Pernik

Tips Agar Kaki Tidak Pegal Saat Traveling

Saat traveling pastinya Anda akan lebih sering berjalan kaki daripada saat tidak traveling. Sehingga seringkali membuat kaki akan terasa pegal, kram atau nyeri otot. Untuk mencegah terjadinya kaki pegal saat traveling Anda dapat mengikuti tips agar kaki tidak pegal saat traveling berikut

1. Gunakan Alas Kaki Yang Nyaman

credit: peakpx.com

Saat memutuskan untuk berjalan kaki, gunakanlah alas kaki yang nyaman di kaki Anda dalam waktu yang lama. Jangan hanya mementingkan penampilan dengan menggunakan sepatu yang modis tapi tidak nyaman di kaki Anda. Boleh saja menggunakan sepatu yang modis asalkan kaki Anda nyaman atau digunakan untuk perjalanan yang tidak terlalu jauh.

2. Gunakan Celana Yang Longgar

credit: peakpx.com

Selain menggunakan alas kaki yang nyaman, Anda juga harus memperhatikan celana yang Anda pakai. Jangan menggunakan celana yang terlalu ketat hingga menekan kaki. Menggunakan celana yang ketat akan mengganggu sirkulasi darah pada bagian kaki sehingga kaki menjadi keram. Gunakanlah celana yang longgar seperti celana cargo.

3. Istirahat Sejenak

credit: needpix.com

Jangan memaksakan diri dengan terus berjalan jika sudah capek maka beristirahatlah. Jika terus memaksakan berjalan, maka siap-siaplah kaki akan pegal dan keram. Istirahatlah sejenak namun jangan menyilangkan kaki saat duduk. Saat istirahat akan menormalkan sirkulasi darah Anda.

4. Perbanyak Minum Air Putih

credit: theathleteblog.com

Saat berjalan kaki dengan jarak yang jauh maka akan mengakibatkan tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat sehingga mengurangi cairan dalam tubuh. Jika cairan tubuh berkurang akan menyebabkan dehidrasi yang akan membahayakan bagi tubuh. Perbanyaklah minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi. Anda dapat membawa tumbler agar dapat mengisi ulang air.

5. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

credit: theguardian.com

Saat traveling apalagi dengan berjalan kaki bawalah barang seringkas dan seringan mungkin. Jangan membawa barang terlalu banyak apalagi membawa barang yang tidak terlalu penting saat traveling. Jika Anda sudah membooking hotel, Anda dapat meninggalkan barang yang tidak Anda perlukan untuk perjalanan saat itu. Jika Anda membawa barang yang banyak maka akan menambah beban anda dan menguras banyak tenaga. Baca juga barang yang harus dibawa saat traveling.

6. Pijit Tradisional

credit: pxfuel.com

Anda juga bisa melakukan pijit pada bagian kaki untuk sekadar menghilangkan penat. Namun jika Anda mau mengeluarkan sedikit uang, Anda juga bisa menyewa jasa pijit tradisional yang dilakukan oleh penduduk lokal. Ada beberapa destinasi terutama destinasi pantai, ada banyak orang yang menyediakan jasa pijit tradisional.

7. Rendam Kaki Dengan Air Hangat

credit: pxfuel.com

Selain pijit, Anda juga bisa merendam kaki dengan air hangat. Sekadar untuk relaksasi setelah melakukan perjalanan yang melelahkan. Dengan merendam kaki dengan air hangat akan memperlancar peredaran darah dan agar kaki tidak pegal dan keram setelah melakukan perjalanan.

Dengan melakukan 7 tips agar kaki tidak pegal saat traveling di atas, Anda akan lebih leluasa saat traveling tanpa takut pegal, keram, atau nyeri otot. Anda dapat menerapkan tips tersebut pada saat traveling mendatang.

Dozi Adiguna

Seorang mahasiswa di Universitas Alam Raya dengan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan Akhirat

Leave a Comment
Share
Published by

Recent Posts

Gudeg Adem Ayem Solo, Lezat dan Menjadi Langganan Tetap Para Pejabat

Rumah Makan (RM) Adem Ayem Solo berhadapan langsung dengan rumah dinas walikota Surakarta atau Loji…

7 bulan ago

Kendati Sudah Mereda, Tips Wisata Usai Pandemi Ini Tetap Perlu Kalian Terapkan

Meski sudah ada pelonggaran, ada beberapa tips wisata usai pandemi yang perlu menjadi perhatian. Kesehatan…

7 bulan ago

Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Asik Untuk Belajar Seni dan Budaya Nusantara

Di ujung selatan Jl. Malioboro, Yogyakarta terdapat titik nol kilometer kota tersebut. Di sini pula…

8 bulan ago

Liburan Mengasikan di Pantai Klayar Pacitan

Bagi pecinta kegiatan wisata alam, mengadakan acara liburan di Pantai Klayar Pacitan merupakan pilihan tepat.…

8 bulan ago

Alas Harum Bali, Wisata Desa Penuh Nuansa Hijau Menyegarkan Mata

Sebagai surga wisata dan terkenal dengan sebutan pulau dewata, Bali punya banyak sekali destinasi berkonsep…

1 tahun ago

Pasar Papringan, Belajar dan Merawat Kearifan Lokal di Kebun Bambu

Dalam bahasa Jawa, kata ‘papringan’ mempunyai arti sebagai kebun bambu. Karena itu sesuai dengan penyebutannya,…

1 tahun ago