Destinasi

Ekowisata Taman Mudal, Sensasi Wisata Alam Tak Tertandingi

Taman Mudal merupakan sebuah objek wisata alam yang menyajikan air terjun sejuk dengan susunan tangga panjang dan pemandian air murni langsung dari sumbernya. Taman ini terletak tepatnya di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pengemasan objek wisata alam yang satu ini sangat menarik pengunjung, kesan hutan dan air terjun yang menyeramkan menjadi sangat jauh berbeda karena memiliki penataan tangga dan fasilitas lainnya yang rapi. Pengunjung akan merasa betah berlama-lama menikmati indahnya pemandangan yang ada di Taman ini. Lalu apa saja keseruan yang bisa kita nikmati jika berkunjung ke Taman Mudal? Berikut adalah hal yang bisa kalian temui di Taman ini.

Tangga Penghubung ke Puncak Taman

Tangga penghubung taman. Foto : Dok. Pribadi

Pengunjung akan melihat jalur tangga penghubung yang sangat panjang saat pertama kali memasuki taman ini. Tangga ini terhubung mulai dari dasar air terjun sampai pada air terjun utama di mana taman inti berada. Struktur tangga yang indah dan melewati aliran sungai membuat pengunjung bisa menyaksikan langsung suasana alam dan dinginnya hempasan air terjun yang ada. Selain itu, tebing-tebing yang tinggi di sisi kanan dan kiri menjadikan pengunjung leluasa untuk berburu spot foto yang indah di atas tangga.

Saung Tradisional

Saung tradisional. Foto : Dok. Pribadi

Terdapat beberapa saung dengan konsep tradisional yang bisa dijadikan tempat bersantai oleh pengunjung. Pengunjung dapat memanfaatkan saung tersebut sebagai tempat berfoto bersama ataupun melakukan aktivitas seperti makan dan bercengkrama. Terdapat beberapa ukuran saung yang ada pada taman ini yaitu saung besar dan saung kecil yang cukup untuk melakukan istirahat sejenak sebelum mencapai puncak taman.

Fasilitas Free Wifi

Fasilitas free wifi. Foto : Dok. Pribadi

Meskipun tempatnya yang berada di pegunungan, namun Taman Mudal menawarkan fasilitas wifi gratis bagi para pengunjung. Pengunjung dapat menggunakan wifi secara cuma-cuma di wilayah Taman. Fasilitas ini sengaja diberikan untuk mendorong pengunjung mempromosikan Taman ini kepada masyarakat. Hal ini akan membuat Taman Mudal lebih terkenal dan menjadi tempat wisata alam favorit bagi masyarakat.

Terapi Ikan

Tempat terapi ikan. Foto : Dok. Pribadi

Selain menyajikan pemandangan alam yang sejuk dan mempesona, terdapat fasilitas terapi ikan gratis di Taman ini. Pengunjung dapat menikmati terapi ikan yang berada di puncak Taman Mudal. Hanya terdapat satu spot sungai yang khusus bisa digunakan sebagai terapi ikan. Oleh sebab itu, pengunjung harus bersabar jika banyak pengunjung lain melakukan terapi.

Air Terjun dan Sungai Pemandian

Air terjun Taman Mudal. Foto : Dok. Pribadi

Hal yang menjadi spot utama pada di Taman Mudal yaitu air terjun yang jumlahnya banyak dan sungai pemandian dengan air yang langsung dari sumbernya. Jumlah air terjun dengan bentuk yang unik dan beragam membuat kesan indah tak tertandingi pada taman ini. Adapun sungai pemandian yang memiliki ukuran yang cukup besar sangat cocok untuk sekedar berenang dan menyegarkan diri. Air segar dan dingin membuat pengunjung ingin berlama-lama berada di sungai pemandian Taman Mudal. Bagi pengunjung yang khawatir tenggelam, terdapat penyewaan baju pelampung di sekitar sungai pemandian.

Itulah keindahan tak tertandingi Taman Mudal yang merupakan wisata alam tersembunyi di Kulon Progo. Pengunjung dapat menikmati keindahan Taman ini dengan hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 10.000 per orang. Apabila pengunjung mengendarai sepeda motor akan mendapatkan tambahan biaya parkir sebesar Rp 2.000 dan untuk mobil sebesar Rp 5.000. Nikmatnya alam pegunungan Kulon Progo akan membuat kalian ingin berlama-lama di Taman Mudal.

Dhofirur

Semua hal butuh keunikannya sendiri

Leave a Comment
Share
Published by

Recent Posts

Gudeg Adem Ayem Solo, Lezat dan Menjadi Langganan Tetap Para Pejabat

Rumah Makan (RM) Adem Ayem Solo berhadapan langsung dengan rumah dinas walikota Surakarta atau Loji…

2 tahun ago

Kendati Sudah Mereda, Tips Wisata Usai Pandemi Ini Tetap Perlu Kalian Terapkan

Meski sudah ada pelonggaran, ada beberapa tips wisata usai pandemi yang perlu menjadi perhatian. Kesehatan…

2 tahun ago

Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Asik Untuk Belajar Seni dan Budaya Nusantara

Di ujung selatan Jl. Malioboro, Yogyakarta terdapat titik nol kilometer kota tersebut. Di sini pula…

2 tahun ago

Liburan Mengasikan di Pantai Klayar Pacitan

Bagi pecinta kegiatan wisata alam, mengadakan acara liburan di Pantai Klayar Pacitan merupakan pilihan tepat.…

2 tahun ago

Alas Harum Bali, Wisata Desa Penuh Nuansa Hijau Menyegarkan Mata

Sebagai surga wisata dan terkenal dengan sebutan pulau dewata, Bali punya banyak sekali destinasi berkonsep…

2 tahun ago

Pasar Papringan, Belajar dan Merawat Kearifan Lokal di Kebun Bambu

Dalam bahasa Jawa, kata ‘papringan’ mempunyai arti sebagai kebun bambu. Karena itu sesuai dengan penyebutannya,…

2 tahun ago