Intip Yuks, Tempat Syuting Drama Korea Untuk Traveling Seru di Korea Selatan!

Tempat syuting drama Korea ini bisa kamu tambahkan ke daftar destinasi liburan lho!

Hayo, siapa nih diantara kamu sekalian yang gemar maraton serial drama Korea (drakor/K-Drama)? Selama pandemi ini sudah berapa film yang ditonton, baik K-Drama lama ataupun baru?

Nah, dari banyak K-Drama yang ada, pasti pernah memperhatikan lokasi yang jadi latar belakang film-film tersebut kan? Ternyata, ada beberapa lokasi syuting drama Korea yang bisa kamu kunjungi lho!

Memang, saat ini traveling ke berbagai destinasi domestik dan luar negeri masih terbatas. Namun, lokasi syuting tersebut bisa nih dimasukkan ke dalam itinerary untuk berlibur ke Korea Selatan nanti setelah pandemi berakhir.

Nah, kira-kira mana sajakah tempat yang bisa kamu datangi? Simak yuk!

Yongsan-gu, Seoul — Itaewon

K-Drama: Itaewon Class (2020)

The Finest Rooftop Bar (foto: JTBC)

Setelah tayang di Netflix international, Itaewon Class sukses mencuri hati penggemar K-Drama, termasuk beberapa lokasi syutingnya. Seperti judulnya, Itaewon adalah destinasi di Korea Selatan yang jadi tempat lokasi syuting Itaewon Class. Untuk ke Itaewon dari Seoul, kamu bisa naik subway line 6.

Jika traveling ke sini, jangan lewatkan untuk mampir ke Oriole yah! Rooftop café dengan pemandangan panorama area Haebangchon dan Itaewon ini asyik untuk kongkow sambil menikmati sore dan malam hari.

Atau mampir ke The Finest, rooftop bar dengan pemandangan ke Namsan Tower yang menyala indah di malam hari. Tempat ini muncul di episode ke-4, saat Saeroyi dan Yiseo minum bareng di bar ini setelah tidak sengaja ketemu waktu Yiseo dikejar-kejar cowok.

Nami Island

K-Drama: Winter Sonata (2002)

Keindahan Nami Island dalam empat musim (foto: https://livingnomads.com/)

Mungkin, Winter Sonata jadi salah satu K-Drama terpopuler sepanjang masa di Indonesia. Bahkan, serial drama ini disebut sebagai drama Korea yang pertama kali populer ke seluruh Asia.

Kebanyakan adegan di drama ini mengambil tempat di Nami Island. Untuk ke tempat ini, naiklah kapal ferry dari Gapyeong dengan jadwal operasi mulai pukul 7.30 hingga 21.45.

Baca juga:  Telaga Biru, Mutiara di Belantara Merangin

Pulau ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan berbeda disetiap musimnya. Saat musim semi, kamu bisa menyaksikan bunga sakura yang bermekaran. Memasuki musim panas, seluruh Nami Island dipenuhi dengan daun-daun berwarna hijau yang menyegarkan mata.

Bisa jadi, musim gugur terkesan sangat romantis dengan daun-daun yang berubah warna kekuningan dan kemerahan. Tentu saja, di musim dingin kamu bisa menikmati Nami Island yang diselimuti salju.

Tidak hanya bagi para penggemar K-Drama, Nami Island juga menjadi destinasi wajib bagi traveler yang berlibur ke Korea Selatan karena tempatnya yang sangat indah.

Jumunjin Beach

K-Drama: Goblin (2016)

Jumunjin Beach (sumber: tVn)

Tempat syuting drama Korea berikutnya yang wajib masuk dalam itinerary nih! Jumunjin Beach terletak di Gangwon, sekitar 2 jam perjalanan dari Seoul. Cocok untuk one-day trip, kamu bisa mencapai tempat ini dengan naik bus antar kota dari Dong Seoul Bus Teminal hingga Gangneung Intercity Bus Terminal. Setelahnya, lanjutkan perjalanan dengan bus no. 302 atau 315 untuk menuju Pantai Jumunjin.

Tiba di pantai yang terkenal dengan deburan ombaknya ini, kamu bisa membayangkan momen saat Ji Eun-tak (yang diperankan oleh Kim Go-eun) tak sengaja “memanggil” Kim Shin (yang diperankan oleh Gong Yoo).

Jangan lupa bawa syal merah favoritmu yah! Siapa tahu, kamu bisa bertemu dengan sang Goblin sendiri. Oh iya, kamu juga bisa sewa syal merah seperti di K-Drama Goblin seharga 1000 won atau sekitar Rp. 12.000.

Chungju-si — Tangeum Lake Rainbow Bridge

K-drama: Crash Landing On You (2019)

Rainbow Bridge di Chungji (sumber: tVn)

Nah, mungkin salah satu adegan saat Seo Dan akhirnya menyatakan cintanya ke Gu Seong Ju jadi favorit kamu di serial Crash Landing On You ini. Bahkan, Seo Dan mencium Gu Seong Ju di Rainbow Bridge di Chungji saat malam hari.

