Huangshan: Mendaki gunung dalam lukisan

Gembok Cinta

Naik gunung bergandengan tangan
Sebenarnya saya malas cerita bagian ini, karena tidak relevan dan hanya membuat nelangsa saja. Konon katanya kebanyakan yang mendaki Huangshan adalah pasangan. Mereka meniti tangga sambil berpegangan tangan.

Apa yang dilakukan di atas sana? Ya sama saja menonton lautan awan, sunrise atau sunset. Tapi ada lagi satu ritual yang hanya bisa dilakukan oleh pasangan. Mereka biasanya membawa sebuah gembok atau sepasang gembok yang saling dikaitkan. Diatasnya ada ukiran nama mereka berdua.

Gembok ini bisa gembok biasa, atau yang sengaja di jual berbentuk hati berwarna emas lambang keabadian. Ceritanya untuk mengunci hati mereka selama-lamanya, gembok itu dikaitkan di sembarang rantai pagar di tepi jurang Huangshan. Dikunci serapat-rapatnya, kemudian anak kuncinya mereka lemparkan ke jurang.

Gembok Cinta Huangshan
Di setiap jalan bisa dijumpai gembok-gembok cinta berjejer bertumpukan. Hampir setiap pagar yang ada rantai dan di sebelahnya jurang dalam, bisa dipastikan ada gerombolan gembok ini.

Ritual romantis ini rupanya bukan hanya ada di Huangshan, banyak tempat-tempat lain di dunia yang menawarkan kegiatan serupa (Wikipedia: Love Padlocks).
Masih ada kesempatan…

Baca juga:  Hangzhou: Misi Mengelilingi Xi Hu

3 Comments

  1. Avatar anmsid

Reply