Apa saja sih Isi Tanzaku, Kertas Harapan di Gelar Jepang UI

Tanzaku (Credit: xanday – Flickr)[/caption]
Tanzaku adalah secarik kertas warna-warni berisi harapan atau cita-cita seseorang yang ditulis tangan kemudian diikat dan digantung di ranting batang bambu pada perayaan festival Tanabata setiap musim panas di Jepang.

Tanabata Wish Tree

Pohon Harapan


Tanabata sendiri merupakan festival yang dirayakan secara besaran-besaran setiap bulan Juli atau Agustus. Perayaan ini tidak hanya di Jepang tapi juga di Korea dan China, tentunya dengan sebutan yang berbeda. Adapun latar belakang dari Tanabata adalah kisah legenda Hikoboshi dan Orihime, pasangan suami istri yang dipisahkan oleh Raja Langit karena mulai malas-malasan setelah menikah.

Pasangan ini hanya diizinkan bertemu setahun sekali yaitu pada malam hari ke-7 bulan ke-7, pertemuan inilah yang dirayakan sebagai Tanabata.

tanzaku tanabata
Lalu apa saja yang bisa kita tulis di kertas harapan Tanzaku? Ya terserah yang menulis tentunya, dari mulai urusan sekolah, karir, percintaan atau sekedar hobi.

Kalau satu permintaan tidak cukup, kamu juga bisa membuat daftar panjang seperti belanjaan, tenang, tidak ada peraturan cuma boleh 3 permintaan di sini. Tapi tidak ada jaminan juga semua harapanmu akan dikabulkan. Mungkin dari tradisi inilah istilah menggantung harapan

mulai dikenal.

Yuk, kita intipin beberapa Tanzaku dalam bahasa Indonesia yang ditulis orang-orang pada festival kebudayaan Gelar Jepang UI dari 2008 sampai 2011. Mungkin beberapa harapan yang ditulis di sini sudah ada yang terkabul, entahlah.

tanzaku harapan

Semoga hubungan kita tetap langgeng.. Ana

tanzaku harapan gelar jepang

Hope Licht will be with “R” forever – リヒト

Pengen dapat IPK 4

Pengen dapat IPK 4

Pengen menang kuis nonton konser Laruku

Pengen menang kuis nonton konser Laruku

Pengen kuliah, kerja & punya rumah di Jepang, dll

Pengen kuliah, kerja & punya rumah di Jepang

Beberapa tahun lalu saya pernah juga ikut-ikutan menuliskan harapan di Tanzaku, waktu itu saya tulis 「日本に行きたい」yang artinya “pengen ke Jepang”. Yah bahkan dengan tulisan Jepang pun tidak menjamin harapan kamu akan dikabulkan, sampai tulisan ini dipublikasikan saya belum pernah menginjakkan kaki di sana… #curcol

Baca juga:  Untuk Para Traveler, Ini Gejala Infeksi Corona dari Hari ke Hari yang Harus Dikenali

Kalau kamu, iya kamu, kira-kira apa yang akan kamu tulis di tanzaku?

Reply