6 Fakta Unik St. Petersburg yang Mungkin Tak Banyak Diketahui Wisatawan

Mau tahu apa saja fakta unik St. Petersburg? Cek infonya di sini!

Buat traveler sekaligus penggemar sepak bola tentunya tahu kalau sekarang masih berlangsung laga Euro 2020. Gelaran perebutan Piala Eropa 2020 yang seharusnya dilaksanakan pada 2020 harus ditunda karena pandemi.

Padahal, pelaksanaan Euro 2020 seharusnya menjadi penanda pesta ke-60 tahun Kejuaraan Eropa. Walaupun, akhirnya pelaksana Euro 2020 bisa menggelar hajatan ini pada 2021. Selain itu, ada yang unik dalam penyelenggaraan Piala Eropa 2020. Turnamen ini menggelar pertandingan di sebelas kota Benua Biru, salah satunya St. Petersburg.

SANKT Petersburg atau St. Petersburg adalah kota terbesar kedua di Rusia dan merupakan salah satu warisan dunia UNESCO. Kota seluas 1.439 km² ini punya banyak fakta menarik yang mungkin jarang orang mengetahuinya lho.

Simak yuk, apa saja fakta unik St. Petersburg.

1. Dulunya merupakan wilayah rawa-rawa

Aerial view Kota St. Petersburg modern (foto: foto: pixabay.com/tama66)

Traveler yang berkunjung ke St. Petersburg modern mungkin tak akan menyangka kalau dulunya kota ini adalah daerah berupa rawa. Tsar Peter Agung (Peter I) adalah sosok yang membangun kota St. Petersburg pada 1703 silam.

Ia ingin menghubungkan Rusia ke seluruh Eropa melalui jalur laut. Peter I kemudian mulai mengubah dan mendirikan St. Petersburg dari nol. Kini, St. Petersburg menjadi salah satu kota terindah di dunia dengan bangunan megah dan gemerlap lampu di malam hari.

2. Berganti nama beberapa kali

Leningrad di tahun 1970-an (foto: Igor Kravchenko/russiainphoto.ru)

Kota ini menyandang nama St. Petersburg sejak berdiri pada 1703 hingga 1712. Kota yang pernah menjadi ibu kota ini juga sempat beberapa kali berganti nama. Setelah Perang Dunia I, St. Petersburg berganti nama menjadi Petrogard pada 1914. Nama ini bertahan hingga 1924.

Baca juga:  Boekit Tinggi Daramista : Wisata Alam Baru Di Pulau Madura

Kemudian pecah revolusi di Rusia pada 1924 dan kota ini berganti nama menjadi Leningrad. Nama ini untuk  menghormati Vladimir Lenin, revolusioner komunis. Pada 1991, nama kota kembali ke awal menjadi St. Petersburg.

3. Punya stasiun kereta bawah tanah terdalam di dunia

Stasiun kereta api bawah tanah (metro) St. Petersburg yang megah (foto: bienvenidospb)

St. Petersburg memiliki geologi kota yang unik yang membuat kereta bawah tanah di St. Petersburg merupakan salah satu yang terdalam di dunia. Selain punya sistem kereta bawah tanah terdalam, stasin di St. Petersburg juga sangat megah.

Dengan langit-langit tinggi berhias marmer, lampu gantung, dan karya seni yang terlihat mengagumkan. Admiralteyskaya adalah stasiun terdalam dalam sistem kereta bawah tanah St. Petersburg dan stasiun terdalam kedua di dunia. Stasiun ini terletak di kedalaman 86 meter di bawah tanah dan memiliki eskalator terpanjang di dunia, lebih dari 130 meter.

4. Punya ribuan pasukan kucing saat PD II

Monumen kucing Vasilisa dan Yelisey di St. Petersburg (foto: Dmitry Djouce/flickr.com; Visit Petersburg)

Ini dia salah satu faktu unik St. Petersburg yang menarik. Saat Perang Dunia (PD) II,  negara merekrut dan mempekerjakan 5,000 kucing. Bukan untuk turun ke medan perang, tapi pasukan kucing bertugas mengusir tikus dari kota yang jadi salah satu situs warisan dunia UNESCO ini.

Pada saat itu, banyak tikus-tikus yang berkeliaran dan masuk ke toko makanan yang ada di kota. Tikus-tikus ini memakan makanan di toko sehingga menularkan penyakit ke penduduk setempat yang mengkonsumsi makanan tersebut. Ribuan kucing tersebut disebar di seluruh penjuru kota untuk memburu tikus-tikus itu.

5. Pilar Alexander Column tidak memiliki pondasi

Alexander Column di tengah Palace Square (foto: foto: flickr/Dale Taylor)

Wisatawan yang berkunjung ke Kota St. Petersburg biasanya tidak akan melewatkan untuk datang ke Palace Square atau Dvortsovaya Ploshchad dalam bahasa Rusia. Di sini terdapat Alexander Column (Alexandrian Column) yang berada di tengah-tengah Palace Square.

Baca juga:  Menjajal Canggihnya Teknologi MRT Jakarta

Uniknya, Alexander membangun pilar raksasa setinggi 48 meter ini tanpa pondasi. Meskipun begitu, Alexander Column sudah berdiri kokoh selama 185 tahun. Warga St. Petersburg sangat menghindari monumen ini pada masa awal pendiriannya.

Mereka tidak mau berada di dekat pilar tersebut karena takut tertimpa tiang yang dianggap bisa roboh kapan saja. Auguste de Montferrand, sang pencipta pilar, sampai harus berjalan-jalan di bawah tiang tersebut setiap hari untuk menunjukkan kalau monumen tersebut aman kala itu.

6. Punya monumen aneh yang sudah tujuh kali dicuri

Patung burung Chizhik-Pyzhik (foto: atlasobscura)

Beberapa kota di dunia ada yang mempunyai patung keberuntungan atau patung harapan. Biasanya tempat ini menjadi spot favorit wisatawan karena dipercaya bisa memberikan keajaiban. Banyak yang percaya kalau patung tersebut dapat mengabulkan permintaan jika seseorang melempar koin ke arah patung.

Nah, St. Petersburg juga punya patung sejenis yang berada di tanggul batu Fontanka. Di sini terdapat sebuah patung berbentuk burung kecil yang dikenal sebagai Chizhik-Pyzhik. Patung tersebut dipercaya bisa membuat impian dan harapan seseorang yang melemparkan koin ke arah patung menjadi kenyataan.

Lucunya, banyak tangan-tangan jahil yang ingin impiannya terkabul nekat mencuri patung tersebut. Bahkan, Chizhik-Pyzhik sudah sampai tujuh kali dicuri! Untungnya, patung tersebut selalu kembali ke tempatnya. Jadi penasaran kan, traveler untuk melihat langsung?

Fakta unik tentang St. Petersburg yang menarik

Itu tadi enam fakta unik St. Petersburg, salah satu kota terindah di dunia. Wisatawan yang berkunjung ke kota ini akan jatuh cinta dengan pesona kota yang beragam. Jika pandemi telah berakhir, kira-kira mau tidak memasukkan Sankt Petersburg ke dalam bucket list kamu, traveler? (ds3)

Reply