Tips Agar Baterai Ponsel Tidak Cepat Habis Saat Traveling

Zaman sekarang ini tidak bisa dipungkiri jika ponsel sangat dibutuhkan untuk menunjang perjalanan. Saat traveling ponsel sangat dibutuhkan untuk komunikasi jarak jauh, melihat maps, booking hotel atau tiket, atau sebagai sarana hiburan jika sedang bosan diperjalanan. Sayangnya baterai ponsel tidak dapat bertahan lama jika sedang melakukan perjalanan panjang yang membutuhkan waktu yang lama. Agar daya baterai ponsel tidak cepat habis saat traveling, lakukan 8 tips agar baterai ponsel tidak cepat habis berikut ini

1. Isi Penuh Baterai Ponsel

credit: verizon.com

Sebelum melakukan perjalanan, biasakan selalu mengisi baterai ponsel hingga penuh. Mengisi penuh baterai sebelum perjalanan adalah langkah efektif yang paling sering diterapakan traveler. Dengan daya baterai yang penuh tentu saja baterai tidak cepat habis.

2. Aktifkan Mode Hemat Daya

credit: 9to5google.com

Setiap ponsel pintar sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur hemat daya. Mode hemat daya ini bekerja agar ponsel membatasi aplikasi sistem dan membekukan aplikasi-aplikasi pada latar belakang. Dengan mengaktifkan mode hemat daya ini maka baterai ponsel tidak akan cepat habis.

3. Aktifkan Mode Pesawat

credit: whatech.com

Meskipun ponsel tidak digunakan, baterai ponsel akan tetap terkuras adalah karena ponsel selalu mencari sinyal atau jaringan. Untuk mencegah hal ini adalah dengan mengaktifkan mode pesawat pada ponsel jika Anda sedang tidak membutuhkan jaringan. Dengan aktifnya mode pesawat maka ponsel tidak akan mencari jaringan dan baterai ponsel tidak akan cepat terkuras. Anda dapat mematikan kembali mode pesawat jika Anda membutuhkan jaringan.

4. Download Apa Yang Diperlukan Sebelum Berangkat

credit: piqsels.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ponsel mempunyai banyak peran saat sedang traveling. Anda mungkin membutuhkan aplikasi booking hotel atau pesawat. Mungkin Anda juga membutuhkan film, musik atau game untuk menghilangkan rasa bosan saat dalam transportasi

. Jadi sebelum melakukan perjalanan download terlebih dahulu apa saja yang mungkin Anda butuhkan saat traveling.

Baca juga:  Cara Traveling Nyaman di Saat Musimnya Penyebaran Virus

5. Matikan GPS, Bluetooth, Hotspot dan Wifi

credit: technobezz.com

Selain karena ponsel selalu mencari jaringan, penyebab lain yang membuat baterai ponsel terkuras adalah karena aktifnya beberapa fitur pada ponsel. Fitur-fitur seperti GPS, bluetooth, hotspot maupun wifi jika aktif maka akan menguras baterai juga. Jika sedang tidak diperlukan matikan saja fitur-fitur tersebut dan hidupkan jika Anda membutuhkannya

6. Manfaatkan Kesempatan Untuk Isi Baterai

credit: techcrunch.com

Setiap kali ada kesempatan untuk mengisi baterai, manfaatkanlah kesempatan tersebut. Seperti saat sedang menunggu kereta, Anda dapat mengisi baterai ponsel di tempat colokan yang disediakan stasiun. Beberapa tempat umum seperti stasiun, bandara, terminal atau tempat wisata biasanya menyediakan fasilitas ini. Dengan demikian Anda dapat menambah daya baterai ponsel.

7. Redupkan Cahaya Ponsel

credit: stanislavkubin.cz

Cahaya ponsel yang terlalu terang juga akan membuat baterai cepat habis. Aturlah cahaya ponsel seminimal mungkin tapi tetap nyaman saat Anda melihat layar. Semakin rendah cahaya ponsel maka daya yang dibutuhkan akan semakin kecil pula begitu pula sebaliknya.

8. Bawa Powerbank

credit: chakualzhao.com

Anda juga dapat menggunakan powerbank untuk mengisi baterai. Powerbank sangat membantu untuk mengisi baterai jika Anda tidak menemukan tempat untuk mengisi baterai. Jangan lupa juga mengisi penuh daya powerbank sebelum melakukan perjalanan.

Itulah 8 tips agar baterai ponsel tidak cepat habis saat traveling. Dengan melakukan tips dan trik di atas Anda tidak akan pusing memikirkan baterai ponsel.

Reply