Cara Menikmati Libur Tahun Baru Imlek

Tepat tanggal 25 Januari 2020 merupakan hari Imlek yang berarti hari libur nasional. Imlek merupakan tahun baru dalam kalender China. Pada tahun baru Imlek banyak sekali acara maupun kegiatan yang berhubungan dengan kebudayaan Tionghoa. Karena juga merupakan libur nasional, apakah Anda sudah merencanakan kegiatan? Nah berikut ini ada 6 kegiatan yang berhubungan dengan tahun baru Imlek.

1. Menonton Atraksi Barongsai

credit: pikrepo.com

Salah satu kegiatan yang sangat berhubungan dengan Imlek adalah Barongsai. Barongsai adalah tarian tradisional Tionghoa yang menggunakan kostum seperti singa. Biasanya tempat wisata atau pusat perbelanjaan sering menampilkan atraksi Barongsai pada perayaan Imlek. Gerakan yang lincah, melompat kesana kemari mampu memberikan hiburan tersendiri bagi penontonnya.

2. Bermain Kembang Api

credit: wikimedia.org

Perayaan tahun baru Imlek tak terlepas dari yang namanya kembang api. Konon katanya kembang api dapat mengusir roh jahat. Pertunjukan kembang api ini merupakan penutup dari perayaan yang disebut dengan Cap Go Meh. Bermain atau sekadar menyaksikan pertunjukan kembang api dapat Anda lakukan bersama teman atau keluarga.

3. Mengeksplor Kawasan Pecinaan

credit: piqsels.com

Yang namanya tahun baru China tentu saja daerah-daerah pecinaan atau kampung China akan ramai. Dengan mengunjungi dan mengeksplore kawasan pecinaan akan akan menambah wawasan Anda tentang tradisi dan kebudayaan Tionghoa. Daerah pecinaan ini sangat mudah ditemukan, karena hampir seluruh kota besar ada kawasan pecinaan atau kampung China.

4. Berburu Kuliner Imlek

credit: topflightfamily.com

Setiap kegiatan tentu tak terlepas dengan yang namanya berburu kuliner. Imlek merupakan waktu yang pas bagi Anda untuk berburu berbagai kuliner khas Imlek. Siu Mie, kue keranjang, dan Jiaozi merupakan makanan khas saat Imlek. Anda dapat berburu kuliner khas Imlek di daerah-daerah pecinaan.

Baca juga:  Soal Tahu, Kuningan Tak Kalah dengan Sumedang

5. Mengunjungi Klenteng

credit: pixabay.com

Klenteng adalah tempat peribadatan penganut kepercayaan tradisional Tionghoa. Meskipun begitu, Anda yang bukan etnis Tionghoa pun tetap boleh mengunjungi kelenteng saat Imlek. Yang terpenting tetap berlaku sopan dan jangan mengganggu mereka yang sedang beribadah. Di klenteng ini biasanya juga ada berbagai acara saat perayaan Imlek.

6. Menonton Pertunjukan Wayang Potehi

credit: pixabay.com

Selain menyaksikan pertunjukan Barongsai, Anda juga dapat menonton pertunjukan Wayang Potehi. Wayang Potehi adalah wayang khas yang berasal dari Tiongkok. Cerita yang diangkat dalam wayang ini biasanya legenda dari bangsa Tiongkok dan tentu saja juga mempunyai pesan moral.

Nah itulah 6 cara menikmati tahun baru Imlek yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu libur. Meskipun Anda bukan beretnis Tionghoa, Anda tetap dapat menikmati libur Imlek.

Featured image: parraparents.com

Reply