Destinasi

Gunung Galunggung, Wisata Penuh Pesona di Tasikmalaya

Gunung Galunggung adalah salah satu destinasi wisata dengan pemandangan pegunungan yang begitu indah. Wisata pegunungan ini cocok untuk wisata keluarga. Karena para traveler tidak perlu melakukan persiapan yang rumit sebagaimana akan melakukan pendakian ke gunung pada umumnya.

Galunggung merupakan gunung merapi dan telah meletus hebat pada tahun 1822, 1894, 1918, dan terakhir tahun 1982. Letusan itu menyebabkan banyak korban dan berbagai kerugian yang diakibatkannya, meskipun tetap akan ada nilai positifnya dari kejadian alam yang dahsyat ini.

Lihatlah Galunggung saat ini! Gunung Galunggung telah menjelma menjadi destinasi wisata yang sangat diminati, baik oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing yang sengaja datang ke Tasikmalaya untuk menyaksikan langsung indahnya panorama pegunungan.

Wisata alam ini sangat direkomendasikan ketika traveler berkunjung Tasikmalaya, Jawa Barat. Karena berbagai keindahan yang disuguhkan alam ini akan selalu memukau para pengunjung. Lokasinya berada di Linggajati, Sukaratu, Tasikmalaya. Bukan hanya suasana asli pegunungan, tapi traveler akan menemukan berbagai keindahan lain saat berada di sini.

Udara Sejuk Khas Pegunungan

sumber: superadventure.co.id

Karena destinasi wisata ini adalah pegunungan, maka yang perlu dipersiapkan oleh para traveler adalah baju hangat. Berada pada ketinggian 2.167 di atas permukaan laut, tak mengherankan jika kondisi udara disini sangat sejuk bahkan sampai berembun. Kondisi udara yang begitu sejuk dan menyegarkan ini membuat para traveler akan benar-benar merasakan jauhnya perbedaan kualitas udara saat berada di wilayah perkotaan.

Suguhan pemandangan khas pegunungan, tebing-tebing tinggi, hamparan luas dan hijau dari berjuta pohon yang mengelilinginya menjadikan tempat ini begitu indah dan mempesona.

Sensasi Mendaki 620 Anak Tangga Menuju Puncak Gunung

sumber: merahputih.com

Salah satu sumber keindahan yang ada di gunung Galunggung ini adalah pemandangan kawah yang berwarna hijau, dan ini bisa dinikmati dari puncak gunung Galunggung. Menariknya, traveler yang ingin melihat keindahan ini secara langsung harus mendaki tebing gunung. Tapi, tak perlu khawatir dengan kondisi jalannya. Karena jalan mendaki menuju puncak gunung telah dibuat anak tangga yang nyaman untuk pejalan kaki. Jumlah anak tangganya adalah sebanyak 620 tangga yang menanjak hingga puncak gunung. Perlu tenaga ekstra, tapi tersedia tempat istirahat ko di samping tangga naiknya. Jadi, traveler bisa beristirahat sejenak sambil menikmati udara sejuk pegunungan.

Pesona Kawah Hijau Galunggung

sumber: liputan6.com

Setelah menaiki 620 tangga, lelahnya akan terbayar langsung dengan keindahan kawah yang berada di bawah tebing. Kawah Galunggung ini terbentuk akibat dari letusan gunung merapi. Tebing-tebing tinggi, kawah yang hijau dengan udara yang sejuk adalah pemandangan yang disuguhkan di sekeliling puncak Galunggung. 

Pengunjung yang penasaran dengan kawah, bisa turun untuk menikmatinya lebih dekat. Tapi lagi-lagi perlu persiapan fisik yang cukup karena harus turun dengan trek tangga yang cukup tinggi. 

Cipanas Galunggung

sumber: festivaljalanjalan.com

Setelah lelah naik turun tangga ke puncak gunung Galunggung, traveler bisa sejenak melepaskan lelah sekaligus relaksasi dengan berendam di pemandian air panas. Kandungan belerang yang ada juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Pemandangan indah yang berada di sekelilingnya pun menjadi pelengkap suasana saat berendam. Udara dingin pegunungan menjadi terasa lebih hangat ketika berendam di kolam air panas Galunggung.

View Deck Galunggung

sumber: travelingyuk.com

View Deck Galunggung menjadi magnet wisata baru yang ada di area gunung Galunggung. Tempat ini menyediakan lokasi untuk melihat pemandangan hutan dan pegunungan yang akan memuaskan para traveler. View Deck ini menjadi favorit para pemburu swafoto, karena terdapat background berupa hamparan pegunungan yang hijau dan asri.

Pemandangan di malam hari pun tak kalah indah karena traveler bisa melihat kerlip lampu yang menyala dan menambah eksotisnya pemandangan Galunggung di saat gelap. Mampir ke Galunggung wajib banget traveler berkunjung ke sini.

Curug Agung dengan Pesona Air Terjun Warna Warni

sumber: instgram/antonadyansyah

Air terjun dengan ketinggian sekitar 80 meter ini akan sangat indah ketika disaksikan saat hari mulai gelap. Karena yang menjadi daya tariknya adalah berupa rainbow light, yaitu air terjun yang berwarna-warni. Dimana warna-warni pada air terjun ini dihasilkan dari lampu yang sengaja dipasang oleh pihak pengelola. Tapi, inilah yang kemudian menjadi daya tarik traveler untuk berkunjung.

Berbagai keindahan inilah yang akan traveler temukan ketika mengunjungi destinasi wisata gunung Galunggung. Pemandangan alam yang asri dengan suasana asli pegunungan, dan eksotisnya berbagai destinasi yang ada akan benar-benar memanjakan traveler yang datang.

Taufiq Fadhilah

Traveler, Penulis, Blogger of www.rubrikpena.com

Leave a Comment
Share
Published by

Recent Posts

Gudeg Adem Ayem Solo, Lezat dan Menjadi Langganan Tetap Para Pejabat

Rumah Makan (RM) Adem Ayem Solo berhadapan langsung dengan rumah dinas walikota Surakarta atau Loji…

2 tahun ago

Kendati Sudah Mereda, Tips Wisata Usai Pandemi Ini Tetap Perlu Kalian Terapkan

Meski sudah ada pelonggaran, ada beberapa tips wisata usai pandemi yang perlu menjadi perhatian. Kesehatan…

2 tahun ago

Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Asik Untuk Belajar Seni dan Budaya Nusantara

Di ujung selatan Jl. Malioboro, Yogyakarta terdapat titik nol kilometer kota tersebut. Di sini pula…

2 tahun ago

Liburan Mengasikan di Pantai Klayar Pacitan

Bagi pecinta kegiatan wisata alam, mengadakan acara liburan di Pantai Klayar Pacitan merupakan pilihan tepat.…

2 tahun ago

Alas Harum Bali, Wisata Desa Penuh Nuansa Hijau Menyegarkan Mata

Sebagai surga wisata dan terkenal dengan sebutan pulau dewata, Bali punya banyak sekali destinasi berkonsep…

2 tahun ago

Pasar Papringan, Belajar dan Merawat Kearifan Lokal di Kebun Bambu

Dalam bahasa Jawa, kata ‘papringan’ mempunyai arti sebagai kebun bambu. Karena itu sesuai dengan penyebutannya,…

2 tahun ago