Pernik

Ingin Liburan Ke Museum? Patuhi Larangan Selama Di Museum

Jalan-jalan tidak hanya harus selalu ke pantai, gunung, atau ke taman. Museum juga cocok dimasukan ke dalam list destinasi wisata Anda. Selain untuk memanjakan mata, jalan-jalan ke museum juga bagus untuk menambah ilmu pengetahuan.

Museum adalah tempat untuk menyimpan benda-benda karya seni, sejarah, atau benda langka. Bagi Anda yang sedang di Jakarta, ada beberapa museum yang lokasinya saling berdekatan yaitu di kawasan Kota Tua. Bagi yang ingin mengetahui bagaimana akses menuju Kota Tua, silahkan kunjungi artikel Aneka Destinasi yang bisa diakses menggunakan kereta.

Sebelum Anda berkunjung ke Museum, Anda perlu mengetahui hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan di museum. Berikut berbagai larangan selama di museum yang wajib Anda patuhi.

1. Jangan Menyentuh Pajangan di Museum

credit: atlasobscura.com

Benda-benda yang dipajang di museum memiliki nilai seni dan sejarah yang tinggi. Jadi jangan pernah untuk mencoba menyentuh apalagi menaiki benda yang dipajang di museum. Jangan sampai benda-benda tersebut rusak karena keisengan Anda yang ingin menyentuh pajangan tersebut.

2. Dilarang Membawa Ransel Besar Ataupun Koper

credit: mistay.in

Jika ingin berkunjung ke museum, pastikan Anda tidak membawa ransel besar ataupun koper. Jika Anda menggunakan ransel yang besar ditakutkan akan menyenggol benda-benda yang dipajang di museum. Koper pun juga dilarang karena dapat merusak lantai museum yang sudah berumur puluhan bahkan ratusan tahun. Tenang saja karena ada beberapa museum yang menyediakan jasa penitipan barang.

3. Jangan Makan dan Minum Dalam Museum

credit: indy100.com

Makan dan minum juga dilarang dilakukan dalam museum. Hal ini dilarang karena dapat membuat kotor museum, bisa jadi sisa-sisa makanan Anda juga mengenai benda yang dipajang di museum. Sebaiknya jika Anda membawa makanan habiskan saja makanan di luar museum atau dititipkan di tempat penitipan.

4. Jangan Memotret Menggunakan Flash

credit: secretraveler.com

Berkunjung ke museum memang menarik untuk mengabadikan berbagai benda yang dipamerkan. Namun perlu diketahui bahwa Anda tidak boleh memotret menggunakan flash, Anda harus bisa memanfaatkan pencahayaan yang Ada di museum saja. Bahkan ada beberapa museum yang tidak boleh untuk memotret benda yang dipamerkan.

5. Jangan Berisik

credit: plufftontoday.com

Sama seperti saat berkunjung ke perpustakaan, berkunjung ke museum Anda juga diharuskan untuk menjaga ketenangan dan jangan berisik. Jika Anda berisik bisa saja mengganggu ketenangan pengunjung lain yang sedang fokus mengamati benda yang dipamerkan.

6. Jangan Merokok

credit: flickr.com

Benda-benda di museum sangat dijaga ketat agar benda tersebut tidak rusak. Terkena cahaya flash kamera saja tidak boleh, apalagi terkena asap rokok. Jika Anda merokok di dalam museum bisa saja berakibat kebakaran di museum tersebut.

7. Mencuri Benda Di Museum

credit: custumepop.com

Wah kalo ini memang sangat tindakan bahaya dan termasuk tindakan kriminal. Memang benda-benda di museum sangat unik dan menarik untuk dikoleksi sendiri, tapi jangan coba-coba untuk mencuri benda tersebut. Jika Anda mencuri di museum sudah pasti Anda akan diamankan pihak berwajib.

Itulah 7 larangan selama di museum yang wajib Anda patuhi. 7 larangan di atas hanyalah larangan umum yang berlaku di semua museum. Ada berbagai larangan tertentu yang wajib juga Anda patuhi pada sebagian museum.

Dozi Adiguna

Seorang mahasiswa di Universitas Alam Raya dengan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam dan Akhirat

Leave a Comment
Share
Published by

Recent Posts

Gudeg Adem Ayem Solo, Lezat dan Menjadi Langganan Tetap Para Pejabat

Rumah Makan (RM) Adem Ayem Solo berhadapan langsung dengan rumah dinas walikota Surakarta atau Loji…

2 tahun ago

Kendati Sudah Mereda, Tips Wisata Usai Pandemi Ini Tetap Perlu Kalian Terapkan

Meski sudah ada pelonggaran, ada beberapa tips wisata usai pandemi yang perlu menjadi perhatian. Kesehatan…

2 tahun ago

Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Asik Untuk Belajar Seni dan Budaya Nusantara

Di ujung selatan Jl. Malioboro, Yogyakarta terdapat titik nol kilometer kota tersebut. Di sini pula…

2 tahun ago

Liburan Mengasikan di Pantai Klayar Pacitan

Bagi pecinta kegiatan wisata alam, mengadakan acara liburan di Pantai Klayar Pacitan merupakan pilihan tepat.…

2 tahun ago

Alas Harum Bali, Wisata Desa Penuh Nuansa Hijau Menyegarkan Mata

Sebagai surga wisata dan terkenal dengan sebutan pulau dewata, Bali punya banyak sekali destinasi berkonsep…

2 tahun ago

Pasar Papringan, Belajar dan Merawat Kearifan Lokal di Kebun Bambu

Dalam bahasa Jawa, kata ‘papringan’ mempunyai arti sebagai kebun bambu. Karena itu sesuai dengan penyebutannya,…

2 tahun ago