Ulu Kasok, Ukiran Alam Memukau di Bumi Lancang Kuning

Berbicara soal Bumi Lancang Kuning Riau, maka tidak akan lengkap rasanya jika tidak membicarakan Kabupaten Kampar. Ya, Kabupaten yang satu ini punya destinasi menarik yang wajib traveler kunjungi. Namanya adalah Ulu Kasok. Setiap hari tempat ini ramai pengunjung dari berbagai daerah. Terutama saat liburan akhir pekan atau libur sekolah. 

Nah, mau tahu apa saja yang menarik dari destinasi wisata yang satu ini? Berikut ulasan singkatnya.

Sajian Keindahan Ulu Kasok

Uku kasok

Sekilas Ulu Kasok menyajikan pemandangan mirip Raja Ampat. Terutama jika disaksikan dari puncak Ulu Kasok. Maka tidak heran tempat ini kerap dijuluki masyarakat sekitar sebagai Raja Ampat nya Riau. Meski bukan Raja Ampat sebenarnya namun pesona yang tersaji disini tetap bisa membuat traveler terkesima. 

Ulu Kasok menyajikan 3 destinasi wisata, yaitu pulau, air terjun, dan puncak Ulu Kasok. Bagi traveler yang hendak bersantai dan memanjakan mata dengan view pemandangan dari atas, Puncak Ulu Kasok adalah pilihan utama. Dari puncak Ulu Kasok wisatawan dapat melihat hamparan gugusan pulau yang terletak di sekitar bendungan pembangkit listrik tenaga air Kota Panjang. 

Berfoto di atas perahu sambil menikmati view dari atas

Sebelum menikmati puncak Ulu Kasok, traveler terlebih dahulu harus meguras sedikit energi. Perjalanan sampai di puncak harus dilalui dengan berjalan kaki sejauh 500 meter dari area parkir. Kondisi medannya adalah pendakian yang cukup menantang. Jadi sebelum mencobanya pastikan untuk mempersiapkan fisik dengan baik ya. 

Tempat menikmati gugusan pulau kecil di ulu kasok

Tidak hanya memandangi pulaunya dari puncak, traveler juga bisa langsung merasakan sensasi berada di pulau. Bila hendak mencoba mengelilingi pulau, datanglah sekitar 700 meter ke tepian danau. Dari sana traveler bisa menaiki speedboat. Soal harga, cukup membayar Rp. 15.000 maka sudah bisa menikmati pulau yang ada, seperti pulau Qeis, pulau Trend Camp, atau pulau Fada Englands.

Baca juga:  Senja di Bukit Tempurung, Negeri di atas Awan

Fasilitas dan Akomodasi

View di puncak ulu kasok

Ulu Kasok termasuk destinasi wisata yang terus berkembang hingga kini. Berbagai fasilitas penunjang mulai banyak dijumpai. Sebut saja rumah pohon dan pondok pondok yang menjadi primadona para pengunjung

Spot foto di ulu kasok

O ya, buat traveler yang tertarik untuk menikmati pulau, di sini juga bisa. Hanya perlu membayar biaya kebersihan pulau senilai Rp. 10.000 per orang. Soal penginapan, traveler bisa menyewa tenda yang tersedia. Tenda maksimal 10 orang pun tersedia dengan biaya penyewaan sekitar Rp.100.000. Itu sudah lengkap dengan tikar dan lampu badainya. Bila tidak tertarik untuk berpetualang sendiri traveler bisa mengikuti paket perjalanan yang biasanya banyak tersedia. 

Banyak hal yang bisa di lakukan di sini, mulai dari memancing, bermain speedboat, hingga bersamapan sambil berfoto ria. Di jamin membuat traveler tetap bahagia

Akses Menuju Ulu Kasok

Spot duduk bersantai sambil menikmati suasana sore

Buat traveler yang tertarik untuk berlibur ke Ulu Kasok, dapat menggunakan transportasi umum maupun pribadi. Bila datang dari luar pulau Sumatera dapat menggunakan pesawat menuju Kota Pekan Baru. Dari Pekan Baru traveler harus menempuh jarak sejauh 90 km.
Jika dari Bengkinang jarak tempuh 15 km hingga ke lokasi. Secara administrasi Ulu Kasok berada di pinggir jalan Sumbar-Riau. Jadi tidak terlalu sulit untuk menemukan tempat ini. 

Reply