Menu

Api Tak Kunjung Padam: Api Keabadian di Bumi Pamekasan, Madura

Sesuai dengan namanya Api Tak Kunjung Padam, wisata yang satu ini sangat berbeda dengan wisata-wisata pada umumnya dimana api dapat muncul seketika dari tanah yang dicunkil. Wisata Api Tak Kunjung Padam terletak di kabupaten Pamekasan, Madura. Lokasi tepatnya berada di Desa Tlanakan, Larangan Tokol, Pamekasan. Tempat wisata ini berada dekat dengan jalan utama kabupaten Pamekasan yaitu hanya berjarak sekitar 800 meter dari jalan utama. Api Tak Kunjung Padam merupakan wisata yang cukup unik, karena dapat dikatakan bahwa wisata ini merupakan satu-satunya wisata api alam yang hanya ada di Madura.

Untuk menikmati wisata Api Tak Kunjung Padam ini, wisatawan dapat menyalakan api dipermukaan tanah dengan menggali/mencungkil tanah yang telah dibatasi sebagai area yang dapat memunculkan api. Uniknya jika kita menggali/mencungkil tanah yang berada diluar batas area maka api tidak akan muncul. Api ini akan tetap menyala meskipun telah terjadi hujan sekalipun. Tidak ada biaya per kepala untuk menikmati wisata alam ini, hanya saja pengunjung harus membayar untuk memarkir kendaraannya di tempat yang disediakan.

Bisa Asyik Memanggang Jagung Sendiri

Bakar Jagung, Foto: Blogspot.com

Pada umumnya mayoritas wisatawan datang untuk menikmati wisata Api Tak Kunjung Padam sembari memanggang jagung. Banyak berdiri toko-toko kecil di sekitar area wisata yang menjual jagung untuk siap dibakar. Sensasi dalam upaya memunculkan api dari tanah menjadi keasyikan tersendiri. Saat satu lubang yang kita gali ternyata sulit memunculkan api, kita harus pandai-pandai dalam mencari titik api yang baik. Hal ini menjadi keseruan tersendiri saat berusaha memangang jagung menggunakan api ala mini.

Memasak Tanpa Kompor?

Memasak tanpa kompor. Foto: Blogspot.com

Selain itu, Api Tak Kunjung Padam juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk memasak kebutuhan makanan sehari-hari seperti menanak nasi, memasak air dan lain-lain. Hal ini sangat menguntungkan sebab masyarakat tidak perlu lagi menggunakan kompor untuk melakukan aktivitas memasak.

Baca juga:  Karimunjawa, Sepotong Surga di Jawa Tengah

Keindahan Api Mempesona di Malam Hari

Keindahan pesona Api Tak Kunjung Padam ini sangat jelas terlihat saat malam tiba. Warna api yang memerah di tengah kegelapan membuat suasana seperti lautan api yang tak kunjung surut. Saat malam hari spot untuk berfoto di tempat ini akan lebih indah. Ditambah lagi memang pada area tanah yang memancarkan api tidak diberi penerangan, sehingga penerangan murni muncul dari pancaran api yang berkobar.

Pernak Pernik Khas Madura

Selain menawarkan wisata api alam sebagai daya tarik utama tempat ini. Di sana juga berdiri banyak toko-toko yang menjual berbagai kerajinan khas Madura. Dengan begitu para wisatawan dapat membawa buah tangan sebagai oleh-oleh khas Madura. Disana wisatawan dapat berburu mulai dari baju, hiasan rumah, sampai gantungan dengan ciri khas Madura

Wisata Api Tak Kunjung Padam merupakan tempat wisata yang harus dilestarikan. Sebab wisata ini merupakan wisata yang sangat jarang ditemui. Alam telah memberi berkahnya melalui tempat ini, tinggal manusia yang bertugas untuk memanfaatkan dan sekaligus menjaganya.

Semua hal butuh keunikannya sendiri

Komentar kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Destinasi, Indonesia
Gili Labak : The Hidden Paradise Di Ujung Pulau Madura

Pulau Gili Labak terletak di kabupaten Sumenep Madura, Jawa Timur. Pulau ini sering di sanding-sandingkan dengan pulau Lombok yang memiliki...

Close