi ini bisa diunduh bagi pengguna Android dan iOs.

PeduliLindungi menggunakan perangkat Bluetooth dan mengandalkan partisipasi pengguna. Jika pengguna pernah kontak dengan penderita Covid-19, baik PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan), diharapkan pengguna membagikan data lokasinya hingga bisa dilakukan tracing. Selain itu, kamu juga bisa tahu sedang berada di zona hijau, kuning, atau merah melalui aplikasi canggih ini.

Baca juga:  Cara Mengatasi Kehabisan Uang Ketika Traveling

3. Online Travel Agent (OTA)

foto: phocuswire.com

Tentu kamu sudah familier dan cukup sering menggunakan OTA seperti Traveloka, tiket.com, atau trip.com, bukan? Traveling saat pandemi bisa membuat khawatir, termasuk soal akomodasi. Nah, aplikasi OTA bisa membantu kamu memilih akomodasi yang sudah memenuhi standar kesehatan dan kebersihan. Aplikasi ini memberi fitur stiker untuk penginapan yang telah menerapkan protokol kesehatan. Seperti di Traveloka, kamu bisa pilih hotel yang bertanda Sanitized Stay

.

4. Aplikasi e-Health

Selama pandemi, masyarakat dihimbau menghindari berkunjung ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya untuk mencegah penularan Covid-19. Nah, dengan aplikasi e-Health atau konsultasi kesehatan seperti Halodoc, Alodokter, dan Klikdokter membantu masyarakat untuk berkonsultasi langsung dengan dokter bersertifikat.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan resep yang bisa dibeli di apotik dekat tempat tinggal. Kamu juga bisa memesan melalui aplikasi yang bisa diantar langsung ke tujuan yang diinginkan. Aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur, seperti mencari dokter terdekat jika kamu dalam keadaaan darurat.

5. Telepon darurat

foto: pinterest

Tentu kita mengharapkan traveling dengan aman dan nyaman, bukan? Untuk antisipasi, kamu bisa mengunduh aplikasi telepon darurat. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengirim sinyal bahaya kepada polisi secara cepat dengan satu klik jika berada pada kondisi berbahaya. Atau kamu bisa memanggil ambulance jika muncul sesuatu yang tidak diinginkan.

6. Pembayaran cashless

foto: unsplash

Agar bisa menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, aplikasi pembayaran secara cashless menjadi alternatif yang paling aman saat traveling di masa pandemi. Selain aman dari kehilangan dan dicuri, aplikasi seperti OVO, GoPay, LinkAja, dan DANA juga menghindari kamu melakukan kontak langsung dengan orang lain.

Itulah 6 Aplikasi canggih yang bisa traveler unduh melalui smartphone di Playstore atau AppStore. Aplikasi tersebut sebaiknya dimiliki traveler saat traveling di masa pandemi agar bisa traveling dengan lebih aman. Terus patuhi protokol kesehatan, yah traveler! Jangan bosan memakai masker, mencuci tangan, dan juga menjaga jarak. Safe travel! (ds3)

Reply