Menyusuri Keunikan Desa Wisata Pujon Kidul di Batu, Malang, Jawa Timur

Banyak sekali tempat wisata populer di Malang mulai dari Air Terjun Coban Rondo, Gunung Bromo, Jatim Park, Museum Angkot, Museum Topeng. Pasar Batu Apung dan lainnya. Semua selalu ramai oleh kunjungan pelancong karena keberadaannya memang sudah terkenal sejak dari dulu. Namun bagaimana dengan Desa Wisata Pujon Kidul?.

Destinasi ini meski masih baru akan tetapi langsung mengena di hati para penggemar kegiatan liburan. Suasana alam yang begitu asri, sejuk dan segar jadi alasan utama yang sering bikin wisatawan merasa suka datang ke desa wisata ini. Apalagi banyak sekali keunikan yang dapat pelancong temukan di setiap sudutnya.

Lokasi, Akses, Jam Buka dan Harga Tiket

Desa Pujon Kidul adalah desa wisata yang berlokasi di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Berada di sebuah dataran tinggi, aksesnya sangat mudah karena mempunyai beberapa jalur sebagai alternatif. Semua jalan menuju arah tersebut kondisinya sudah bagus dan beraspal, tidak akan menimbulkan kesulitan bagi pengguna kendaraan.

Desa Pujon Kidul buka tiap hari dari jam 08:00 WIB hingga 17:00 WIB untuk Senin hingga Jumat. Sedangkan Sabtu dan Minggu buka sampai pukul 21:00 WIB dan harga tiket masuknya tetap sama, Rp 20 ribu. Dengan harga tersebut setiap pengunjung akan mendapat voucher belanja senilai Rp 5 ribu.

Daya Tarik dan Kegiatan

Belanja buah apel. Foto : Koleksi pribadi

Mulai dari buah apel, alpukat, sayur mayur, makanan ringan dan lainnya dapat kalian beli dengan voucher tersebut. Namun tentu saja, belanja hanya menjadi salah satu aktivitas menarik yang dapat wisatawan lakukan di tempat ini. Ada banyak sekali kegiatan lain yang tidak kalah memikat untuk dinikmati.  

Baca juga:  Check Out Dari Hotel, Jauhi Kesalahan Ini

Untuk urusan makan wisatawan dijamin tidak akan kelaparan. Berbagai macam menu santapan selalu siap tersaji di puluhan cafe dan rumah makan. Mulai dari sajian khas daerah setempat hingga makanan nusantara dan aneka masakan kekinian semua tersaji lengkap.  

Hampir semua cafe dan rumah makan ini selalu mempunyai desain bangunan beserta tata ruang yang sangat istimewa. Cocok untuk mereka yang suka berfoto atau sekedar selfie bersama rombongan teman dan keluarga. Tampilannya benar-benar cantik dan instagramable.

Pintu masuk sebuah cafe. Foto : Koleksi pribadi

Wahana Permainan

Bukan itu saja, di Desa Pujon Kidul wisatawan juga bisa menjelajahi setiap area yang selalu mampu menciptakan suasana menyenangkan. Wahana permainannya tak kalah komplit, baik untuk anak-anak, orang dewasa hingga orang tua. Destinasi ini memang hadir untuk semua golongan usia.

Di desa wisata yang mulai dibuka untuk masyarakat umum sejak tahun 2016 ini pula pelancong bisa mempelajari dunia pertanian dan peternakan. Di sini terdapat tanaman buah, sayur dan herbal sebagai media pembelajaran. Mulai dari teknik penanaman dan panen dapat wisatawan timba ilmunya. Termasuk peternakan sapi dan kambing yang menghasilkan susu dan daging.

Area wahana permainan. Foto : Koleksi pribadi

Kemudian bagi yang senang bermain, terdapat puluhan wahana dan arena permainan untuk memberi keseruan dan kepuasan maksimal bagi semua pengunjung. Misalnya The Roudh 78, jeep tempur, out bond, berkuda dan masih banyak lagi. Sebagian dari permainan bisa kalian lakukan sambil mengelilingi area perkebunan.

Fantasy Land 4 D Cinema. Foto : Koleksi pribadi

Tidak cukup sampai di sini saja, Desa Wisata Pujon Kidul masih memiliki daya pikat lain yang dapat membuat wisatawan jadi semakin betah melakukan eksplorasi. Seperti Fantasy Land 4 D Cinema, berupa gedung bioskop mini dan jadi tempat pemutaran film berteknologi empat dimensi.

Baca juga:  Malam Mingguan di Imah Gede Abah Usep Suyatma
Pemukiman warga. Foto : Koleksi pribadi

Selain itu ada Kampung Budaya, yaitu area pemukiman asli warga lokal setempat. Di sinilah wisatawan mendapat kesempatan belajar mengolah susu hasil peternakan atau main gamelan, menari dan membuat batik atau topeng. Semua hasil karya ini boleh wisatawan bawa pulang ke rumah sebagai kenang-kenangan.

Bagi wisatawan luar daerah, tidak usah bingung memikirkan urusan akomodasi. Desa Pujon Kidul telah menyediakan sarana khusus untuk penginapan berupa guest house. Kamarnya terdiri dari tiga macam tipe dengan harga sekitar Rp 45 ribu hingga Rp 600 ribu per malam.  

Melakukan kegiatan liburan ke Desa Wisata Pujon Kidul tak hanya bisa menenangkan pikiran saja. Banyak sekali pengalaman unik dan baru yang tidak mungkin bisa kalian dapat di perkotaan, tapi sangat mudah dijumpai di objek wisata yang satu ini. Jadi saat berkunjung ke Malang, jangan lupa singgah ke sini.

Reply