Eco Park, Spot Wisata di Sungai Liat yang Mencuri Perhatian

Bangka Belitung benar benar menjelma menjadi primadona destinasi wisata di Indonesia. Bukan lagi hanya soal pantai dengan pasir putih dan bongkahan batunya, atau laut biru dengan aneka keindahan karangnya, tapi sudab banyak destinasi wisata berbeda yang di tawarkan. 
Salah satu yang cukup mencuri perhatian adalah Eco Park Sungailiat yang terletak di air Ruai, Pemali, Sungailiat kabupaten Bangka. Tempat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara karena kunikannya. 
Nah, penasaran seperti apa? Yuk simak ulasannya.

Berada di Balik Bukit

Spot Foto dengan Background Perbukitan/instagram Ecoparksungailiat

Eco Park Sungai Liat berada tepat di kaki bukit. Jadi tidak heran jika tempat ini masih terasa sangat identik dengan wilayah hutan dan perbukitan. Suasana asri pun masih sangat kental terasa. 

Saat menginjakkan kaki di tempat ini kamu akan selalu dibuat bahagia. Apalagi ditemani keluarga. Yap, dengan melihat tamannya yang adem, jajajaran pepohonan besar diperbukitan, aneka bunga dan tanaman hijau, serta setting areanya yang menarik, hasrat kamu untuk melihat sisi lain dari daerah yang identik dengan pantai ini akan sangat bisa terpenuhi.

Bekas Lahan Tambang Timah

Ayunan yang berada di pinggir kolam bekas tambang/instagram ecoparksungailiat

Di area ini terdapat kolam seperti kubangan  yang diisi air yang jernih dan dihiasi aneka bunga di bagian atasnya. Bagian ini cukup mencuri perhatian karena tata letaknya yang rapi dan terkonsep. Oh ya, menariknya lagi tempat yang menyuguhkan panorama indah ini rupanya berawal dari kubangan kosong hasil penambangan timah. Kreativitas pengelolah lah yang menulap tempat ini menjadi seperti sekarang. 

Wahana Edukasi Alam

Area perkebunan yang disulap jadi spot menarik/instagram ecoparksungailiat

Buat orang tua, Eco Park adalah tempat yang sangat pas buat membawa anak anak mereka rekreasi. Tempat ini tidak hanya menarik dipandang mata, tapi juga tempat edukasi buat anak anak untuk mengenal alam dan peduli terhadap lingkungan.

Baca juga:  Melancong ke Pekalongan, Jangan Lupa Singgah ke Pasar Setono

Di sekitaran Eco Park terdapat area perkebunan sayur sayuran. Di sana pengunjung bisa melihat proses penanaman sayuran. Bahkan buat sayuran yang siap panen kamu bisa membelinya. Prose membeli sayuran disini cukup unik karena pembeli dapat memilih dan memanen sendiri jenis sayuran yang hendak dia beli. Jadi di jamin masih segar buat di konsumsi. 

Bagaimana? Menarik bukan. Jadi para ibu dapat membeli sayuran segar buat kebutuhan di rumah sambil mengajarkan anak mereka lebih dekat dengan alam dan lingkungan. Ya, satunya melalui pengalaman bercocok tanam. 

Fasilitas dan Lokasi yang Instagramable

Spot Foto instagramable/instagram ecoparksungailiat

Tidak hanya rekreasi dan agrowisata, kamu juga bisa berswafoto di sini. Yap, pengelolah memang menyediakan banyak spot spot menarik yang bisa digunakan untuk berfoto buat muda mudi. Berlatar pemandangan yang cantik nan menawan, kamu yang gemar fotografi dijamin tergoda untuk memotret

Di dalam kawasan Eco Park terdapat beberapa kolam ikam, dan ayunan kayu yang bisa digunakan buat bersantai dan melepas lelah. Ada juga spot foto berbayar dengan aneka bentuk. Mulai dari ayunan bentuk sangkar burung, ayunan sayap burung, hingga ayunan yang berbentuk hati. Itu dibandrol dengan harga Rp. 15.000/orang untuk 3 spot foto.

Setelah puas keliling dan berfoto kamu bisa mengunjung fasilitas lain yaitu rumah makan. Pengelolah menyediakan rumah makan yang cukup luas dengan varian menu. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Ada juga beberapa menu khas pulau Bangka lho

Akses Menuju Lokasi

Pesona jalan di ecopark sungai liat/instagram ecoparksungailiat

Lokasi Eco Park sangat mudah di jangkau. Hanya sekitar 45 menit waktu tempuh berkendara dari kota Pangkal Pinang, kamu sudah bisa sampai di lokasi. Dilokasi kamu bisa langsung memarkir kendaraan di tempat yang tersedia. 

Baca juga:  Mengungkap Eksotisme Pantai Indah Tanjung Lesung

Sebelum memasuki kawasan terlebih dahulu harus membeli tiket masuk seharga Rp. Rp.10.000/orang dewasa. Sementara itu untuk anak di bawah 12 tahun tidak di kenakan tarif masuk. Uniknya tiket yang diperoleh bisa ditukarkan dengan minuman. 

Nah, itulah hal menarik dari Eco Park di Sungailiat. Jadi tunggu apa lagi, selain menikmati pantai di provinsi Bangka Belitung, wisata berbeda ini juga wajib kamu coba. 

Reply