Akomodasi

Jangan Boros, Inilah Tips Hemat Memilih Hotel Untuk Wisata dan Liburan

Apabila ingin mencari pengalaman yang lebih mengesankan, pergilah ke tempat yang lebih jauh. Untuk menggapai keinginan ini, salah satu kebutuhan penting yang harus terpenuhi adalah fasilitas penginapan atau hotel. Jangan risau memikirkan anggaran, karena ada tips hemat memilih hotel untuk wisata dan liburan yang akan membuat kalian terhindar dari risiko pemborosan.

1. Menyesuaikan dengan kebutuhan

Selama menjalani kegiatan wisata dan liburan, pastinya kalian akan lebih sering berada di luar kamar hotel. Jadi fungsi dari penginapan ini memang hanya untuk tidur dan istirahat saja. Oleh karena itu sangat sayang sekali apabila memilih hotel dengan tarif mahal namun tidak bisa menggunakannya secara maksimal.

Berdasarkan alasan tersebut maka sebaiknya memilih dan menginap di hotel sesuai kebutuhan saja. Jangan terpukau dengan kamar mewah namun memasang tarif sangat mahal. Selama harganya murah, bersih dan nyaman untuk mengaso, tetap layak jadi pilihan.

2. Pemilihan Lokasi

Memilih hotel tidak harus selalu dekat dengan obyek wisata. Foto : pxhere.com

Menurut pengalaman selama ini, hotel yang berada di area yang dekat dengan obyek wisata selalu mematok harga lebih mahal. Jika ingin mencari yang harganya murah, pilih yang jaraknya paling sedikit sekitar 1 hingga 2 km dari kawasan wisata tersebut. Selisihnya bisa mencapai 50% bahkan lebih

Keuntungan lain yang dapat kalian peroleh ketika menjalankan saran kedua ini adalah kesempatan mengenal budaya masyarakat setempat secara lebih dekat. Apalagi ketika bisa pergi ke obyek wisata sambil jalan kaki. Tetapi jika kondisi tidak memungkinkan, masalah ketersediaan transportasi umum harus kalian jadikan bahan pertimbangan.

3. Pesan Secara Online

Pemesanan hotel secara online. Foto : stock.adobe.com

Pada umumnya pengelola hotel berani mengasih harga murah ketika ada tamu yang mau menginap dan melakukan pemesanan kamar secara online. Saat ini makin banyak situs dan aplikasi yang bisa kalian pilih untuk memesan kamar hotel, sehingga makin terbuka pula peluang untuk lebih berhemat.

Lakukan perbandingan antara satu situs atau aplikasi dengan lainnya dan tidak sedikit diantaranya yang memberi harga promo. Hasilnya, kalian bisa memperoleh tarif yang semakin murah dan hemat. Program promo ini sendiri biasanya berasal dari pemilik hotel maupun dari pengelola situs atau website pemesanan hotel.

4. Memesan Jauh Hari Sebelumnya

Menentukan jadwal pesan hotel. Ilustrasi : freepik.com

Tarif hotel murah juga dapat kalian peroleh apabila melakukan pemesanan jauh hari sebelumnya. Penyedia layanan pesan hotel online berani memasang tarif lebih rendah jika ada yang memesan kamar sekitar 2 hingga 3 pekan sebelum menginap. Karena itu, buat perencanaan yang lebih matang sebelum berwisata dan berlibur.

Kemudian usai memesan, pastikan apakah nama kalian sudah terdaftar sebagai calon tamu dan minta jaminan kesiapan kamar. Selain itu pilih situs dan aplikasi pemesanan hotel yang menyediakan layanan customer service 24 jam. Ini untuk berjaga-jaga jika ada kendala, bisa tertangani secepatnya.

5. Hindari Akhir Pekan dan Musim Libur Panjang

Memilih jadwal kegiatan wisata. Ilustrasi : piqsels.com

Cara dan tips hemat memilih hotel berikutnya yang bisa kalian lakukan dengan mudah adalah menghindari akhir pekan dan musim libur panjang. Di kedua waktu tersebut, hampir semua hotel selalu memasang tarif tinggi. Bahkan tidak sedikit yang menaikan harga hingga berlipat-lipat dibanding hari biasa.

Alasannya tentu saja karena pada saat itu banyak yang ingin berwisata dan berlibur. Di sini hukum ekonomi akan berlaku, bahwa permintaan tinggi selalu membuat harga semua produk mengalami kenaikan. Agar bisa menghindari dari pemborosan tersebut, jangan ragu memilih hari biasa saja dan ajukan cuti jika bekerja di perusahaan.

6. Minta Bonus Diskon

Ketika liburan ke luar kota, kemungkinan besar kalian tidak hanya menginap semalam saja bahkan bisa lebih dari 2 hari. Apabila ini terjadi, tak perlu ragu minta potongan tarif atau bonus diskon. Makin lama kalian menginap, biasanya pengelola hotel akan lebih berani pula memberi diskon tinggi.

Demikian pula dengan website maupun aplikasi penyedia layanan pesan hotel, selalu menyediakan potongan harga ini secara otomatis pada sistem pesanan mereka. Hal ini juga berlaku apabila kalian menginap secara rombongan atau minimal memesan lebih dari satu kamar. Jadi jangan sungkan mengajak teman dan saudara untuk bertualang.

Bagaimana, sudah siap menjalankan semua tips hemat memilih hotel di atas?. Selamat menikmati kegembiraan dan pengalaman baru beserta segala keindahan panorama di tempat wisata ya!.

jokoutomo

Selalu berpikir positif dalam segala hal.

Leave a Comment
Share
Published by

Recent Posts

Gudeg Adem Ayem Solo, Lezat dan Menjadi Langganan Tetap Para Pejabat

Rumah Makan (RM) Adem Ayem Solo berhadapan langsung dengan rumah dinas walikota Surakarta atau Loji…

2 tahun ago

Kendati Sudah Mereda, Tips Wisata Usai Pandemi Ini Tetap Perlu Kalian Terapkan

Meski sudah ada pelonggaran, ada beberapa tips wisata usai pandemi yang perlu menjadi perhatian. Kesehatan…

2 tahun ago

Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Asik Untuk Belajar Seni dan Budaya Nusantara

Di ujung selatan Jl. Malioboro, Yogyakarta terdapat titik nol kilometer kota tersebut. Di sini pula…

2 tahun ago

Liburan Mengasikan di Pantai Klayar Pacitan

Bagi pecinta kegiatan wisata alam, mengadakan acara liburan di Pantai Klayar Pacitan merupakan pilihan tepat.…

2 tahun ago

Alas Harum Bali, Wisata Desa Penuh Nuansa Hijau Menyegarkan Mata

Sebagai surga wisata dan terkenal dengan sebutan pulau dewata, Bali punya banyak sekali destinasi berkonsep…

2 tahun ago

Pasar Papringan, Belajar dan Merawat Kearifan Lokal di Kebun Bambu

Dalam bahasa Jawa, kata ‘papringan’ mempunyai arti sebagai kebun bambu. Karena itu sesuai dengan penyebutannya,…

2 tahun ago