Tempat Terbaik di Dunia untuk Menikmati Masa Pensiun

Jika usia kita beranjak senja, kira-kira di manakah kalian ingin menghabiskan masa pensiun? Sebagian besar orang Indonesia seperti saya tentu menginginkan tinggal di kampung halaman, menghabiskan waktu bersama anak cucu dan orang-orang terdekat. Namun jika kalian bisa memilih negara lain untuk menikmati hari tua, kira-kira negara mana yang akan kalian pilih?

Dari daftar The 21 Best Places to Retire in the World yang dilansir The Business Insider, hampir semuanya adalah negara-negara Eropa, dengan Swiss menduduki peringkat pertama. Sementara itu negara Asia yang berhasil masuk peringkat ini hanyalah Jepang, Korea Selatan dan Qatar.

Peringkat disusun dengan memperhatikan kemampuan sebuah negara dalam melayani kebutuhan para pensiunan berdasarkan beberapa kategori kunci. Di antara kategori penilaian tersebut adalah kadar polusi udara, tingkat kriminalitas, kualitas pelayanan kesehatan, tingkat harapan hidup, tingkat kesejahteraan secara materi serta kekuatan finansial negara tersebut.

Berikut adalah daftar 5 besar peringkatnya:

5. Belanda

Belanda

Dok. Pribadi

Belanda rupanya diminati karena pelayanan kesehatannya termasuk yang terbaik serta adanya peningkatan di bidang keuangan. Negara kincir angin ini bahkan mengalahkan Jerman serta beberapa negara Skandinavia seperti Denmark dan Swedia.

4. Islandia

Iceland

Iceland (Credit: 1lifeonearth @Youtube)

Ini merupakan kali pertama bagi Islandia untuk masuk ke peringkat 10 besar, sebelumnya masuk peringkat 11 pada 2014 dan peringkat 23 pada 2013. Peningkatan ini berkat adanya usaha untuk menstabilkan utang negara dan perbaikan di sistem perbankan mereka.

3. Australia

Sydnes, Australia

Sydnes, Australia (Credit: Jason James, sidneiensis – Flickr)

Australia menjadi satu-satunya negara non-Eropa yang masuk 5 besar dalam peringkat ini. Pertumbuhan ekonomi yang baik, rendahnya tingkat utang dan inflasi menjadi penyebab tingginya ranking Australia di bidang keuangan.

Baca juga:  Lihat Keukenhof Penuh dengan Bunga

2. Norwegia

Norway

Etne, Norway (Credit: Pål Alvsaker – Flickr)

Norwegia menduduki peringkat kedua dalam dua tahun berturut-turut. Hal ini dikarenakan kualitas hidup yang tinggi serta jaminan pelayanan kesehatan yang baik.

1. Swiss

Gimmelwald, Swiss

Gimmelwald, Swiss (Dok. Pribadi)

Peringkat pertama dua tahun berturut-turut masih dipegang oleh Swiss. Negara ini memiliki nilai yang konsisten untuk semua kategori penilaian. Kualitas hidup di negara yang terkenal dengan pegunungan Alpen ini pun dinilai sangat tinggi.

Jadi bagaimana, sudah menentukan pilihan?

Reply