Pernik

7 Ide Kegiatan Untuk Libur Akhir Tahun Seru Bersama Keluarga Meski di Rumah Saja

Libur akhir tahun di rumah saja? Ada banyak kegiatan seru koq yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah.

Dengan adanya pandemi Covid-19, libur akhir tahun kali ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kita dihimbau untuk menghindari keramaian dan menghabiskan liburan akhir tahun #dirumahaja untuk menekan angka penularan Covid-19.

Meski di rumah saja, kamu tetap bisa koq menyambut tahun baru yang tak kalah seru dan berkesan. Kamu bisa coba beberapa ide berikut untuk liburan akhir tahun seru bersama keluarga.  Apa saja yah? Simak yuk!

Menonton film bareng keluarga

Photo by August de Richelieu from Pexels

Ide menonton film mungkin terdengar biasa saja karena sering dilakukan. Tapi, kalau menonton film bersama seluruh keluarga terbilang langka, bukan? Nah, kamu bisa jadikan acara nonton film bareng keluarga untuk akhir tahun seru meski di rumah saja. Buatlah suasana menonton layaknya di bioskop dengan lampu padan dan siapkan camilan seperti popcorn dan minuman ringan. Jangan lupa siapkan sound agar lebih berkesan!

Menyalakan kembang api

@pexels

Menyambut tahun baru, biasanya identik dengan kembang api, bukan? Kamu bisa juga nih menambah keseruan bersama keluarga dengan menyalakan kembang api bersama-sama di halaman rumah. Melihat percikan cahaya yang cantik dari kembang api tentunya menyenangkan yah.

Karaoke

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Semua orang pasti suka dengan musik, bukan? Ide lain untuk kegiatan seru mengisi liburan akhir tahun, kamu bisa adakan karaoke di rumah lho! Cukup siapkan playlist favorit dari YouTube atau aplikasi musik favorit kamu. Agar lebih seru, coba pilih juga lagu-lagu dari berbagai genre dan jaman. Sederhana tapi bikin semangat, kan?

Berkemah

@unsplash/Tommy Lisbin

Apakah kamu ingat kapan terakhir kali camping? Nah, biarpun di rumah saja, kamu bisa koq camping seru dengan mendirikan tenda di halaman rumah untuk menikmati liburan akhir tahun.  Tidak punya tenda? Bagaimana kalau camping di dalam rumah? Kamu bisa menggelar kasur di ruang keluarga untuk tidur bersama-sama. Tambahkan lampu kelap-kelip di seluruh ruangan layaknya bintang di langit. Terbayang serunya kan?

Barbecue

@pixabay

Biasanya kumpul-kumpul menyambut tahun baru banyak diisi dengan acara bakar-bakaran, yah? Kali ini, kamu juga bisa membuat acara piknik dan barbecue dengan anggota keluarga di halaman rumah. Pilih makanan yang disuka, misalkan ayam, udang, sosis, dan jagung. Biar lebih terasa suasana piknik, kamu bisa menggelar tikar di halaman. Nah, piknik dan barbecue cocok ditemani sambil bermain kembang api, nih!

Masak bareng

@pexels/August de Richelieu

Kalau biasanya yang memasak ibu atau asisten rumah tangga, gimana kalau mengadakan acara memasak bersama? Kamu bisa memilih menu favorit masing-masing anggota keluarga. Kemudian bersama-sama menyiapkan bahan dan mengolahnya. Setelah selesai, hasilnya bisa dimakan sambil berkemah atau piknik di halaman. Pasti seru, yah!

Buat dekorasi tahun baru

@pinterest

Untuk menyemarakkan suasana tahun baru meski di rumah saja, kamu bisa membuat dekorasi dengan nuansa tahun baru. Kamu bisa siapkan balon dengan angka 2021 untuk dijadikan background foto ditambah dengan properti lainnya. Tidak perlu yang mahal, kamu bisa gunakan balon warna-warni atau balon blink blink, glitter, dan terompet. Kalau mau lebih seru lagi, kamu bisa juga adakan pesta kostum bareng keluarga. Jangan lupa siapkan snack dan minuman untuk kesan pesta tahun baru.

Nah, itu tadi 7 ide kegiatan seru yang bisa kamu coba untuk libur akhir tahun. Meski di rumah saja, dijamin, tahun baru akan tetap seru! Jadi, tidak perlu memaksakan diri untuk pergi berlibur saat masih pandemi. Selamat tahun baru! (ds3)

desi tri

Seorang 'bibiliophile' yang jatuh cinta dengan Himalaya, fans berat warna biru, dan penyuka traveling dengan destinasi anti mainstream. ~ travel to fulfill your soul ~

Leave a Comment
Share
Published by

Recent Posts

Gudeg Adem Ayem Solo, Lezat dan Menjadi Langganan Tetap Para Pejabat

Rumah Makan (RM) Adem Ayem Solo berhadapan langsung dengan rumah dinas walikota Surakarta atau Loji…

2 tahun ago

Kendati Sudah Mereda, Tips Wisata Usai Pandemi Ini Tetap Perlu Kalian Terapkan

Meski sudah ada pelonggaran, ada beberapa tips wisata usai pandemi yang perlu menjadi perhatian. Kesehatan…

2 tahun ago

Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Asik Untuk Belajar Seni dan Budaya Nusantara

Di ujung selatan Jl. Malioboro, Yogyakarta terdapat titik nol kilometer kota tersebut. Di sini pula…

2 tahun ago

Liburan Mengasikan di Pantai Klayar Pacitan

Bagi pecinta kegiatan wisata alam, mengadakan acara liburan di Pantai Klayar Pacitan merupakan pilihan tepat.…

2 tahun ago

Alas Harum Bali, Wisata Desa Penuh Nuansa Hijau Menyegarkan Mata

Sebagai surga wisata dan terkenal dengan sebutan pulau dewata, Bali punya banyak sekali destinasi berkonsep…

2 tahun ago

Pasar Papringan, Belajar dan Merawat Kearifan Lokal di Kebun Bambu

Dalam bahasa Jawa, kata ‘papringan’ mempunyai arti sebagai kebun bambu. Karena itu sesuai dengan penyebutannya,…

2 tahun ago