Tips Traveling

Ingin Menyewa Perlengkapan Outdoor? Perhatikan 6 Hal Berikut

Butuh banyak perlengkapan untuk melakukan kegiatan outdoor seperti camping atau mendaki gunung. Tidak hanya banyak, harga perlengkapan outdoor bisa dibilang juga sangat tinggi. Jadi untuk mengatasi perlengkapan sudah banyak tersedia tempat-tempat penyewaan perlengkapan outdoor.

Nah bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan outdoor dan belum mempunyai perlengkapan outdoor yang lengkap lalu berniat untuk menyewa perlengkapan outdoor, sebaiknya simak 6 tips yang harus diperhatikan saat menyewa perlengkapan outdoor.

1. Perhatikan Peraturan Tempat Penyewaan

from: 5280.com

Yang pertama tentu saja Anda harus memperhatikan peraturan dari tempat penyewaan perlengkapan outdoor yang Anda pilih. Setiap tempat rental perlengkapan outdoor mempunyai peraturan yang berbeda-beda. Biasanya peraturannya Anda harus meninggalkan tanda pengenal seperti KTP atau SIM. Jadi jangan lupa membawa tanda pengenal resmi Anda. Perhatikan juga peraturan-peraturan lain supaya Anda tidak merasa dirugikan.

2. Sesuaikan Barang Yang Disewa Dengan Destinasi

from: phillymag.com

Sesuaikan perlengkapan yang ingin Anda sewa dengan destinasi yang ingin Anda tuju. Jika ingin melakukan camping di gunung jadi Anda tidak perlu untuk menyewa perlengkapan untuk ke pantai. Jika Anda ingin camping di pantai mungkin Anda tidak perlu untuk menyewa treking pole. Perhatikan perlengkapan yang ingin dirental dengan kebutuhan Anda, apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak.

3. Cek Kondisi Barang

Ceklah kondisi barang yang Anda sewa langsung ditempat perentalan. Biar sama-sama disaksikan bagaimana kondisi barang yang Anda rental. Apakah terdapat cacat atau bagaimana jadi Anda tidak akan dituntut saat akan mengembalikan barang jika memang kerusakan bukan karena Anda.

4. Catat Apa Saja Yang Dirental

from: Fcsurec.colostate.edu

Catat apa saja yang Anda rental, hal ini untuk menjaga-jaga tidak ada barang yang tertinggal atau hilang. Selain itu supaya Anda tidak dituduh menghilangkan barang yang Anda sewa. Biasanya saat pengambilan barang rentalan, Anda akan diberikan nota lengkap dengan nama barang dan jumlahnya termasuk juga harga rentalnya. Jagalah nota ini karena akan diminta saat Anda mengembalikan barang yang Anda rental.

5. Jaga Kondisi Barang

from: switchbacktravel.com

Tentu saja yang namanya kita meminjam meskipun sudah membayar tetap Anda wajib menjaga barang yang Anda rental. Karena biasanya dalam peraturan tempat rental perlengkpan outdoor, Anda akan dikenai denda jika mengembalikan barang dalam kondisi rusak. Pastinya Anda tidak mau dikenai denda, apalagi dendanya mengganti dengan barang yang baru.

6. Kembalikan Tepat Waktu

from: bobvila.com

Yang namanya rental atau sewa ya jelas ada batas waktu sewa barangnya. Anda harus mengembalikan Perlengkapan yang Anda sewa tepat sesuai waktu yang telah disepakati. Jika Anda mengembalikan lewat dari waktu perjanjian Anda bisa saja dikenai denda sesuai dengan peraturan dari tempat rental. Makanya dari awal Anda harus membaca peraturan dari tempat rental tersebut. Dan kalo bisa perlengkapan yang Anda sewa dikembalikan dalam keadaan bersih.

Itulah 6 hal yang harus Anda ketahui saat menyewa atau merental perlengkapan outdoor. Jadi jangan ragu lagi untuk traveling ke destinasi favorit Anda meski Anda tidak mempunyai atau perlengkapan outdoornya kurang.

Dozi Adiguna

Seorang mahasiswa di Universitas Alam Raya dengan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan Akhirat

Leave a Comment
Share
Published by

Recent Posts

Gudeg Adem Ayem Solo, Lezat dan Menjadi Langganan Tetap Para Pejabat

Rumah Makan (RM) Adem Ayem Solo berhadapan langsung dengan rumah dinas walikota Surakarta atau Loji…

2 tahun ago

Kendati Sudah Mereda, Tips Wisata Usai Pandemi Ini Tetap Perlu Kalian Terapkan

Meski sudah ada pelonggaran, ada beberapa tips wisata usai pandemi yang perlu menjadi perhatian. Kesehatan…

2 tahun ago

Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Asik Untuk Belajar Seni dan Budaya Nusantara

Di ujung selatan Jl. Malioboro, Yogyakarta terdapat titik nol kilometer kota tersebut. Di sini pula…

2 tahun ago

Liburan Mengasikan di Pantai Klayar Pacitan

Bagi pecinta kegiatan wisata alam, mengadakan acara liburan di Pantai Klayar Pacitan merupakan pilihan tepat.…

2 tahun ago

Alas Harum Bali, Wisata Desa Penuh Nuansa Hijau Menyegarkan Mata

Sebagai surga wisata dan terkenal dengan sebutan pulau dewata, Bali punya banyak sekali destinasi berkonsep…

2 tahun ago

Pasar Papringan, Belajar dan Merawat Kearifan Lokal di Kebun Bambu

Dalam bahasa Jawa, kata ‘papringan’ mempunyai arti sebagai kebun bambu. Karena itu sesuai dengan penyebutannya,…

2 tahun ago