Kamu juga bisa menikmati keindahan jembatan dengan warna-warni lampunya mulai pukul 19.30 hingga 22.00. Kalau berkunjung ke sini siang hari, piknik atau kemping bersama teman-teman atau keluarga di sekitar danau bisa jadi pilihan.

Baca juga:  Menjajal Wisata Mangrove Munjang Bangka

Untuk bisa sampai ke jembatan ini, naiklah bus dari Dong Seoul Terminal ke Chungju Bus Terminal, dilanjutkan dengan naik bus No. 400 ke Central Tower Office. Setelahnya, jalan kaki sekitar 10 menit ke Tangeum Lake.

N Seoul Tower

K-Drama: Boys Over Flowers (2009) dan Princess Hours (2006)

N Seoul Tower di malam hari (foto: Getty Images/Mongkol Chuewong)

Dikenal juga dengan Namsan Tower (N-Tower) atau N Seoul Tower, bangunan ini terletak di Gunung Namsan di tengah kota Seoul. Namsan Tower tidak saja dikenal sebagai lokasi syuting, tapi juga merupakan salah satu destinasi wisata populer dan wajib di Korea Selatan bagi para traveler.

Di Namsan Tower ini juga terdapat Gembok Cinta atau Love Locks yang sangat populer tempat sepasang kekasih menaruh gembok. Dipercaya, pasangan yang ‘menggembok’ nama mereka di pagar besi di bawah Namsan Tower, cintanya akan abadi dan langgeng tak terpisahkan.

Bagi kamu penggemar Lee Min Ho, wajib coba cable car yang jadi tempat syuting Boys Over Flowers ini. Coba bayangkan saat Gu Jun-pyo (diperankan oleh Lee Min-ho) dan Geum Jan-di (diperankan oleh Ku Hye-sun) terjebak dalam cable car semalaman saat menuju N-Tower!

Sedangkan untuk drama Princess Hours mengambil lokasi syuting di Teddy Bear Museum. Di museum ini ada adegan saat Chae-gyeong jalan-jalan bersama nenek sang calon raja Lee Shin. Kalau ingin masuk ke Teddy Bear Museum, siapkan kocek sebesar 8000 won yah!

Cara paling mudah untuk mencapai kedua tempat ini bisa dengan menggunakan Seoul City Tour Bus yang berkeliling setiap 30 menit.

Bukchon Hanok Village

K-Drama: Personal Taste (2010)

Bukchon Hanok Village (foto: www.tripadvisor.com)

Bukchon Hanok Village sebenarnya adalah area residensial warga Seoul berupa komplek perumahan tradisional Korea yang disebut ‘Hanok’. Karena keunikannya, tempat ini menjadi destinasi wisata, tidak saja bagi para penggemar K-Drama, tapi juga traveler umum lainnya.

Baca juga:  Long Nawang, Perjalanan ke Tapal Batas Negara

Para penggemar K-Drama mungkin familiar dengan tempat yang jadi lokasi syuting drama populer Personal Taste yang dimainkan oleh Lee Min Ho dan Son Ye Jin. Area ini terletak di antara istana Gyeongbokgung, istana Changdeokgung, dan kuil Jongmy.

Kamu bisa naik subway menuju Anguk Station, keluar Exit 2, dan jalan kaki sekitar 5 hingga 10 menit untuk tiba di lokasi ini.

Rasakan pengalaman unik dengan menyusuri deretan rumah tradisional yang terawat ini. Tentu saja, selfie dengan latar belakang Bukchon Hanok Village tidak boleh ketinggalan! Sstt…harap tetap tenang yah selama berkunjung agar tidak mengganggu penduduk setempat!

Hantangang Sky Bridge

K-Drama: What’s Wrong with Secretary Kim? (2018)

Hantangang Sky Bridge di siang hari (foto: http://gokoreatravel.com/)

Apakah kamu salah satu penggemar drama romantis ini? Mungkin kamu ingat salah satu adegan ketika Lee Yoong-joon (yang diperankan oleh Park Seo-joon) dan Kim Mi-so (yang diperankan oleh Park Min-young) sedang berjalan di Hantangang Sky Bridge yang terkenal ini sambil saling bertukar cerita mengenai masa kecil mereka.

Berani memacu adrenalin? Sebagai penggemar film What’s Wrong with Secretary Kim? kamu wajib mencoba ke sky bridge dengan alas kaca sepanjang 200 m ini. Jika ingin feed IG keren, datanglah menjelang matahari terbenam. Kamu bisa menyaksikan pemandangan indah dan spektakuler Hantangang River dari atas tebing.

Untuk berkunjung ke sky bridge ini, kamu bisa naik bus dari Seoul ke Pocheon Intercity Bus Terminal, kemudian lanjut dengan naik taksi menuju Hantangang Sky Bridge, sekitar 36 menit.

Berburu tempat syuting drakor

Sebenarnya, masih banyak tempat syuting drama Korea lainnya yang bisa kamu kunjungi jika traveling ke Korea Selatan. Untuk sekarang, kamu bisa lanjut nonton drama favorit sambil order makanan Korea kesukaan kamu. Kira-kira, K-Drama apa yang sudah tidak sabar untuk kamu tonton saat ini? Atau, mau traveling dengan mencoba virtual tour unik dari rumah?

One Response

  1. Avatar Roelijana

Reply