Kuliner

Rumah Makan Haji Masa, Warung Sayur Asam Legendaris di Tangerang

Sayur asem atau sayur asam, bagi orang Sunda dan Jawa, adalah menu kuliner yang tidak asing. Di tatar Sunda, sayur asemnya biasanya berkuah bening. Tapi di Jawa, sedikit lebih keruh, karena pakai terasi.

Namun di beberapa daerah di bumi Parahiyangan, banyak juga sayur asem yang biasa pakai terasi. Soal rasa tidak jauh beda. Sama-sama menyegarkan. Nah, bagi penggemar sayur asem, di Tangerang ada rumah makan yang punya menu andalan sayur menyegarkan ini. Bahkan sayur asem di rumah makan ini sudah terkenal seantero Tangerang.

Banyak pelanggannya. Banyak yang jatuh cinta. Lalu jadi pelanggan setia. Rumah makan sayur asem paling terkenal di Tangerang ini, ada di
Jalan Sektor Raya Pondok Aren, Tangerang. Alamat lengkapnya Jalan Sektor Raya Pondok Aren, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang.

Lokasinya memang agak masuk ke dalam. Jika bingung, cari saja kawasan Bintaro Trade Center. Tinggal tanya-tanya saja dimana rumah makan Haji Masa. Demikian nama warung sayur asem legendaris itu.

Warung sayur asem ini sudah cukup lama berjualan. Sejak tahun 1980. Satu mangkok sayur asem Haji Masa isinya cukup lengkap. Berisi kacang panjang, kacang Bogor, jagung manis, jagung biasa, pare, kecipir, biji melinjo, putren, nangka muda, terong dan satu lagi, jengkol.

Kuahnya sangat menyegarkan, karena selalu pakai buah asem segar. Gurih juga, karena pakai terasi yang digoreng terlebih dahulu. Harganya pun terjangkau kantong. Di makan dengan sambal, acara makan pun bakal nikmat sempurna. Untuk sambalnya, tersedia dua jenis sambal. Sambal matang dan sambal mentah. Semuanya pedas.

Tidak hanya menu sayur asem, rumah makan Haji Masa juga menyediakan beragam menu pepes ikan. Juga ada menu ikan kembung, bawal, itu tenggiri dan gurame, baik yang digoreng maupun yang dipesmol. Menu lainnya daging rendang dan semur. Pepes tahu, jamur dan semur jengkol yang tak kalah nikmatnya. Kurang suka menu ikan? Tak usah khawatir. Rumah makan Haji Masa juga menyediakan menu ayam goreng. Ayam gorengnya, gurih dan wangi.

Rumah makan sayur asem Haji Masa sendiri buka tiap hari. Mulai buka sejak pukul 09.00 dan tutup pukul 22.00 WIB. Pada hari Jumat, warung Haji Masa ini tutup. Tidak jualan.

Ingin merasakan segarnya sayur asem legendaris ini? Cobalah datang sebelum makan siang. Datang agak pagi. Jangan pas saat makan siang. Karena rumah makan biasanya penuh dengan pelanggan. Pelanggan yang langsung jatuh cinta di santapan pertama. Lalu datang dan datang lagi.

Tertarik untuk jatuh cinta pada sayur asem Haji Masa yang legendaris ini? Datang saja ke Pondok Aren Tangerang. Dijamin, rasa lidah akan langsung jatuh cinta di satu sendok suapan pertama.

Agus Supriyatna

Hanya orang biasa. Tukang ngopi, tukang baca. Tukang nulis. Senang jalan.

Leave a Comment
Share
Published by

Recent Posts

Gudeg Adem Ayem Solo, Lezat dan Menjadi Langganan Tetap Para Pejabat

Rumah Makan (RM) Adem Ayem Solo berhadapan langsung dengan rumah dinas walikota Surakarta atau Loji…

2 tahun ago

Kendati Sudah Mereda, Tips Wisata Usai Pandemi Ini Tetap Perlu Kalian Terapkan

Meski sudah ada pelonggaran, ada beberapa tips wisata usai pandemi yang perlu menjadi perhatian. Kesehatan…

2 tahun ago

Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Asik Untuk Belajar Seni dan Budaya Nusantara

Di ujung selatan Jl. Malioboro, Yogyakarta terdapat titik nol kilometer kota tersebut. Di sini pula…

2 tahun ago

Liburan Mengasikan di Pantai Klayar Pacitan

Bagi pecinta kegiatan wisata alam, mengadakan acara liburan di Pantai Klayar Pacitan merupakan pilihan tepat.…

2 tahun ago

Alas Harum Bali, Wisata Desa Penuh Nuansa Hijau Menyegarkan Mata

Sebagai surga wisata dan terkenal dengan sebutan pulau dewata, Bali punya banyak sekali destinasi berkonsep…

2 tahun ago

Pasar Papringan, Belajar dan Merawat Kearifan Lokal di Kebun Bambu

Dalam bahasa Jawa, kata ‘papringan’ mempunyai arti sebagai kebun bambu. Karena itu sesuai dengan penyebutannya,…

2 tahun ago