Kebun Binatang Jambi, Spot Pilihan untuk Memperkenalkan Fauna Langka Pada Anak dan Keluarga

Jika traveler berkunjung ke Kota Jambi dan menanyakan, dimana bisa melihat kebun binatang? Jawabannya pasti cuma satu. Di Taman Rimba. Yap. Taman Rimba adalah satu satunya kebun bintang di Kota Jambi yang tidak pernah sepi pengunjung. Di taman ini pengunjung bukan hanya bisa melihat berbagai binatang tapi juga bisa sebagai arena bermain dan bersantai keluarga di akhir pekan. 
Nah, mau tahu keseruannya seperti apa. Yuk simak ulasan mengenai Taman Rimba berikut. 

Penggabungan Dua Konsep Wisata

Taman Rimba

Taman Rimba adalah objek wisata andalan bagi masyarakat yang hidup di Kota Jambi. Tempat ini memang tergolong menarik, karena menggabungkan dua konsep wisata, yaitu konsep wisata taman hiburan dan wisata kebun binatang. Perpaduan konsep ini nyatanya berhasil membuat pengunjungnya terus berdatangan. 

Anak kecil yang meberi makan pada binatang di lokasi

Di Taman Rimba selain bisa menikmati aneka ragam jenis hewan yang dilestarikan, para pengunjung juga bisa menghabiskan waktu dengan bermacam macam permainan yang telah disediakan oleh pengurus setempat. Bagi orang tua tempat ini bisa dijadikan area piknik sambil memantau aktivitas si buah hati. 

Belajar keanekaragaman binatang yang dilestarikan

Binatang buas yang bisa dikunjungi

Kondisi hutan yang terus tergerus serta keberadaan fauna yang makin langka menjadi kekhawatiran tersendiri terhadap ekosistem masa depan. Karena itulah hewan hewan yang memang benar benar dilindungi wajib untuk tetap dilestarikan

Keberadaan kebun binatang ini setidaknya bukan hanya untuk berwisata tapi juga wujud upaya pengenalan keanekaragaman fauna bagi masyarakat, terutama di usia dini. Harapannya, tentu saja menimbulkan rasa sayang dan cinta untuk terus menjaga  keberadaannya. 

Nah, di kebun binatang Taman Rimba, berbagai satwa yang dilindungi dapat dijumpai. Diantaranya adalah beruang hitam, gajah, buaya, ular, kura kura, orang utan, kuda poni, hingga harimau sumatera. Bahkan terdapat seekor Kangguru yang sengaja di datangkan untuk mengenalkan secara langung binatang unik ini. 
O ya, jika traveler seorang pecinta burung, di Taman Rimba juga mengoleksi aneka jenis burung. Diantaranya burung rangkong, burung pelikan laut, burung kasuari, burung rajawali, burung bangau, dan Burung Unta. Lebih menariknya lagi tempatnya cukup unik. Karena ditempatkan di dalam sebuah bangunan kaca yang berbentuk setengah lingkaran. Ini bisa disebut sebagai sangkar raksasa yang terbuat dari kaca. Keadaannya di desain sedemikian rupa tanpa menghilangkan kesan sebagai habitat aslinya. Sehingga mirip seperti hutan mini

Baca juga:  Pesona Rawa Bento yang Memukau

Bisa Wisata Budaya

Rumah ada

Rekreasi di taman rimba bahkan lebih dari refreshing. Tapi juga bisa menjadi arena wisata edukasi budaya. Yap, hampir mirip dengan taman mini yang ada di jakarta yang menampilkan bangunan khas daerah, di taman rimba juga tersedia miniatur bangunan rumah adat yang terdapat di setiap kabupaten. Biasanya bila sore hari daerah ini tidak sepi oleh pengunjung yang sekedar ingin berfoto atau bersantai. Oh ya, di wilayah sekitar juga terdapat area joging yang bisa digunakan leluasa. Bagaimana? Menarik bukan

Lokasi dan akses

instasave_sJI.
Hiasan berupa jalan penyeberangan di lokasi

Taman rimba berada di jalan sunaryo, kecamatan jambi selatan, kota jambi, provinsi jambi. Untuk menuju ke lokasi taman rimba teman traveler bisa menggunakan transportasi umum atau transportasi pribadi. Bila hendak menggunakan transportasi umum bisa menggunakan mobik angkot jurusan tehok dan sekitarnya yang berwarna merah. 
Taman rimba memiliki wilayah yang cukup luas. Hanya berjarak sekitar 500 meter dari bandara, tempat ini memiliki luas mencapai 18 hektar. Meski memiliki nama taman rimba, nyatanya tempat ini bukan hutan belantara loh. Tempat ini sudah bertahan cukup lama sejak didirikan di awal tahun 80an, dimana pada saat itu wisata bermain masih sangat minim dijumpai. 
Nah, itulah sekilas informasi mengenai taman rimba jambi. Bila tertarik silahkan menyiapkan waktu untuk rekreasi ke tempat ini. Dijamin tidak akan mengecewakan anda dan keluarga

Reply