Menu

Cuna Syushi… janai!!

California Roll(Tuna sushi maksudnya, hehe) Ceritanya makan siang tadi diundang sama rekanan bisnis kantor di salah satu kafe hotel sekitar Senayan.

Nah di sebuah stand-nya ternyata ada sushi-sushi-an. Penasaran dong, secara pengalaman makan sushi yang pertama begitu memuakkan. Klo gak salah dulu di sebuah restoran semua dapat kau makan (all you can eat, tabehoudai) gitu pas buka puasa, jenis sushi nya klo gak salah California Roll, aseli bikin mau muntah, asem-asem sama asin gak jelas.

Nah yang sekarang kelihatannya menarik tampilannya, terus gak terlalu gede lagi. Karena takut mual lagi, saya ambil dikit aja, cuman 3 biji, kayak gini nih rupa dan bentuknya (gambar dari internet).
nigirizushi
Kalau baca-baca di wiki sih, 3 sushi diatas masuk ke dalam Nigiri-Sushi, merupakan bentuk sushi yang paling umum, nasi dengan racikan khusus (pake cuka) dibentuk pake tangan kemudian diatasnya ditaro irisan daging ikan mentah.

Dari kiri ke kanan adalah Salmon, Ebi sama Kani (Crab/Kepiting). Lah trus mana cuna syushi-nya? Iya saya gak tau kayak gimana rupa ikan tuna mentah itu, taunya pas udah digoreng aja di kantin ^^.
Ketiga sushi diatas juga berhasil di-identifikasi setelah googling. Kalo yg ebi keliatan jelas sih. Kalau yang tuna ternyata dagingnya agak merah, tadi ada sih cuman sy khawatir itu daging apaan jadi gak diambil.

Mulailah saya coba satu persatu, dengan sedikit celup ke dalam shoyu, dan olesan wasabi…nyam. Diicip-icip, ehm..emang gak cocok kali ya lidahnya ^^, blom kerasa tuh yang namanya nikmat makan sushi. Mungkin caranya masih salah?. Kalau menurut wikibooks ini, katanya celup ke shoyu-nya pas bagian ikan mentahnya, jangan nasinya. Jadi dikit aja. Lah waktu itu saya celup ke nasinya, emang dikit sih, tapi kan langsung menyerap. Jadinya agak asin-asin asem gimana gituh.

Baca juga:  Warung Lalapan Nabil : Lalapan Murah Cocok Untuk Mahasiswa

Rasanya masih bisa ditolerir sih, gak bikin mual, gak kayak california roll dulu. Yang jelas, rasa ikan mentahnya sama sekali gak kerasa, cuman kerasa teksturnya aja kenyal-kenyal. Yang gak nahan justru nasinya yang pake cuka itu. Mungkin nanti harus nyoba sashimi kali ya ^^.
Ada yang mau ngajakin nyoba sushi lagi?

Komentar kamu

One Response
  1. Avatar jube Balas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kuliner
Wisata Kuliner di Pontianak

Kamis - Sabtu kemarin (9-11 Nop) saya jalan-jalan ke Pontianak, mengunjungi kantor cabang. Sebenernya ada tugas kantor, tapi itu urusan...

Close