Destinasi

Api Tak Kunjung Padam: Api Keabadian di Bumi Pamekasan, Madura

Sesuai dengan namanya Api Tak Kunjung Padam, wisata yang satu ini sangat berbeda dengan wisata-wisata pada umumnya dimana api dapat muncul seketika dari tanah yang dicunkil. Wisata Api Tak Kunjung Padam terletak di kabupaten Pamekasan, Madura. Lokasi tepatnya berada di Desa Tlanakan, Larangan Tokol, Pamekasan. Tempat wisata ini berada dekat dengan jalan utama kabupaten Pamekasan yaitu hanya berjarak sekitar 800 meter dari jalan utama. Api Tak Kunjung Padam merupakan wisata yang cukup unik, karena dapat dikatakan bahwa wisata ini merupakan satu-satunya wisata api alam yang hanya ada di Madura.

Untuk menikmati wisata Api Tak Kunjung Padam ini, wisatawan dapat menyalakan api dipermukaan tanah dengan menggali/mencungkil tanah yang telah dibatasi sebagai area yang dapat memunculkan api. Uniknya jika kita menggali/mencungkil tanah yang berada diluar batas area maka api tidak akan muncul. Api ini akan tetap menyala meskipun telah terjadi hujan sekalipun. Tidak ada biaya per kepala untuk menikmati wisata alam ini, hanya saja pengunjung harus membayar untuk memarkir kendaraannya di tempat yang disediakan.

Bisa Asyik Memanggang Jagung Sendiri

Bakar Jagung, Foto: Blogspot.com

Pada umumnya mayoritas wisatawan datang untuk menikmati wisata Api Tak Kunjung Padam sembari memanggang jagung. Banyak berdiri toko-toko kecil di sekitar area wisata yang menjual jagung untuk siap dibakar. Sensasi dalam upaya memunculkan api dari tanah menjadi keasyikan tersendiri. Saat satu lubang yang kita gali ternyata sulit memunculkan api, kita harus pandai-pandai dalam mencari titik api yang baik. Hal ini menjadi keseruan tersendiri saat berusaha memangang jagung menggunakan api ala mini.

Memasak Tanpa Kompor?

Memasak tanpa kompor. Foto: Blogspot.com

Selain itu, Api Tak Kunjung Padam juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk memasak kebutuhan makanan sehari-hari seperti menanak nasi, memasak air dan lain-lain. Hal ini sangat menguntungkan sebab masyarakat tidak perlu lagi menggunakan kompor untuk melakukan aktivitas memasak.

Keindahan Api Mempesona di Malam Hari

Keindahan pesona Api Tak Kunjung Padam ini sangat jelas terlihat saat malam tiba. Warna api yang memerah di tengah kegelapan membuat suasana seperti lautan api yang tak kunjung surut. Saat malam hari spot untuk berfoto di tempat ini akan lebih indah. Ditambah lagi memang pada area tanah yang memancarkan api tidak diberi penerangan, sehingga penerangan murni muncul dari pancaran api yang berkobar.

Pernak Pernik Khas Madura

Selain menawarkan wisata api alam sebagai daya tarik utama tempat ini. Di sana juga berdiri banyak toko-toko yang menjual berbagai kerajinan khas Madura. Dengan begitu para wisatawan dapat membawa buah tangan sebagai oleh-oleh khas Madura. Disana wisatawan dapat berburu mulai dari baju, hiasan rumah, sampai gantungan dengan ciri khas Madura

Wisata Api Tak Kunjung Padam merupakan tempat wisata yang harus dilestarikan. Sebab wisata ini merupakan wisata yang sangat jarang ditemui. Alam telah memberi berkahnya melalui tempat ini, tinggal manusia yang bertugas untuk memanfaatkan dan sekaligus menjaganya.

Dhofirur

Semua hal butuh keunikannya sendiri

Leave a Comment
Share
Published by

Recent Posts

Gudeg Adem Ayem Solo, Lezat dan Menjadi Langganan Tetap Para Pejabat

Rumah Makan (RM) Adem Ayem Solo berhadapan langsung dengan rumah dinas walikota Surakarta atau Loji…

2 tahun ago

Kendati Sudah Mereda, Tips Wisata Usai Pandemi Ini Tetap Perlu Kalian Terapkan

Meski sudah ada pelonggaran, ada beberapa tips wisata usai pandemi yang perlu menjadi perhatian. Kesehatan…

2 tahun ago

Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Asik Untuk Belajar Seni dan Budaya Nusantara

Di ujung selatan Jl. Malioboro, Yogyakarta terdapat titik nol kilometer kota tersebut. Di sini pula…

2 tahun ago

Liburan Mengasikan di Pantai Klayar Pacitan

Bagi pecinta kegiatan wisata alam, mengadakan acara liburan di Pantai Klayar Pacitan merupakan pilihan tepat.…

2 tahun ago

Alas Harum Bali, Wisata Desa Penuh Nuansa Hijau Menyegarkan Mata

Sebagai surga wisata dan terkenal dengan sebutan pulau dewata, Bali punya banyak sekali destinasi berkonsep…

2 tahun ago

Pasar Papringan, Belajar dan Merawat Kearifan Lokal di Kebun Bambu

Dalam bahasa Jawa, kata ‘papringan’ mempunyai arti sebagai kebun bambu. Karena itu sesuai dengan penyebutannya,…

2 tahun ago