Berikut Cara Antisipasi Bahaya yang Wajib Kalian Ketahui Sebelum Menjajal Gunung Masurai

Dahulu mendaki gunung dianggap tabu oleh banyak kalangan. Selain bahaya yang dihadapi, juga banyak mistis yang berkembang di sana. Seiring perkembangan zaman, mendaki gunung mulai jadi trend. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya pendaki yang mulai bermunculan. Begitupun dengan media yang semakin gencar mempublish mengenai kegiatan alam bebas. Lalu apakah mendaki gunung atau kegiatan alam bebas sudah tidak berbahaya? 

Sekilas bila melihat jumlah peminatnya memang mendaki seolah terkesan sudah hal lumrah dan tidak seberbahaya dahulu. Padahal sejatinya alam bebas masih menyimpan kegarangan bagi pegiatnya

Gunung Masurai

Seperti halnya Gunung Masurai yang berada di kabupaten Merangin. Gunung yang terkenal dengan keasriannya ini masih sangat alami dengan alam yang liar. Banyak bahaya yang kerap mengancam pendaki saat mencoba menapakinya. Mulai dari cuaca, lebatnya vegetasi, medan yang berat hingga binatang buas. Kerana itulah bila berencana berkunjung ke sini pastikan untuk mempersiapkan semuanya terlebih dahulu. 

Nah, Sebagai bahan referensi berikut ulasan singkat yang wajib anda ketahui sebelum menjajal garangnya Gunung Masurai di Taman Nasional Kerinci Seblat. 

Hindari Membawa Konsumsi yang Berbau Menyengat

Hal yang paling populer dari hutan di Sumatera adalah keberadaan Harimau Sumatera yang masih kerap di jumpai berkeliaran. Binatang yang menjadi endemik Sumatera ini memang tidak bisa dipungkiri cukup membuat ciut nyali para pegiat alam saat berekativitas di alam bebas. 
Sebagai wilayah Taman Nasional Kerinci Sebelat, Gunung Masurai cukup terkenal sebagai area berdiamnya harimau. Beberapa kali pendaki atau masyarakat lokal berpapasan dengan Harimau Sumatera dijalur pendakian. 

Sebagai antisipasi akan bahaya yang muncul dari binatang langka ini, sebaiknya traveler mempertimbangkan dengan baik susunan menu yang akan di bawa atau digunakan saat pendakian. Hindari membawa konsumsi yang terlalu berbau amis. Begitupun saat ngecamp, usahakan tidak menggoreng atau memasak makanan yang terlalu berbau menyengat. Seperti halnya daging, ikan asin, ataupun sarden. Bau amis dan menyengat akan mengundang binatang buas untuk datang

Baca juga:  Pesona Alam nan Bersejarah Pulau Berhala

Jangan Lupa Membawa Pakaian Hangat dan Sleeping Bag

Vegetasi gunung masurai

Hypotermia adalah bahaya lain yang bisa saja membunuh para pendaki. Gunung Masurai termasuk salah satu gunung yang bisa membawa anda pada hal itu jika tidak tahan dingin atau tidak membawa perlengkapan seperti jaket atau Sleeping Bag

Danau kumbang

Spot di Gunung Masurai yang paling terkenal karena suhu dinginnya adalah camp Danau Kumbang, camp ini berada di pinggir danau kumbang sekaligus spot camp yang dirindukan oleh semua pendaki.

Bila hendak mendaki Gunung Masurai dan berencana menginap di Danau Kumbang pastikan membawa pakaian hangat seperti jaket, atau Sleeping Bag. Udara dingin dan kabut di camp ini bisa datang tiba tiba. Selain karena keberadaannya di lembah, juga karena terletak di bibir danau.

Jangan Melakukan Perjalanan Malam

Mungkin beberapa gunung kerap dilalui dengan jalan malam. Tapi terkhusus untuk Gunung Masurai, tidak di anjurkan untuk jalan pada malam hari. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya bahwa Gunung Masurai masih sangat perawan

Jalur pendakian gunung masurai

Berjalan pada malam hari adalah hal yang tidak dianjurkan. Selain karena vegetasi yang lebat dan sulit untuk menentukan jalan, juga menghindari binatang berbahaya yang biasa beraktivitas pada malam hari. 

Selain itu pada malam hari waktunya buat tubuh untuk beristirahat. Makanya biasanya pendaki yang sudah sering berkunjung ke Gunung Masurai dan memahami medan yang ada, akan menghentikan aktivitasnya pada pukul 16.50 wib untuk mendirikan camp dan mempersiapkan makan malam. 

Rencanakan Rute Pendakian

Rencanakan pendakian dan rute yang akan di lewati

Gunung masurai membutuhkan banyak energi ketika mendakinya. Medan yang dilaluipun cukup terjal dan menantang. Spot pemberhentian untuk sumber air juga tidak terlalu banyak. 

Nah, maka dari itu pastikan mencari tahu rute perjalanannya dan kondisi medan untuk membuat perencanaan. Perencanaan yang matang akan memastikan traveler bisa sampai di tujuan tepat pada waktunya. Jangan sampai diwaktu sore traveler tidak menemukan area peristirahatan dan mengharuskan traveler untuk menginap di jalan tanpa sumber air atau justru menuntut untuk jalan malam. Kenyamanan tempat peristirahatan adalah hal penting saat mendaki masurai untuk bisa segar esok harinya. 

Baca juga:  Yuk, Intip Konsep Alam ala Rumah Kito Resort

Hindari Berenang di Danau Kumbang Terlalu ke Tengah

Banyak mitos yang beredar di Danau Kumbang, Gunung Masurai. Bahkan menurut cerita rakyatnya di dalam danau ada makhluk lain yang bisa mengancam siapa saja yang berenang ke tengah. Kesan mistis Danau Kumbang sebenarnya sudah bisa dirasakan pendaki sejak pertama kali sampai

Hindari berenang terlalu jauh di danau kumbang

Air di Danau Kumbang juga sangat dingin, belum lagi dengan cuaca berkabutnya. Jadi tidak heran jika muncul anjuran tidak berenang hingga ke tengah danau. Tapi meski begitu teman traveler masih bisa untuk mandi dan berenang sebatas di pinggiran Danau Kumbang saja. Tapi jangan terkejut saat mencicipi dinginnya. 

Nah. Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari bahaya yang bisa mengancam pendaki Gunung Masurai. Jadilah pendaki yang bijak ya. 

Reply